Tanda dan Ciri-Ciri Kanker Rahim

November 12, 2016

Tanda dan Ciri-Ciri Kanker Rahim adalah sejenis kanker yang penyebab utamanya adalah serangan dari virus HPV atau Human Papiloma Virus onkogenik yang menyerang area rahim.

HPV sendiri adalah jenis virus dengan ukuran 55 mm dengan 100 tipe, yang menyerang bagian kulit, membuatnya infeksi, kemudian menyerang bagian sistem kekebalan tubuh.

Dalam sebuah penelitian bahkan menyebutkan, bahwa infeksi dari virus HPV bertanggung jawab atas semua penyakit kanker rahim di dunia.

Tanda Kanker Rahim

Setiap penyakit pasti ada gejalanya yang timbul, begitu juga dengan kanker serviks. Namun, untuk penyakit kanker serviks memang sangat sulit untuk mengetahui gejalanya jika masih dalam tahap stadium satu.

Dan biasanya gejala yang akan mulai terlihat pada saat penyakit kanker serviks tersebut sudah masuk ke tahap yang lebih kronis.

Penyakit kanker serviks disebabkan oleh Human Papiloma Virus (HPV), dan memiliki gejala umum dan sering terjadi hampir semua penderita seperti keluarnya cairan berwarna putih bening kadang kekuningan, dengan aroma yang tidak sedap dari area kewanitaan.

Gejala kanker leher Rahim atau yang disebut kanker serviks tersebut seringkali muncul ketika tahap stadium awal.

Kemudian gejala kanker ketika sudah sampai stadium lanjut biasanya disertai dengan munculnya rasa sakit yang dirasakan pada bagian perut hingga bagian pinggul.

Rasa sakit itu terjadi karena akibat penyebaran virus HPV di area kewanitaan tidak dapat dikendalikan.

Baca Juga  Gejala dan Ciri-Ciri Kanker Lidah

Ciri Ciri Kanker Rahim Stadium Awal

Perawatan yang dapat dilakukan ketika seseorang menderita kanker rahim adalah dengan tindakan operasi untuk stadium pertama. Namun jika sudah memasuki stadium akhir, pasien bisa memilih untuk menjalankan terapi kemo ataupun radioterapi.

ciri-ciri-kanker-rahim

Sementara untuk mencegah penyakit ini menjangkiti tubuh Anda, sebaiknya Anda menyimak beberapa ciri-ciri kanker rahim berikut:

1. Keputihan yang abnormal

Keputihan adalah hal yang sangat wajar terjadi pada wanita. Keputihan ini merupakan keluarnya cairan dari dalam vagina yang berbentuk lendir bening, tidak menimbulkan rasa gatal, dan tidak berbau.

Maka ketika salah satu syarat keputihan normal ini tidak terpenuhi, maka bisa jadi hal ini merupakan tanda-tanda kanker rahim.

2. Pendarahan bahkan setelah masa menopause

Ciri kanker rahim yang kedua adalah adanya pendarahan dengan kuantitas yang sering. Pendarahan biasa terjadi pada wanita ketika menstruasi,

namun ketika terjadi pendarahan ketika Anda tidak dalam jadwal haid, atau bahkan saat Anda sudah menopause, Anda patut melakukan pemeriksaan lebih lanjut sesegera mungkin.

3. Penurunan sistem kekebalan tubuh

Seperti yang telah dijelaskan di atas, penyakit kanker serviks disebabkan oleh infeksi virus HPV yang menyerang organ rahim. Namun proses perjalanan infeksi HPV hingga menjadi kanker akan membutuhkan waktu yang sangat lama, yaitu hingga 20 tahun.

Inilah penyebab kanker rahim sulit dideteksi secara dini, karena penderitanya tidak sadar bahwa ia sedang terinfeksi virus.

Baca Juga  Obat Radang Tenggorokan Alami yang Ampuh Untuk Dewasa

Maka ketika tubuh dilanda rasa lelah berlebih, padahal hanya melakukan sedikit atau bahkan tidak beraktivitas sama sekali,

hal ini kemungkinan adalah ciri kanker rahim kronis yang menyatakan bahwa HPV telah berhasil mendobrak sistem imun Anda, sehingga tubuh menjadi sangat lemah.

Obat Kanker Leher Rahim

Agar dapat menghindari ancaman nyata dari penyakit kanker serviks ini yang harus dilakukan ialah dengan selalu mencuci bagian kewanitaan.

Mencucinya yaitu dengan menggunakan bahan yang memang dikhususkan untuk bagian tersebut. Telah dijelaskan sebelumnya bahwa penyakit kanker serviks disebabkan oleh adanya serangan Human Papilopa Virus (HPV) maka obat kanker leher Rahim yang paling mujarab yaitu dengan selalu menjaga kebersihan bagian intim wanita dan hal itu hukumnya wajib.

Sebetulnya pembersihan yang dilakukan tidak perlu terlalu sering, cukup dengan membersihkannya 1 kali dalam 2 hari agar pH atau kelembaban hidup dari bakteri yang hidup natural tetap terjaga.

Melalui informasi kanker Rahim ini atau yang lebih dikenal dengan kanker serviks, diharapkan setiap perempuan menyadari akan kebersihan organ kewanitaannya.

Tags: , , , , , , , ,

Related to: Tanda dan Ciri-Ciri Kanker Rahim