TANDA TANDA BAYI SUSAH BAB Orang Tua Harus Tau

May 6, 2016

Anda patut waspada ketika bayi susah BAB dan jangan pernah menganggap enteng hal itu, karena dapat berakibat buruk pada perkembangan bayi. Mari kita telaah bagaimana cara menyikapi kondisi tersebut.

Bagaimana Cara Mengatahui Bayi Terkena Konstipasi?

Tidak hanya orang dewasa bayipun memiliki siklus BAB tertentu. Perhatikanlah siklus buang air besar si bayi apakah masih biasa atau diluar kebiasaannya, hal itu dapat menjadi pendeteksian dini apakah bayi mengalami susah BAB atau tidak.

Akan tetapi anda harus ingat bahwa kebiasaan buang air besar dapat dipengaruhi oleh banyak hal. Apa yang dibuang si bayi adalah makanan dan minuman yang diasupnya, ketika pola makan dan aktivitas serta kemampuan bayi mencerna makanan itu dapat menjadi faktor penyebab terjadinya susah BAB. Atau bisa saja perubahan kebiasaan buang air besar menjadi hal.

Namun sekalipun ada perubahan dari kebiasaan bayi dalam melakukan buang air besar sebaiknya ada batas toleransi. Jika bayi buang air besar kurang dari tiga kali dalam satu minggu, bentuknya lebih keras dan juga frekuensinya tidak berubah serta bayi terlihat kesakitan, maka dapat dipastikan bayi anda mengalami konstipasi. Pada usia 0-5 bulan dan masih sedang mengkonsumsi ASI, buang air besar yang dilakukan seminggu sekali itu masih normal.

Terdapat tanda-tanda lain jika bayi mengalami buang air besar seperti misalkan bayi anda lebih bawel, sering menangis sambil mengangkat kakinya. Sampai kasus yang lebih parah, terdapat bercak darah pada popok bayi, hal itu diakibatkan robeknya dinding rectum bayi akibat feses yang terlalu keras.

Baca Juga  Tips Mengatasi Jerawat Dengan Es Batu

Apakah Penyebab BAYI SUSAH BAB ?

BAYI SUSAH BAB

 

Mengetahui penyebab bayi susah buang air besar menjadi hal yang penting untuk dapat mencegahnya. Di bawah ini adalah beberapa kondisi yang dapat menyebabkannya.

  • Makanan padat
    Beralihnya konsumsi bayi ke makanan padat membuat pencernaan bayi terkadang “kaget” hal itulah yang menyebabkan buang air besar menjadi sulit. Anda tidak usah khawatir karena hal ini biasa terjadi apalagi bayi anda sebelumnya terbiasa makanan cair.Peralihan makanan ke yang lebih padat memang sangat rentat menimbulkan konstipasi. Apalagi makanan yang diberikan makanan minim serat seperti roti atau nasi, ada baiknya anda terlebih dahulu memberikan makanan yang kaya akan serat.
  • Dehidrasi
    Bayi biasa menghidrasi tubuhnya dari makanan dan minuman yang dia konsumsi. Yang menjadi salah satu fungsi dari air adalah pada proses pencernaan. Ketika tubuh kekurangan air makan akan membuat dehidrasi dan feses bayi akan keras.
  • Susu formula
    Proses peralihan dari ASI menuju susu formula sangat rentan menyebabkan konstipasi. Hal ini sebetulnya wajar karena perbedaan kandungan gizi pada ASI dan susu formula.Oleh sebab itu, anda harus bijak dalam memilih susu formula bagi bayi. Selain anda memperhatikan kandungan yang ada di dalamnya, ada baiknya anda memperhatikan respons tubun si buah hati anda.
  • Kondisi medis tertentu
    Meskipun hal ini jarang terjadi, beberapa penyakit dapat menyebabkan bayi susah buang air besar. Kondisi medis tersebut adalah alergi terhadap makanan, hipotiroid, dan gangguan system pencernaan dari lahir.

Bagaimana Mengatasi Konstipasi pada Bayi?
Anda tidak usah panik ketika bayi anda mengalami konstipasi. Karena ada beberapa cara yang dapat dilakukan:

  • Membuat anak aktif
    Agar feses terdorong oleh usus, ajaklah anak anda untuk lebih aktif bergerak.
  • Memijat perut
    Pijatlah perut bawah pusar bayi anda, yaitu dengan tiga jari dari pusar dengan lembut. Lakukan dengan rileks dan pastikan buah hati anda tidak kesakitan.
  • Mengganti susu formula
    Jika penyebab konstipasi adalah ketika pergantian dari ASI ke susu formula, maka anda harus mengganti susu formula dengan merek berbeda. Lakukan konsultasi ke dokter untuk memperoleh susu formula yang sesuai.
  • Mengkombinasikan makanan
    Lakukan kombinasi makanan pada bayi yaitu dengan memberikan makanan yang kaya akan serat.
  • Mandikan dengan air hangat
    Memandikan bayi dengan air hangat dapat membantu bayi menjadi rileks sehingga saluran pencernaan lebih mudah mengeluarkan kotoran.
  • Cukupi kebutuhan air bayi
    Hal ini dilakukan agar bayi tidak dehidrasi dan juga membantu memperlancar buang air besar karena feses tidak keras.
Baca Juga  6 Ramuan Obat Hepatitis Tradisional Dari Bahan Alami

Apabila ada pertanyaan mengenai kesehatan Official sehatcenter melayani konsultasi gratis oleh ahli kesehatan herbal segera hubungi : 

0813 1650 7389

Semoga artikel ini membantu

Tags: , ,

Related to: TANDA TANDA BAYI SUSAH BAB Orang Tua Harus Tau