Tahukah Anda, Berapa Kadar Gula Darah Normal Menurut WHO

August 20, 2016

Kadar Gula Darah Normal – Glukosa dalam tubuh atau gula dalam tubuh merupakan sumber energy yang utama bagi sel di dalam tubuh manusia.

Kadar gula (glukosa)

Istilah gula darah menurut ilmu kedokteran, parameternya mengacu pada tingkat glukosa yang terdapat dalam dara. Tingkat glukos diatur secara ketat.

Secara umum glukosa atau gula darah manusia memiliki daya tahan yang sangat sempit dalam sehari yaitu 4 – 8 mmoL/I atau 70 – 150 mf/dL.

Akan tetapi hal ini bisa saja meningkat ketika kita makan, pada level terendah terjadi ketika di pagi hari saat sebelum kita sarapan/makan pagi.

Lalu berapakah kadar gula darah normal menurut WHO? Dalam artikel ini akan menjelaskan kadar gula darah yang dianggap normak menurut asosiasi kesehatan dunia atau WHO.

Kadar Gula Darah Normal Menurut WHO

Kadar Gula Darah Normal Menurut WHO

Kebanyakan orang tidak mengetahui kisaran kadar gula darah yang ideal, untuk dapat mengetahui hal itu kita merujuk pada ukuran gula darah yang normal menurut WHO.

Mengapa WHO? Karena WHO merupakan asosiasi kesehatan dunia yang memiliki standarisasi jelas dan digunakan sevagai acuan bagi seluruh dunia.

Lalu berapakah Kadar Gula Darah Normal Menurut WHO ? di bawah ini ulasannya.

  • Ketika orang sedang melakukan puasa maka kadar gula normal dalam tubuh adalah 4 – 7 mmol/I atau setara dengan 72 – 126 mg/dL
  • Dan biasanya setelah kurang lebih 90 menit habis makan, kadar gula darah yang normal dalam tubuh adalah 10 mmol/I atau setara 180 mg/dL
  • Kemudian pada malam hari kadar gula darah yang normal dalam tubuh kita adalah 8 mmol/I atau setara 144 mg/dL
Baca Juga  Nyeri Saat Haid inilah 7 Trik Meredakannya

Setelah anda mengetahui berapakah Kadar Gula Darah Normal Menurut WHO, Sekarang Anda bisa mengontrol dan menjaga kadar gula Anda agar tidak sampai terkena diabetes.

Gejala penyakit diabetes adalah gula darah yang terlalu tinggi. Obat herbal dapat dipilih sebagai cara alternative dalam mengobatinya.

Ketika kadar gula yang anda miliki lebih tinggi dari yang telah ditetapkan oleh WHO maka Anda diwajibkan untuk melakukan proses diet gula.

Tapi, meskipun Anda sedang dalam proses melakukan diet gula Anda diharapkan jangan terlalu ekstrim untuk menghindari makanan atau minuman yang manis-manis,

karena glukosa masih tetapi diperlukan oleh tubuh, namun jika berlebihanpun dapat memberi dampak yang negatif pada tubuh Anda.

Sekarang, setelah mengetahui ukuran kadar gula darah yang normal, kali ini akan dijelaskan juga mengenai penyebab penyakit glukosa atau gula darah yang terjadi dalam tubuh manusia.

Faktor Penyebab Penyakit Glukosa Atau Gula Darah

  1. Ketika anda memiliki pola makan yang kurang teratur, hal ini dapat memicu kalori yang masuk dalam tubuh kita menjadi berlebihan dan tidak terkontrol. Pola makan yang berlebihan dan tidak diimbangi dengan proses sekresi insulin maka hal ini akan membuat peningkatan kadar gula di dalam darah manusia.
  2. Obesitas yang sangat luar biasa, Penderita obesita biasanya mengalami ketidak keseimbangan kadar gula sehingga memacu meningkatnya kadar gula yang tinggi didalam tubuhnya
  3. Selain itu faktor genetik atau keturunan juga bisa dapat memicu timbulnya penyakit diabetes atau gula darah tinggi, ini dikarenakan adanya gen yang diwariskan dari orang tua kepada anaknya, ketika orang tuanya sudah pernah dan memiliki penyakit diabetes. Kemudian masih banyak faktor lainnya yang dapat memicu timbulnya penyakit gula darah dalam tubuh manusia.
Baca Juga  Beberapa Cara Untuk Mencegah Uban Tumbuh Di Usia Muda

Itulah sekilas informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penyakit-penyakit yang dapat menyerang manusia khususnya penyakit gula dan penyebab diabetes.

Tags: , ,

Related to: Tahukah Anda, Berapa Kadar Gula Darah Normal Menurut WHO