Tanaman Herbal Penurun Kolesterol Sebagai Alternatif Obat Kolesterol

November 12, 2016

Tanaman Herbal Penurun Kolesterol – Sekarang ini, seperti yang kita telah ketahui penderita kolesterol sudah cukup banyak oleh karena itu penderita penyakit jantung dan stroke semakin meningkat.

Penyebab kolesterol tinggi kebanyakan datang dari makanan dan kebiasaan buruk. Sekarang ini banyak sekali makanan cepat saji, gorengan,

dan semua makanan yang berlemak dan berminyak lainnya dan tidak hanya itu kebiasaan yang buruk seperti merokok meminum minuman keras sering begadang lupa istirahat juga dapat meningkatkan kadar kolesterol dengan sangat cepat.

tumbuhan penurun kolesterol

tumbuhan penurun kolesterol

Kolesterol yang sangat tinggi di dalam tubuh dapat menyumbat pembuluh darah arteri yang nantinya akan menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Oleh karena itu setiap orang yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi akan mencari segala cara untuk menurunkan kadar kolesterol nya.

Sekarang ini banyak sekali obat-obat yang dapat menurunkan kolesterol, akan tetapi kebanyakan dari obat-obat tersebut terbuat dari bahan kimia yang tentunya akan menimbulkan efek samping.

Walaupun demikian, sekarang ini juga banyak sekali tanaman obat yang dapat menurunkan kolesterol dengan cukup baik. Berikut ini adalah Tanaman Herbal Penurun Kolesterol.

1. Kunyit
Tumbuhan yang juga memiliki nama Latin Curcumae domestic rhizoma ini juga berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah, menghilangkan racun,

mempermudah proses persalinan, sebagai anti bakteri dan anti inflamasi , sebagai pelancar haid, dan memperlancar pembuangan empedu melalui usus.

Kunyit

Kunyit

(Baca Juga : Resep Mendapatkan Manfaat Kunyit Putih untuk kanker )

Baca Juga  Cara mengecilkan Pori-pori Kulit Wajah Menggunakan Tomat

Untuk menggunakan kunyit sebagai obat penurun kolesterol hal pertama yang harus anda siapkan adalah tentunya kunyit segar seberat 10 gram atau setara dengan panjang 1 cm,

kemudian bersihkan kunyit tersebut yaitu dengan cara mencucinya dan mengupasnya, setelah bersih maka iris tipis-tipis kunyit tersebut dan rebus dalam dua gelas air hingga hanya menyisakan satu gelas.

Setelah hasil rebusan dingin maka seringlah saringlah hasil rebusan tadi dan dapat langsung anda minum. Untuk hasil yang maksimal minumlah ramuan tersebut 3 kali sehari selama 3 bulan atau 12 minggu.

2. Daun Salam
Daun ini seringkali digunakan untuk menambah kesedapan masakan, akan tetapi fungsi dari daun ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

(Baca Juga : Tumbuhan Obat Tradisional Kolesterol Tinggi Daun Salam )

Untuk mengkonsumsi daun ini sebagai obat anda membutuhkan 10 helai dan 3 gelas air tetapi sebelum direbus pastikan anda telah mencuci daun-daun itu.

Daun Salam

Daun Salam

Untuk proses perebusan sendiri hingga menyisahkan 1 gelas, setelah itu tunggu sampai dingin barulah saring ramuan tersebut dan minumlah setiap malam hari dengan takaran satu gelas per harinya secara teratur.

3. Mengkudu
Sama halnya dengan daun salam, buah ini juga memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol secara efektif. Tidak hanya itu,

Baca Juga  Menurunkan Kolesterol Dengan Cepat Hanya 5 Hari

buah ini juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan juga mampu menjaga kestabilan kadar gula darah sehingga cukup baik bagi para penderita diabetes.

Mengkudu

Mengkudu

Untuk mengkonsumsi buah ini anda hanya perlu meminum airnya, yaitu dengan cara merebusnya dengan air ataupun dengan membuatnya menjadi sebuah jus kemudian saring,setelah itu anda bisa meminumnya dengan menambahkan sedikit madu sebagai perasa di setiap pagi hari anda.

4. Daun Sirsak
Tidak hanya buahnya saja yang memiliki rasa yang nikmat, akan tetapi daunnya juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.

(Baca Juga : Manfaat buah Sirsak Dalam Mengobati Berbagai Penyakit )

Di daun ini terdapat senyawa yang memiliki nama acetogenins yang memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga agar tekanan darah selalu stabil.

Selain itu daun ini juga memiliki manfaat untuk menghambat perkembangan sel kanker dalam tubuh maka dari itu daun ini juga disebut sebagai anti kanker.

Itulah Tanaman Herbal Penurun Kolesterol dapat dijadikan sebagai obat alternatif untuk menurunkan kolesterol, semoga artikel ini membantu.

Tags: , ,

Related to: Tanaman Herbal Penurun Kolesterol Sebagai Alternatif Obat Kolesterol