Ternyata Komedo Hitam Dapat Memicu Munculnya Jerawat

August 16, 2016

Pasti anda sudah tak asing lagi dengan masalah kulit yang satu ini. Masalah kulit ini kerap menyerang remaja hingga dewasa. Biasa muncul di sekitar hidung yang akan membuat penampilan anda menjadi buruk dan anda menjadi kurang percaya diri. Masalah kulit ini adalah komedo. Komedo muncul karena kondisi yang disebabkan oleh penumpukan dan penyumbatan minyak dan kotoran di por-pori wajah. Masalah ini jika dibiarkan terus menerus akan menjadi jerawat yang sangat mengganggu penampilan anda.

Sebenarnya banyak cara untuk mengatasi komedo atau jerawat yang banyak muncul di wajah anda. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan facial foam, scrub wajah hingga menggunakan pore pack untuk mengangkat komedo di hidung. Meski sudah menggunakan bahan-bahan ini kadang tetap saja ada beberapa komedo yang tak mau hilang dan tetap membandel. Jika hal ini terjadi pastilah anda akan merasa jengkel dengan komedo yang ada di kulit anda. Sebelum anda marah besar sebaiknya anda kenali dulu jenis komedo yang menyerang anda seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Komedo hitam

Komedo hitam

Jenis-jenis komedo yang sering menyerang

Perlu anda ketahui bahwa komedo memiliki 2 jenis yang berbeda. Yakni komedo putih dan juga komedo hitam. Kedua hal ini memiliki ciri yang berbeda. Keduanya juga terbentuk dari hal yang berbeda pula.

Baca Juga  Susu Kecoa Banyak Mengandung Protein Sebagai Minuman Manusia Masa Depan

Komedo hitam

Komedo jenis pertama adalah komedo hitam. Komedo hitam sendiri terbentuk karena produksi sebum atau minyak wajah yang berlebih. Lalu wajah yang terpapar polusi udara dan debu sehingga saluran minyak di kulit menjadi tersumbat. Saat saluran minyak ini tersumbat oleh debu maka komedo hitam ini pun muncul. Salah satu cara menghindari terbentuknya komedo ini adalah dengan menggunakan masker setiap kali anda bepergian keluar rumah.

Komedo putih

Komedo jenis yang kedua adalah komedo putih. Komedo putih ini sebenarnya memiliki dampak lebih ringan daripada komedo hitam. Komedo putih terbentuk karena wajah terlalu sering terkena angin hingga mengakibatkan wajah menjadi kering. Saat wajah terpapar udara terus menerus maka minyak akan tertahan di salurannya dan tak dapat keluar. Saat hal ini terjadi terus menerus maka akan muncul komedo putih. Hal ini biasanya terjadi pada mereka yang sering berada di tempat ber-AC.

Dari kedua jenis komedo ini komedo hitam memiliki dampak yang lebih buruk dan berbahaya. Jika dibiarkan terus menerus maka komedo hitam ini akan terpapar oleh berbagai hal seperti debu dan bakteri. Jika tak segera ditangani maka akan timbul peradangan yang membuat wajah menjadi infeksi. Infeksi ini berujung pada jerawat kemerahan yang banyak muncul di wajah. Sebenarnya hal yang wajar jika di wajah terdapat bakteri yang bersarang, namun yang berbahaya adalah jika bakteri tersebut tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Dengan begitu mereka akan berkembang biak semakin banyak dan berdampak pada kesehatan kulit wajah anda. Biasanya masalah wajah ini akan diawali dengan peradangan.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Komedo di Hidung Secara Alami dan Permanen

Segeralah kunjungi ahli kesehatan kulit untuk mendapatkan perawatan guna mengatasi komedo hitam yang bersarang di wajah anda. Dengan bantuan dari seorang ahli maka bisa dipastikan wajah anda akan menjadi bersih dan terhindari dari peradangan jerawat yang bisa membuat anda menjadi tidak percaya diri. Jagalah kesehatan kulit anda dengan mencuci wajah dua kali sehari dengan menggunakan sabun wajah yang cocok dengan karakteristik kulit wajah anda.

Tag : jerawat komedo
Tags: ,

Related to: Ternyata Komedo Hitam Dapat Memicu Munculnya Jerawat