Tanda dan Gejala Penyakit Demam Berdarah Dengue

January 23, 2016

Bagi kita yang tinggal di daerah tropis tentunya sudah tidak asing lagi mendengar penyakit demam berdarah. Gejala penyakit demam berdarah ini memang hampir sama dengan demam yang umum kita rasakan.

Namun, sedikit berbeda dari demam pada umumnya, gejala demam berdarah ini penderita akan mengalami demam tinggi dan mendadak sekitar 2 hingga 7 hari. Pada dalam bagian kelopak mata terdapat pendarahan. Tekanan darah menjadi rendah dan ikuti dengan penurunan trombosit. Penderita juga merasakan mual, menggigil, muntah dan juga pusing.

Penyebab Penyakit Demam Berdarah

gejala-penyakit-demam-berdarah

Penyakit demam berdarah ini memang sering terjadi ketika musim penghujan tiba. Ini disebabkan karena nyamuk akan mudah berkembang biak pada kubangan air yang ada di halaman, pot bunga, maupun got.

Tentunya jika ini dibiarkan, jumlah nyamuk menjadi lebih banyak sehingga dapat menjadi penyebab penyakit demam berdarah melalui gigitan nyamuk. Jenis nyamuk yang dapat menularkan virus dengue ini ialah aides aetypty serta aides albopictus.

Setelah gigitan nyamuk, umumnya seseorang yang menderita demam berdarah akan mengalami gejala seperti yang telah disebutkan diatas. Gejala penyakit demam berdarah dimulai pada hari kedua pasca nyamuk jenis aides tersebut menghisap dan menggigit bagian kulit luar tubuh.

Baca Juga  Mengenal apa Penyebab Kanker Rahim sejak Dini

Jika mengalami gejala tersebut segera berkonsultasi dengan dokter agar mendapat penanganan tepat. Umumnya, tindakan yang diambil adalah dengan pengambilan sample darah untuk mengetahui tindakan lebih lanjut.

Pencegahan Penyakit Demam Berdarah

Menurut pengalaman, pengobatan demam berdarah ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi cairan lebih banyak. Jenis minuman yang bisa dikonsumsi adalah minuman elektrolit yang mampu mengganti cairan tubuh yang hilang.

Penyembuhan tersebut bisa dimulai dari diri kita sendiri sebab obat yang diberikan oleh dokter hanya bersifat mengurangi nyeri maupun menurunkan demam sehingga penderita demam berdarah lebih banyak beristirahat.

Untuk menghindari gejala penyakit demam berdarah tersebut tentunya perlu dilakukan pencegahan. Beberapa pencegahan penyakit demam berdarah yang bisa dilakukan adalah dengan memulai hidup bersih. Menguras bak mandi jika anda tidak menggunakan shower, mengubur barang yang sudah tidak terpakai dan menutup tempat yang digunakan untuk menampung air.

Tags: , , , , , , , ,

Related to: Tanda dan Gejala Penyakit Demam Berdarah Dengue