Terlalu Sering Makan Ikan Asin Bisa Sebabkan Kanker

November 12, 2016

Siapa yang tidak kenal ikan asin? Makan dengan lauk ikan asin dan nasi yang masih hangat, lalu ditambah dengan sambal dan sayur asam, membuat selera makan menjadi meningkat. Apakah ikan asin merupakan salah satu lauk favorit Anda? Jika iya, tunggu dulu.

Ikan asin

Bukan bermaksud ingin menakut-nakuti, tapi hanya sekedar mengingatkan saja, bahwa terlalu sering mengkonsumsi ikan asin dapat menyebabkan timbulnya kanker nasofaring.

Dalam sebuah penelitian mengatakan, bahwa orang yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan ikan laut yang diawetkan seperti ikan asin atau ikan asap, lebih beresiko terkena penyakit tersebut.

Ikan asin memiliki kandungan zat bernama nitrosamin yang merupakan zat karsinogenik yang mampu mengaktifkan virus Epstein Barr. Virus tersebut adalah penyebab utama terjadinya kanker nasofaring (kanker tenggorokan atau THT). Dari proses pengasinan dan penjemuran ikan asin di bawah panasnya sinar matahari munculah zat tersebut.

Dalam proses penjemuran, sinar matahari akan bereaksi dengan nitrat pada daging ikan asin dan lalu membentuk senyawa bernama nitrosamin. Mungkin selama ini masih banyak yang belum mengetahui apa itu kanker nasofaring. Kanker nasofaring merupakan sejenis kanker atau tumor ganas yang terjadi pada daerah kepala dan leher. Selain itu, penyakit kanker ini juga disebabkan karena faktor genetik.

Baca Juga  Berdasarkan Data Sudah 327 Anak Di Imunisasi Ulang

Berdasarkan hasil dari sebuah penelitian, penyakit kanker nasofaring cenderung lebih banyak menyerang pria dari pada wanita. Perbandingannya yaitu sekitar 2:1.

Penyakit kanker nasofaring ini dapat ditemukan diberbagai negara di dunia. Tiongkok Selatan merupakan negara dengan penderita kanker nasofaring terbanyak. Bahkan, tidak sedikit keturunan Tionghoa yang tinggal di Amerika Serikat menderita penyakit tersebut.

Selidik punya selidik, ternyata daerah-daerah di Tiongkok memiliki kebiasaan memberikan lauk ikan asin pada anak-anak mereka sejak bayi. Tujuannya sebagai makanan tambahan.

Lalu, apakah kita tidak boleh mengkonsumsi ikan asin? Mungkin pertanyaan ini yang tersirat dalam pikiran Anda. Sebenarnya, mengkonsumsi ikan asin boleh-boleh saja, kalau makannya hanya sesekali tidak masalah. Jangan terlalu sering mengkonsumsi ikan asin, menu makan kita sebaiknya harus divariasikan dengan makanan segar lainnya agar tubuh mendapatkan gizi yang seimbang dan sehat.

Perlu Anda ingat, bahwa terlalu sering mengkonsumsi makanan kalengan atau awetan itu tidak baik untuk kesehatan. Karena bahan pengawet dalam makanan memiliki kandungan zat kimia yang dapat membuat kesehatan Anda terganggu. Mulailah mengkonsumsi makan-makanan yang sehat dan segar untuk kebaikan tubuh dan kesehatan Anda.

Baca Juga  5 Cara Ini Bantu Atasi Sakit Gigi Seketika

 

Tags: ,

Related to: Terlalu Sering Makan Ikan Asin Bisa Sebabkan Kanker