Tips Cara Mencegah Penyakit Jantung Tetap Sehat Alami

December 12, 2015

Cara Mencegah Penyakit Jantung Secara Alami

Jantung

Save Jantung

Jantung adalah organ yang sangat penting bagi tubuh kita. Organ ini berfungsi untuk mengalirkan darah keseluruh tubuh serta membawa makanan untuk bagian sel-sel tubuh yang lainnya. Jantung bekerja secara terus-menerus tanpa henti meskipun organ yang lainnya beristirahat.

Seseorang kemungkinan besar terkena serangan jantung jika terjadi iskemia miokard atau kekurangan oksigen pada otot jantung. Penyakit jantung pada umunya terjadi pada pria yang berusia diatas 35 tahun dan wanita diatas usia 45 tahun dan penyakit ini sangatlah mahal untuk pengobatannya, lalu bagaimana Cara Mencegah Penyakit Jantung Secara Alami?

Terdapat beberapa gejala pada penyakit jantung yang diantaranya adalah.

  • Nyeri pada dada atau ulu hati secara terus menerus
  • Nyeri pada bagian rahang dan lengan
  • Nyeri secara tiba-tiba dan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa yang menyebabkan kerja jantung tidak maksimal dan tidak bisa memasok darah ke otot jantung

Hal inilah yang sangat berbahaya, karena jantung hanya bisa bertahan tanpa pasokan darah selama 20 menit. Penyakit jantung adalah penyakit yang sangat berbahaya. Namun kita dapat mencegah terjadinya penyakit jantung secara alami, seperti halnya minum teh hijau, memakan buah-buahan, dan sebagainya.

Baca Juga  Berikut ini 5 Pertolongan Pertama Terkena Serangan Jantung

Untuk lebih jelasnya anda bisa simak beberapa tips berikut Cara Mencegah Penyakit Jantung Secara Alami

1.Meminum Teh Hijau

Teh hijau sangat bermanfaat untuk mencegah berbagai macam penyakit jantung. Menurut para peneliti, teh hijau banyak mengandung anti oksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan juga mencegah terjadinya kerusakan pada pembuluh darah. Bahkan dipercaya bahwa seseorang yang mengonsumsi teh hijau 2 kali sehari dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung hingga 50 persen. (Baca Juga : Ramuan herbal mengatasi ganguan penyakit jantung)

2.Makanlah Kacang-kacangan

Kacang walnut, almond, dan kacang-kacang yang lainnya telah terbukti mampu menurunkan kolesterol jahat yang terdapat pada aliran darah. Namun jangan mengonsumsinya secara berlebihan, karena kacang-kacangan mengandung kalori yang sangat tinggi.

3.Tidur Malam Berkualitas

Penelitian terbaru menyebutkan jika kurang tidur pada malam hari dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada jantung. Karena tidur sendiri adalah saat dimana organ tubuh lain beristirahat dan memulihkan dirinya. Kurangnya tidur bisa meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung hingga dua kali lipat.

4.Menghindari Makanan Cepat Saji

Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang jika makanan cepat saji bisa merusak kesehatan tubuh. Hal ini disebabkan karena makan cepat saji banyak mengandung lemak jenuh, gula, garam, penguat rasa, dan juga bahan pengawet.

Baca Juga  Hipertensi pada penyakit ginjal kronik

5.Lakukan Olahraga

Olah raga dapat menjaga kesehatan jantung, terutama untuk olahraga beban. Rutin melakukan olahraga beban bisa memperkuat otot jantung serta membantu jantung memompa darah secara efisien.

6.Berjalan Kaki

Berjalan kaki membuat semua bagian tubuh bergerak sehingga mampu melancarkan aliran darah dan juga memasukkan udara bersih ke paru-paru. Menurut para peneliti, berjalan kaki minimal sejauh 3 km dapat meningkatkan kelancaran sirkulasi darah, menguatkan otot jantung, dan juga membantu mengontrol berat badan.

7.Mengonsumsi Jagung Manis

Banyak penelitian yang menyebutkan jika jagung manis mengandung vitamin B9 (folat). Zat tersebut mampu melindungi jantung dari penyumbatan pembuluh darah dan stroke.

8.Sering Mengonsumsi Buah Berry

Tentu sudah banyak orang yang mengetahui jika kandungan polyphenol yang terdapat pada buah berry mampu melindungi jantung. Tidak hanya itu saja, buah berry juga mengandung antioksidan yang mampu untuk meningkatkan kolesterol baik dan juga menurunkan tekanan darah. Jenis buah yang dapat mengatasi penyakit jantung

Mencegah penyakit jantung tidak harus mengonsumsi makanan-makanan mahal, karena dengan cara-cara alami seperti di atas anda sudah bisa mencegah terjadinya penyakit jantung yang sangat berbahaya. Semoga artikel ini membantu.

Tags: , , , , , ,

Related to: Tips Cara Mencegah Penyakit Jantung Tetap Sehat Alami