Ternyata Penyakit Hepatitis Dapat Tertular Dari Ciuman

August 15, 2016

Hepatitis merupakan salah satu penyakit berbahaya saat ini dan hanya satu jenisnya saja yang sudah ada obatnya. Hepatitis dianggap berbahaya karena dampaknya bisa mengancam nyawa penderitanya, oleh karena itu harus waspada pada jalan penularannya.

Terkadang pengidapnya sendiri juga tidak tahu jika dirinya sedang sakit hepatitis karena penyakit ini termasuk susah dilihat dari gejalanya saja. Menurut Prof. David Hadojo Mujono mengatakan bahwa banyak orang yang tidak sadar jika sedang terjangkit penyakit ini tetapi aktivitasnya juga biasa, dikhawatirkan dari ketiak tahuan tersebut akan semakin menyebar luaskan penyakit hepatitis itu. Awalnya memang tidak ada gejala sama sekali karena tidak terjadi keluhan kesehatan atau dampak yang dapat dilihat lainnya.

Hepatitis akibat ciuman

ilustrasi ciuman

Langkah yang paling tepat adalah menempuhnya dengan menjalani kontrol USG yang nantinya akan terlihat tumor hari yang sudah parah. Penyakit ini memang menggerogoti tubuh bagian dalam sehingga pengidapnya tidak tahu secara pasti jika dirinya sedang digerogoti tersebut. Namun karena kendala inisiatif sendiri untuk memeriksakan diri memang tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Pemerintah pusat sendiri juga tidak menyediakan pengecekan secara gratis di tempat umum karena dinilai menghabiskan banyak uang untuk sekali pengecekannya saja.

(Baca Juga : 500.000 Penduduk Di Kalimantan Barat Terdeteksi Menderita Hepatitis  )

Baca Juga  Makan Tumis Daun Singkong Satu Keluarga Diduga Keracunan

Jika sudah terindikasi terjangkit penyakit hepatitis yang harus dilakukan adalah menjalani pemeriksaan dan pengobatan secara rutin agar virusnya tidak menyebar sampai parah. Maka dari itu perlu menjaga kesehatan secara penuh untuk menghindari penyakit serupa menjangkit orang di sekitarnya. Selain faktor dari kebersihan ternyata hepatitis juga bisa menular lewat darah. Apabila virus tersebut sudah masuk ke dalam darah orang yang belum terkena akan bisa terjangkit dengan mudah.

Untuk itu perlu menghindari suntik secara bergantian dan tidak mengusapkan luka pada penderita ke luka orang lain yang sehat. Ada penyebab lain lagi yang tidak banyak diketahui oleh orang yaitu dari ciuman. Dalam ludah memang terdapat virus yang jumlahnya lebih sedikit namun jika sampai digunakan untuk berciuman tetap saja bisa memindahkan virus asal ke tubuh yang lain. Dampak ini sangat mengerikan jika dibiarkan, maka dari itu perlu berhati-hati dalam menjalin hubungan dengan orang lain. Air ludah yang saling bertukar nantinya akan masuk ke dalam tubuh dan menjangkit bagian tubuh dalam.

Bagi penggemar tato juga perlu waspada karena bisa ditularkan dari tato yang tidak bersih, bisa juga dari tindik yang bergantian dengan orang lain. Untuk masyarakat yang bekerja pada lingkungan tusukan jarum atau darah memang harus rutin memeriksakan dirinya untuk dicek penyakit hepatitis dan mendapatkan vaksinasi. Maka dari itu risikonya juga sangat besar dari tertusuk jarum yang sebelumnya digunakan untuk orang lain.

Baca Juga  Cara Diet Sehat Ikuti 6 Langkah Agar Berhasil Menjalaninya

Hal lain yang menjadi mitos adalah virus yang ditularkan lewat keringat atau sentuhan karena menurut badan medis penularannya tidak dapat seperti itu. Hanya saja jika terkena darah orang lain dan masuk ke dalam bisa terkena penyakit ini. Masyarakat dihimbau lebih waspada dalam menjaga pribadinya masing-masing dan orang terdekatnya agar virus serupa bisa hilang dan angka penderitanya semakin turun.

(Baca Juga : virus hepatitis sama bahayanya dengan HIV AIDS  )

Walau begitu dikembalikan lagi terhadap pribadi masing-masing untuk mengatur pola hidup yang sehat ditambah dengan sering beraktivitas agar metabolisme dan ketahanan tubuh menjadi sangat kuat. Masyarakat bisa menghindari dan mencegah penyakit tersebut untuk datang dan ditambah bisa memeriksakan dirinya secara rutin untuk mengetahui apakah kondisi tubuh sedang terjangkit penyakit atau tidak.

Tags:

Related to: Ternyata Penyakit Hepatitis Dapat Tertular Dari Ciuman