Tips Kesehatan : Cara Merawat Kulit Musim Penghujan

August 14, 2016

Masuk musim penghujan kali ini memang butuh perhatian khusus terhadap perawatan tubuh karena dampak yang ditimbulkan jika tidak dijaga akan memunculkan banyak sekali masalah kulit. Musim penghujan memang waktu yang tepat untuk kuman dan bakteri berkembang secara baik sehingga perlu cara tersendiri dalam menghindarinya.

Biasanya pada cuaca yang dingin akan membuat kulit menjadi kering dan menyusut serta terjadi beberapa masalah lainnya. Masih ditambah lagi dengan suhu yang semakin menurun tentunya akan membuat tubuh menjadi rentan terhadap penyakit dan virus yang menyerang. Sering kali pada musim penghujan ini banyak orang yang merasa gatal dan alergi pada kulit karena keadaan suhu yang dingin ditambah kurangnya gerak ketika masuk musim penghujan tersebut. Untuk itu anda bisa menjaganya dengan terus merawat kulit anda sepanjang musim hujan ini.

Cara merawat kulit

Ilustrasi main hujan-hujanan

Beberapa cara yang bisa digunakan seperti melembabkan kulit dan memberikan nutrisi yang lebih agar tidak mudah terserang masalah kulit. Menurut Senior Manager dari Consultant Jafra Cosmetics, Saskia Novita mengatakan bahwa agar terhindar dari masalah serupa (seperti kulit kering dan masalah kulit) bisa menggunakan pelembab yang baik dari dalam maupun dari luar tubuh. Penggunaan tersebut juga harus disesuaikan dengan jenis kulit dan dilakukan secara teratur agar semakin maksimal penggunaannya.

Baca Juga  Tips Cepat Kurus Remaja Tanpa Olah Raga dan Obat

Tambahnya lagi pada musim penghujan seperti ini lebih baik menghindari sabun yang mengandung pengawet dan pengharum yang terlalu menyengat karena bisa menyebabkan cairan pada kulit menjadi hilang sehingga akan terlihat kering dan tidak terawat dengan baik. Dia juga menyarankan untuk tetap menggunakan tabir surya karena fungsi dari tabir surya sendiri tidak hanya berguna untuk melindungi kulit dari sengatan matahari saja tetapi juga melindungi kulit dari dampak lingkungan dan pengaruh buruk lingkungan sekitar.

Sebaiknya menggunakan tabir surya tersebut sekitar 30 menit sebelum keluar dari rumah. Tidak hanya pengaruh buruk saja tapi ada kandungan baik dari tabir surya yang membuat kulit menjadi lebih ternutrisi dengan baik. Cara terbaik untuk melindungi kulit memang dengan cara merawatnya karena jika memberikan yang terbaik untuk tubuh pasti juga akan menghasilkan tampilan yang sempurna setiap harinya.

Banyak orang ingin memiliki kulit yang putih dan mulus tetapi hanya beberapa orang saja yang rutin merawatnya setiap hari. Memang menjadi tantangan tersendiri saat musim penghujan ini karena intensitas suhu yang semakin menurun ditambah dengan pengaruh buruk lingkungan akan semakin bertambah. Beberapa cara perawatan lain bisa juga anda gunakan setelah mandi sore atau sebelum tidur karena waktu tersebut adalah waktu yang tepat untuk kulit melakukan regenerasi dan relaksasi.

Baca Juga  Khasiat Penting Dari Buah Rambutan Bagi Kesehatan

Mungkin beberapa orang bisa melakukan perawatan ini karena pada musim hujan berpengaruh juga terhadap aktivitas yang akan bertambah. Maka dari itu tidak akan sempat untuk menggunakan perawatan, ditambah lagi ketika musim hujan tiba akan membuat hasil perawatan menjadi hilang karena terka air hujan tersebut. Selain memberikan perawatan dari luar, bisa juga memberikan perawatan dari dalam yaitu pemenuhan nutrisi yang sesuai untuk kulit.

Memperbanyak minum air putih dan memakan sayur dan buah akan membantu menjaga kulit akan semakin terawat dan tampil indah mempesona. Hindari beberapa larangan yang bisa menyebabkan kulit menjadi rusak atau pemakaian produk kosmetik yang mengandung merkuri atau alkohol karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan kulit.

Tags:

Related to: Tips Kesehatan : Cara Merawat Kulit Musim Penghujan