Tidak Memiliki Sepasang Kaki Remaja Ini Hidup Di Ember Plastik

August 2, 2016

Rahma Haruna, gadis yang kurang beruntung ini tinggal di desa Lahadin Makole Kano, Nigeria. Sejak berusia enam bulan lengan dan kaki Rahma berhenti berkembang sehingga pada usianya yang ke-19 Rahma hidup sangat bergantung pada keluarganya.

Rahma memiliki kedua kaki dan lengan yang tidak sempurna, hal ini membuat dirinya tidak mampu berbuat apa-apa, tidak dapat bergerak. Dia hanya menghabiskan hampir sepanjang hari pada sebuah ember plastic, hal itu dilakukan keluarganya supaya mudah untuk dibawa oleh keluarganya.

0947137Rahma-Nigeria780x390

“Rahma sejak berusia enam bulan ketika dirinya belajar duduk, itulah awal dari kondisinya saat ini. Dia tidak pernah mampu merangkak,” ucap ibunya, Fadi dengan raut wajah yang sedih meratapi nasib anaknya.

“Awalnya Rahma mengalami demam dan juga sakit perut, kemudian sakitnya berpindah ke kaki dan tangannya. Rahma tidak dapat menggunakan kaki dan tangannya ketika sakit itu mulai datang,” lanjut Fadi.

Rahma menghabiskan sepanjang hidup berada pada sebuah ember plastic yang dibawa oleh keluarganya kemanapun mereka pergi, sesekali saudara laki-laki Rahma membawanya ke kota Kano di Nigeria untuk mengharapkan sedekah dari warga. Hal ini dilakukan karena memang Keluarga Rahma merupakan keluarga miskin.

Baca Juga  Karena Korsleting Listrik di Rumah Sakit 11 Bayi Baru Lahir Meninggal

“Saya melakukan banyak untuk Rahma seperti memandikan dan membawanya berjalan-jalan,” kata Fahad.

“Saya sangat senang ketika melihat orang dapat membantu Rahma. Saya juga senang membawanya ke kerabat kami. Rahma merasa bahagia sekali ketika kami berkunjung,” tambah Fahad.

Pada tahun lalu, ada seorang jurnalis yang merasa iba dan ingin menolong Rahma, sehingga dia membelikan Raham kursi roda. Hal lainnya adalah ketika seorang fotografer lepas yang bernama Sani Maikatanga menyebarkan foto Rahma di media sosial. Sontak foto-foto itu kemudian memicu banjir permintaan dari banyak kalangan untuk memberikan bantuan apapu yang mereka miliki.

Keluarga berharap adanya bantuan berupa medis. Karena meskipun Rahma dapat mengikuti aktivitas keluarga, namun kondisi fisiknya belum dapat didiagnosis secara professional.

Meskipun Rahma memiliki banyak keterbatasan, namun dirinya memiliki dan menyimpan ambisi yang begitu besar, karena dia ingin menjadi seorang pengusaha sukses.

“Saya berkeinginan membuka bisnis. Sebuah toko kebutuhan pokok dan juga semua yang diinginkan orang, itulah yang saya impikan,” ujar Rahma.

Baca Juga  Waspada Daftar 14 Rumah Sakit Pengguna Vaksin Palsu

Kita tunggu bagaimanakan kisah kelanjutan Rahma setelah dirinya ramai diperbincangkan di media sosial, semoga dirinya dapat lebih baik dari saat ini dan dapat diketahui penyakit apakah yang menimpanya.

Related to: Tidak Memiliki Sepasang Kaki Remaja Ini Hidup Di Ember Plastik