Turunkan Tekanan Darah Dengan Manfaat Daun Kelor Untuk Darah Tinggi

August 14, 2015

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang terkena hipertensi baik faktor fisik maupun psikis. Pada kebanyakan orang, tekanan darah tinggi biasanya tidak menunjukkan gejala hingga tekanan tersebut mencapai batas ambang yang bisa ditoleransi tubuh. Ketika ini terjadi berbagai penyakit akan hinggap di tubuh Anda dan tidak main-main penyakit tersebut biasanya merupakan penyakit serius yang mengancam nyawa. Namun untungnya tekanan darah mudah dideteksi dengan alat tensi darah sehingga Anda bisa mengontrol terus kondisinya dalam tubuh dan melakukan pengobatan atau pencegahan  jika tekanannya tinggi. Salah satu jenis pengobatan alternatif yang ampuh adalah manfaat daun kelor untuk darah tinggi.

manfaat daun kelor untuk darah tinggi

  • Resiko tekanan darah tinggi

Berikut ini kami jelaskan beberapa faktor yang membuat resiko darah tinggi menjadi naik dimana beberapa diantaranya dapat diatasi dengan manfaat daun kelor untuk darah tinggi.

–       Obesitas

Orang dengan berat badan berlebih lebih rentan mengalami darah tinggi jika dibandingkan orang dengan berat badan ideal. Hal ini disebabkan lebih banyaknya lemak tubuh pada orang yang obesitas. Lemak tubuh ini tidak hanya ditimbun di jaringan bawah kulit, namun juga bisa mengendap di pembuluh darah sehingga pembuluh darah menjadi sempit. Jika pembuluh darah diibaratkan sebuah selang dan darahnya adalah air maka ketika diameter selang dipersempit sedangkan volume air yang mengaliri selang tetap maka air lebih berdesak-desakan sehingga tekanan air ke dinding-dinding selang menjadi lebih besar.

Baca Juga  Berbagai Manfaat Bawang Merah Bagi Manusia

–       Terlalu banyak mengkonsumsi garam

Senyawa garam bersifat menarik air sehingga jika di dalam darah terlalu banyak garam, zat ini akan menarik air dari sekelilingnya. Hal ini meningkatkan volume darah yang menyebabkan tekanan darah pada dinding-dinding pembuluh menjadi tinggi.

–       Rendahnya jumlah potasium yang dikonsumsi

Jika bahan makanan yang Anda konsumsi terlalu mengandung sedikit potasium maka kebutuhan tubuh akan zat ini tidak tercukupi. Fungsi potasium adalah menyeimbangkan keberadaan sodium. Sodium ini adalah senyawa garam sehingga jika potasium sedikit dan sodium banyak hal yang terjadi adalah tekanan darah tinggi.

–       Kurangnya asupan vitamin D

Vitamin D berkontribusi dalam proses pembentukan enzim di ginjal yang berperan dalam banyak sedikitnya jumlah air yang diserap kembali dalam tubuh dan banyak sedikitnya air yang dikeluarkan ke dunia luar.

–       Kondisi psikis

Denyut jantung yang tidak teratur pada orang yang sedang mengalami stress mengakibatkan tekanan darah ke pembuluh-pembuluhnya menjadi naik.

–       Mengidap penyakit tertentu

Ada beberapa penyakit yang berhubungan dengan sistem kardiovaskular sehingga penyakit-penyakit tersebut dapat mempengaruhi kenaikan tekanan darah. Penyakit-penyakit tersebut yakni tingginya kadar kolesterol darah, tingginya darah gula darah yang menyebabkan diabetes, dan penyakit ginjal yang mempengaruhi pada penyaringan darah.

 

  • Khasiat daun kelor dalam mengobati tekanan darah tinggi 

Rahasia manfaat daun kelor untuk darah tinggi terletak pada kandungan vitamin dan mineralnya. Daun kelor menggandung vitamin D yang dapat membantu proses pembentukan enzim di ginjal. Sebagaimana telah dijelaskan diatas, jika tubuh kekurangan vitamin D maka resiko darah tinggi semakin meningkat. Dengan adanya asupan vitamin D yang tinggi pada daun kelor hal ini dapat dihindari.

Baca Juga  Tips Cepat Kurus Remaja Tanpa Olah Raga dan Obat

Disamping itu daun kelor kaya akan potasium sehingga kadar sodium dalam darah dapat dikendalikan yang implikasinya pada penurunan tekanan darah tinggi. Kandungan fitosterol dalam daun kelor juga dapat menggantikan peran kolesterol jahat dalam darah. Glibenklamidnya mampu meningkatkan kinerja sel-sel pankreas dalam memproduksi insulin yang dapat mengatasi masalah diabetes. Dengan mengkomsumsi daun kelor, aliran darah pun menjadi lancar sehingga resiko pengendapan zat-zat yang dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi bisa dihindari.

Demikian penjelasan singkat mengenai manfaat daun kelor untuk darah tinggi. Dengan membaca artikel ini dan menerapkan isinya, tekanan darah tinggi Anda dapat kembali normal.

Tags: , ,

Related to: Turunkan Tekanan Darah Dengan Manfaat Daun Kelor Untuk Darah Tinggi