Tumbuhan Obat Tradisional Kolesterol Tinggi Daun Salam

November 12, 2016

Tumbuhan Obat Tradisional Kolesterol Tinggi Daun SalamKolesterol merupakan salah satu penyebab dari timbulnya berbagai macam penyakit yang berbahaya. Beberapa diantara penyakit yang diakibatkan oleh tingginya kolesterol tersebut adalah stroke, penyakit jantung, darah tinggi dll. Karena banyaknya fenomena tersebut, seringkali kita melihat iklan obat untuk menurunkan kolesterol.

Apa Pengertian Dari Kolesterol?

Yang pertama harus Anda ketahui adalah pengertian dari kolesterol. Definisi kolesterol adalah lemak yang berada di dalam tubuh manusia, yang dihasilkan oleh organ hati.

Kolesterol terdapat dua jenis, yaitu kolesterol LDL dan kolesterol HDL. Setiap jenis kolesterol tersebut berbeda. LDL atau Low Density Lipoprotein adalah jenis kolesterol  jahat yang menyebabkan terjadinya pengendapan pada arteri tubuh sehingga memicu terjadinya penyakit jantung atau stroke.

Sedangkan HDL atau High Density Lipoproterin adalah kolesterol baik yang terdapat di dalam tubuh dan tidak mengendap pada arteri, dapat berfungsi untuk melindungi pembuluh darah dari adanya Aterosklerosis yaitu terbentuknya plak pada bagian dinding pembuluh darah sehingga dapat melindungi jantung dari serangan penyakit jantung coroner.

Gejala Penyakit Kolesterol Tinggi

Kolesterol di dalam tubuh manusia menyebar ke seluruh bagian-bagian tubuh tertentu, seperti kulit, otot, saraf, otak, hingga ke bagian jantung.

Dalam keadaan normal, seseorang memiliki kadar kolesterol sebanyak 160-200 mg, sedangkan kolesterol dapat dikatakan berada dalam fase yang berbahaya jika melebihi 240 mg, karena dapat menyebabkan orang tersebut terkena stroke.

Total Kolesterol :
<200 mg/dl = kolesterol ideal
200-239 mg/dl = ambang batas mengalami resiko tinggi
240> mg/dl = resiko tinggi

Lalu, Apa Saja Gejala Awal Penyakit Kolesterol Tinggi?

Gejala penyakit kolesterol tinggi yang biasanya sering terlihat adalah adanya benjolan berwarna merah, atau yang biasa disebut dengan nama xanthomas. Selain itu, gejala kolesterol tinggi yang lainnya adalah kesemutan, rasa sakit pada persendian dan mengalami pusing atau migrain yang sering kambuh. Namun, pada beberapa kasus kolesterol tidak menunjukkan gejala yang spesifik.

Baca Juga  Cara 6 Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami Dengan Cepat

Menurut salah satu dokter mengatakan, bahwa tanpa menggunakan obat-obatan kadar kolesterol dapat diturunkan dengan cara menerapkan pola hidup yang sehat. Meskipun tubuh membutuhkan kolesterol, tetapi organ hati telah menghasilkan kolesterol sebanyak 80%, sehigga kolesterol untuk tubuh pun sudah dapat terpenuhi tanpa harus menambahkan kolesterol dari luar.

Jika Anda ingin mengetahui, apakah Anda terkena penyakit kolesterol tinggi atau tidak, Anda dapat melakukan pemeriksaan ke dokter dengan melakukan tes laboratorium. Karena kolesterol yang tinggi jika tidak terkontrol sangat berbahaya, dapat menyebabkan terjadinya penyempitan pada pembuluh darah, stroke, bahkan terkena serangan jantung.

Selain harganya yang sangat mahal, obat kimia tersebut umumnya memiliki efek samping yang buruk bagi ginjal maupun organ hati. Maka dari itu, sebagai langkah yang tepat, anda bisa mengganti obat-obatan kimia tersebut dengan obat tradisional kolesterol tinggi yang lebih alami.

Tumbuhan Obat Kolesterol Tinggi

obat-tradisional-kolesterol-tinggi

Anda bisa mengandalkan beberapa tumbuhan obat yang ada di sekitar kita sebagai ramuan untuk mengatasi kolesterol tinggi. Salah satu bahan yang murah dan mudah didapat tersebut adalah bumbu dapur salam. Tumbuhan obat kolesterol tinggi ini bisa dibuat sebagai minuman tradisional yang nikmat.

Cara pembuatannya pun sangat mudah, sebab hanya dengan cara direbus. Anda bisa mendidihkan air sebanyak 600 cc dan memasukkan 7 lembar daun salam serta 30 gr daun ceremai. Rebus ramuan tersebut hingga tersisa 300 cc dan konsumsilah setiap hari secara teratur.

Dengan menggunakan obat tradisional kolesterol tinggi tersebut, anda bisa merasakan manfaatnya setelah kurang lebih 3 minggu. Memang menggunakan cara tradisional ini relatif lebih lama jika dibandingkan dengan obat-obatan kimia.

Cara Mencegah Kolesterol Tinggi

Namun, perlu diketahui jika menggunakan cara alami ini lebih baik dibandingkan obat kimia yang justru akan berdampak buruk bagi kesehatan kita nantinya. Terlebih jika obat-obatan kimia dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang. Maka efek yang ditimbulkannya pun juga tidak main-main, seperti ginjal dan kerusakan hati.

Baca Juga  Setelah Minum Obat, Hindari Mengonsumsi Makanan Ini

Sebagai langkah tepat untuk pencegahan, anda bisa mengubah pola makan anda dan mengganti dengan makanan yang lebih sehat. Hindarilah jenis makanan yang berlemak seperti makanan yang digoreng atau daging-dagingan sebagai cara mencegah kolesterol tinggi.

Perbanyak sayur dan buah-buahan sebab kandungan serat dalam sayur dan buah mampu melarutkan kadar kolesterol dalam tubuh. Konsumsilah air putih setidaknya 2 liter setiap harinya. Dan diperbolehkan mengkonsumsi obat tradisional kolesterol tinggi dari daun salam diatas sebagai langkah pencegahan.

Beberapa jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita penyakit kolesterol tinggi :
1)    Jenis goring-gorengan dan yang mengandung mentega.
2)    Susu yang mengandung lemak tinggi, sosis dan keju.
3)    Daging sapi, gajih sapi, gajih kambing atau jenis jeroan.
4)    Makanan seafood, seperti kepiting, kerang, udang, siput dan jenis lainnya yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

Berikut ini jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi karena memiliki kandungan kolesterol yang sangat tinggi :
1)    Kuning telur.
2)    Cumi-cumi.
3)    Telur puyuh.
4)    Otak sapi.

Demikianlah artikel mengenai ciri-ciri gejala awal penyakit kolesterol tinggi. Dengan selalu menerapkan pola hidup yang sehat, seperti mengatur pola makan yang baik, sehat dan teratur, juga selalu menjaga kebugaran tubuh dengan olahraga teratur seperti lari, treadmill dan aerobik sebanyak 3 hingga 5 kali dalam seminggu, maka kolestero jahat dalam tubuh pun akan menurun dan kolesterol baik akan meningkat.


 

 

Tags: , , , , , , , , ,

Related to: Tumbuhan Obat Tradisional Kolesterol Tinggi Daun Salam