Virus Hepatitis Sama Bahaya Dengan AIDS dan TBC

August 2, 2016

Selama ini banyak penelitian yang mengatakan, bahwa pembunuh manusia terbesar adalah jenis penyakit yang menyerang kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke serta diabetes, kanker pada organ vital sdan HIV/AIDS.
Virus Hepatitis

Tetapi banyak yang tidak mengetahui, bahwa penyakit hepatitis atau peradangan hati adalah penyakit yang lebih banyak menjatuhkan korban pada suatu negara dibandingkan dengan AIDS dan TBC. Nata Menabde, perwakilan dari WHO mengatakan, ada 600.000 orang yang meninggal setiap tahunnya karena penyakit hepatitis B yang merupakan salah satu penyakit yang 100 kali lebih mematikan dibandingkan AIDS.

Angka kematian yang disebabkan karena virus hepatitis jumlahnya sama dengan AIDS atau TBC. Pada tahun 2013 terdapat 1,45 juta yang disebabkan virus hepatitis dan komplikasinya, walaupun ada vaksin dan perawatan.

Data yang ditunjukkan oleh World Health Organization (WHO) pada tahun 2014, bahwa terdapat 1,2 juta jiwa yang meninggal karena AIDS. Sedangkan kematian yang disebabkan TBC sebanyak 1,5 juta jiwa. Oleh karena itu, WHO sudah mengajukan strategi global untuk mengatasi virus hepatitis.

Baca Juga  Download Data Penelitian Kemenkes Secara Gratis Memudahkan Masyarakat

Virus hepatitis sendiri mengacu pada 5 (lima) bentuk virus yang berbeda, yang dikenal sebagai A, B, C, D, dan E. Seperti yang dilansir dari BBC, beberapa dari virus tersebut dapat menyebar melalui kontak atau tubuh yang terinfeksi cairan. Sedangkan untuk jenis virus A dan E dapat menular melalui makanan atau melalui air yang terkontaminasi.

Selain itu, sebagian besar kematian yang terjadi di seluruh dunia disebabkan oleh virus hepatitis B dan C, yang mengakibatkan terjadinya kerusakan pada hati serius dan dapat memicu terjadinya kanker hati. Namun pada awalnya penderita tidak selalu merasakan gejala infeksi, penderita baru menyadarinya saat memasuki kondisi kronis.

Para ilmuwan dari Imperial College London dan University of Washington melakukan penelitian terhadap data 183 negara yang dikumpulkan pada tahun 1990 dan 2013. Hasil penelitian tersebut menunjukkan, bahwa jumlah kematian yang disebabkan virus hepatitis mengalami kenaikan hingga lebih dari 60% sejak dua dekade terakhir.

“Walaupun sudah ada pengobatan yang efektif dan adanya vaksi untuk virus hepatitis, masalah yang dialami penderita adalah kekurangan uang untuk menjalani pengobatan. Apalagi jika dibandingkan dengan penyakit HIV/AIDS, malaria, dan TBC. Kami mempunyai alat untuk mengatasi hepatitia A dan B, dan kami juga memiliki pengobatan baru untuk hepatitis C. Tetapi harga obat baru di luar jangkauan negara manapun,” ujar Dr. Graham Cooke dari Imperial College London.

Baca Juga  Bahaya Cahaya Lampu yang Mengerikan Untuk Kesehatan

 

Tags:

Related to: Virus Hepatitis Sama Bahaya Dengan AIDS dan TBC