Ternayata Kopi Dapat Membuat Buruk Indera Pendengaran

August 2, 2016

Kopi adalah salah satu jenis minuman yang menjadi favorit banyak orang dan sebagai “penendang” semangat di pagi hari, juga meningkatkan energy saat harus bekerja semalaman atau sebagai penahan rasa kantuk. Aromanya yang khas menambah kenikmatan saat menyeruputnya. Tetapi hasil dari sebuah penelitian menunjukkan, bahwa kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi bisa berdampak buruk pada fungsi pendengaran.

coffee_by_insight_imaging-d1f3twc

McGill University, tempat dilakukannya penelitian tersebut mengatakan, bahwa mengkonsumsi kafein harian dapat menghalangi proses penyembuhan atau pemulihan setelah mengalami kerusakan sementara pada fungsi pendengaran. Saat telinga terkena paparan polusi suara seperti musik keras, suara pesawat, atau konstruksi dapat kembali pulih setelah 72 jam.

Hal inilah yang akhirnya membuat para ahli di McGill University memberikan peringatan, bahwa kopi dapat menghambat atau menghalangi proses pemulihan tersebut, bahkan yang terburuknya dapat membuat kerusakan permanen pada fungsi pendengaran.

“Hasil penelitian kami menunjukkan, bahwa terkena paparan terhadap rangsangan keras lalu ditambah dengan mengkonsumsi kafein harian sebanyak 25 mg/kg dapat berdampak negatif yang signifikan dalam proses pemulihan pendengaran,” ujar Dr. Faisal Zamawi, yang merupakan seorang otolaringologi dan juga anggota dari McGill Auiditory Sciences Laboratory.

Baca Juga  WASPADALAH!! Banyak Pasien Rumah Sakit Terinfeksi Virus Nosokomial

Zamawi melanjutkan, saat telinga terkena paparan suara keras, fungsi pendengaran akan mengalami penurunan, atau yang disebut juga sebagai pergeseran ambang batas pendengaran sementara.

Selain itu, Zamawi bersama timnya pun melakukan pengujian tersebut pada hewan. Jadi, hewan-hewan tersebut diperdengarkan suara yang berkekuatan 110 desibel atau seperti suara pada konser musik keras selama 1 (satu) jam.

coffee_by_zigot

Sebagaian hewan-hewan tersebut diberikan dosis kafein harian, dan sebagiannya lagi tidak diberikan. Setelah hari pertama penelitian tersebut dilakukan tidak ada perbedaan apapun di antara dua kelompok hewan tersebut. Tetapi, setelah delapan hari penelitian dilakukan, hewan yang diberikan dosis kafein harian menunjukkan hasil, pendengaran mereka mengalami gangguan yang signifikan dibandingkan dengan kelompok hewan yang tidak diberikan dosis kafein harian.

Zamawi menganjurkan, bahwa sebaiknya setiap orang mengkonsumsi kafein harian maksimal 3mg/kg atau sama dengan 3 (tiga) cangkir yang berukuran 8 oz atau setara dengan 230 ml dalam satu hari.

Penelitian tersebut dilakukan bukan untuk menakut-nakuti Anda atau melarang Anda minum kopi. Minum kopi boleh-boleh saja asal tidak berlebih dan mengikuti anjuran yang diberikan. Karena terlalu banyak minum kopi juga dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan seperti asam lambung menjadi meningkat, kandungan kafein dalam kopi membuat detak jantung tinggi, menjadi pusing/vertigo karena terlalu banyak mengkonsumsi kafein, dan gigi pun menjadi berkarang.

Baca Juga  Luar Biasa...! UNICEF Serukan Lebih Giat Cegah Remaja Terjangkit HIV-AIDS
Tags:

Related to: Ternayata Kopi Dapat Membuat Buruk Indera Pendengaran