Ternyata Menggigit Kuku Juga Bermanfaat untuk Kesehatan

August 2, 2016

Untuk sebagian orang, menggigit kuku adalah salah satu kebiasaan yang sulit untuk dihilangkan. Dan parahnya, kebiasaan tersebut lebih sulit dihilangkan dibandingkan dengan kebiasaan merokok. Tidak heran jika para orangtua terlihat sangat kesal saat anaknya suka menggigit kuku. Hal ini disebabkan karena kebiasaan tersebut memiliki dampak buruk untuk kesehatan.Menggigit kuku merupakan sebuah kebiasaan yang dilakukannya tanpa sadar.

gigit kuku

Pada umumnya, yang menyebabkan seseorang menggigit kuku yaitu karena ia sedang merasa bosan, stress dan tegang. Dan bagi mereka yang sering menggigit kukunya, kebiasaan tersebut dianggap sebagai cara yang paling ampuh dalam mengatasi kepanikan, kecemasan dan ketegangan yang sedang dialaminya. Sedangkan pemicu lainnya adalah karena mereka merasa seorang diri atau kesepian, mengalami frustasi atau karena faktor keturunan.

Selai itu, keadaan yang paling parah dari seseorang yang memiliki kebiasaan tersebut yaitu mereka juga memiliki kebiasaan yang tidak wajar, seperti terlalu sering melakukan cuci tangan secara berulang-ulang, walaupun kedua tangannya tidak kotor, juga kebiasaan memeriksa pintu rumahnya apakah sudah terkunci atau belum hingga berulang kali, di mana hal-hal ini merupakan bagian dari reaksi atas kecemasan mereka yang terlalu berlebih.

Baca Juga  Cara Mengatasi Gangguan Pencernaan Yang Wajib Diketahui

Bagi Anda yang mempunyai kebiasaan menggigit kuku dapat mengalami masalah pada gusi, infeksi bakteri, kutikula, dan merusak kulit kuku. Tetapi siapa yang menyangka jika kebiasaan tersebut juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

Hasil dari studi yang dilakukan oleh para peneliti asal New Zealand dan Kanada yang diterbitkan di dalam jurnal Pediatrics menunujukkan, bahwa anak-anak yang memiliki kebiasaan menggigit kuku dapat terhindar dari berbagai jenis alergi, seperti alergi pada hewan peliharaan dan alergi pada gigitan serangga.

Dalam penelitian tersebut, peneliti mengambil data dari 1000 orang sejak mereka lahir hingga berusia 32 tahun. Hasil dari penelitian tersebut sungguh sangat mengejutkan, yaitu orang dewasa yang sewaktu kecilnya memiliki kebiasaan menggigit kuku ternyata tidak mudah terkena alergi. Bahkan dari hasil penelitian tersebut juga menunjukkan, ternyata anak-anak yang memiliki kebiasaan menggigit kuku serta mengisap jempol memiliki resiko yang lebih kecil terkena alergi, yaitu sekitar 30%.

Selain itu, hasil penelitian ini juga didukung dengan hipotesis tingkat kebersihan dan interaksi yang kerap kali terjadi, misalnya seperti terkena infeksi bakteri, virus, sumber alergi dan lain sebagainya. Biasanya mikroba-mikroba ini dapat masuk ke dalam tubuh dan membentuk populasi yang justru mengajari sistem imun tubuh menjadi lebih kuat, mempertahankan diri dan juga terbiasa dengan kehadiran bakteri atau virus tersebut. Jadi, saat tubuh diserang oleh bakteri sejenis yang lebih kuat, tubuh dapat mempertahankan diri dan melawan virus, bakteri dan sumber alergi lainnya.

Baca Juga  Hati-Hati Serum Palsu Mulai Beredar beginilah Cara Membedakan Dengan Yang Asli

 

Related to: Ternyata Menggigit Kuku Juga Bermanfaat untuk Kesehatan