Tips Cara Menyikat Gigi yang Baik Dan Benar

August 20, 2016

Tips Cara Menyikat Gigi yang Baik Dan Benar – Penampilan adalah hal yang sangat penting untuk anda perhatikan. Karena dari penampilan inilah orang pertama kali menilai kepribadian anda.

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga penampilan agar tetap terlihat menarik. Salah satunya adalah dengan cara menjaga kebersihan serta kesehatan mulut dan gigi.

Cara Menyikat Gigi yang Benar

Cara Menyikat Gigi yang Benar

Karena saat berinteraksi dengan orang lain kebersihan dan keputihan gigi adalah hal yang utama.Mengingat pentingnya kebersihan mulut dan gigi, maka anda harus menyikat gigi dengan cara yang baik dan benar.

(Baca Juga : 8 obat sakit gigi berlubang yang ampuh pada pertolongan pertama )

Sebab jika anda asal-asalan dalam menyikat gigi, maka bukanlah gigi bersih yang anda dapatkan melainkan penyakit gigi yang akan menyerang.

Oleh sebab itu, ada baiknya jika anda memahami dan mencoba beberapa cara menyikat gigi yang baik dan benar berikut ini.

  1. Kurangi penggunaan odol yang berlebihan

Kebanyakan orang berpendapat jika menggunakan banyak odol bisa membersihkan gigi dengan cepat.

Namun pendapat tersebut tidak terlalu tepat, karena lebih baik anda menggosok gigi dengan menggunakan odol yang sewajarnya. Penggunaan odol yang berlebihan justru tidak akan bisa membersihkan gigi secara maksimal

  1. Menyikat gigi 45 menit setelah mengonsumsi soda

Langsung menyikat gigi setelah minum soda bisa membuat gigi anda semakin rapuh. Hal ini disebabkan karena sisa asam dari soda akan bercampur dengan zat yang terdapat pada pasta gigi.

Baca Juga  8 Obat Sakit Gigi Berlubang yang Ampuh pada Pertolongan Pertama

Percampuran kedua zat tersebut akan merusak gigi dan membuat gigi anda semakin rapuh

  1. Menyikat gigi dengan lembut

Saat menyikat gigi, usahakanlah untuk selalu menyikatkanya dengan lembut. Jika anda menyikatnya terlalu keras maka gusi anda bisa terluka dan gigi juga menjadi lebih sensitif.

  1. Sikat satu persatu

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lebih baik anda menyikat gigi satu persatu. Karena jika menyikat gigi secara keseluruhan maka kemungkinan besar masih banyak sisa makanan dan plak yang masih tertinggal pada gigi.

  1. Sikat secara vertikal

Menurut penelitian, menyikat gigi secara vertikal lebih ampuh dalam menghilangkan plak dan sisa makanan yang menempel pada gigi.

Hal ini disebabkan karena gigi tumbuh dengan arah vertikal, sehingga menyikatnya secara vertikal adalah cara yang paling tepat.

(Baca Juga : Manfaat Daun Jarak Untuk Sakit gigi )

  1. Sikat bagian geraham

Jangan pernah lupa untuk menyikat gigi geraham. Hal ini sangat penting untuk anda lakukan, karena terdapat banyak plak dan sisa makanan yang tertinggal pada gigi geraham.

Oleh sebab itu anda harus menyikat bagian geraham ini dengan baik dan benar untuk menjaga kesehatan gigi

  1. Menyikat lidah dan langit-langit

Ketika menyikat gigi, tidak hanya gigi saja yang harus anda perhatikan. Namun anda juga harus memperhatikan bagian lidah dan langit-langit.

Baca Juga  Empat vitamin untuk meningkatkan kecerdasan Otak Anak

Karena bakteri dan kuman juga bisa bersarang pada bagian tersebut. Sikatlah lidah dan langit-langit dengan cara yang lembut agar tidak melukainya.

  1. Gunakan penyegar mulut

Setelah menyikat gigi, penting bagi anda untuk menggunakan penyegar mulut. Sebab dengan cairan penyegar mulut tersebut anda bisa mengurangi bakteri sehingga mulut anda menjadi lebih segar.

  1. Pilihlah sikat yang lmbut

Saat memilih sikat gigi, selalu pilih sikat gigi yang lembut. Karena sikat gigi yang kasar bisa merusak gusi anda. Gantilah secara rutin sikat gigi anda minimal selama enam bulan sekali untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Selain itu, sikat gigi yang lama tidak diganti kemungkinan sudah mengandung banyak kuman dan bakteri.

(Baca Juga : Obat sakit gigi mengunakan bawang putih)

Nah, itulah beberapa cara menyikat gigi yang benar. Ikuti cara tersebut untuk mendapatkan hasil yang maksimal ketika menyikat gigi. Jangan lupa untuk selalu rutin menyikat gigi minimal dua kali sehari.

Tags: , ,

Related to: Tips Cara Menyikat Gigi yang Baik Dan Benar