Warga Diminta Untuk Waspada, BPJS Palsu Semakin Banyak Beredar

August 5, 2016

Setelah sebelumnya banyak ditemukan kartu BPJS palsu di daerah Jawa Barat. Kini banyak kepala daerah yang mengimbau warganya untuk semakin waspada dengan peredaran BPJS palsu ini. Salah satunya adalah Wakil Bupati Kabupaten Waykanan Provinsi Lampung, Edward Antony, ia megimbau kepada warganya untuk semakin waspada dengan kemungkinan BPJS palsu yang bisa saja beredar di sekitar mereka. Bila warga masih ragu dengan kartu BPJS yang mereka pegang maka mereka bisa segera melakukan cek atau validasi di kantor BPJS terdekat. Hal ini sangat penting karena pemalsuan BPJS ini amat merugikan masyarakat dan masyarkat adalah satu-satunya pihak yang dirugikan dari adanya kartu palsu ini.

Bapak Edward juga meminta kepada Dinas Kesehatan di wilayah Waykanan untuk melakukan kerjasama dengan BPJS rayon Kotabumi. Kerjasama ini ditujukan dalam rangka untuk melakukan pendataan ulang bagi masyarakat yang memang sudah memiliki kartu BPJS. Hal ini sangat berguna dalam mengantisipasi beredarnya BPJS palsu di daerah Waykanan menurutnya. Kepala Dinas Kesehatan Waykanan, Ibu Farida Aryani, mengimbau kepada seluruh penyelenggara fasilitas kesehatan agar mengantisipasi peredaran kartu BPJS palsu di tengah masyarakat. Rumah sakit swasta, daerah dan juga puskesmas sudah mendapatkan sosialisasi akan hal ini sehingga diharapkan untuk ke depannya tak ada lagi kartu BPJS palsu yang ditemukan di di tengah masyarakat.

Baca Juga  25 Pasien Positif Menjadi Korban Vaksin Palsu di Rs Elisabeth
BPJS Palsu

Jokowi sosialisasi BPJS

Selama ini memang belum pernah ditemukan kasus BPJS palsu untuk di daerah Lampung, khususnya daerah Waykanan. Jika ada kartu BPJS palsu maka pihak yang paling dirugikan adalah pihak masyarakat. Terlebih jika masyarakat telah mengeluarkan uang untuk mendaftarkan diri pada BPJS palsu tersebut. Oleh karena itu pengecekan ulang perlu dilakukan meskipun sementara ini belum ada kasus BPJS palsu ditemukan di daerah ini. Para badang penyelenggara fasilitas kesehatan dan pelayan kesehatan di dalamnya semua sudah diberi penyuluhan. Dengan begini besar harapan agar kasus pemalsuan BPJS ini tak akan terulang lagi.

Ibu Farida Aryani juga memberikan informasi kepada setiap pusat pelayanan kesehatan yang ada di daerahnya agar melakukan pengecekan kartu BPJS setiap ada warga yang akan berobat. Karena jika ditemukan bahwa BPJS tersebut palsu maka masyarakat akan dirugikan dengan harus membayar biaya pemeriksaan yang telah mereka jalani. Jelas ini bukanlah hal yang menyenangkan bagi masyarakat. Terlebih biaya berobat secara umum yang mahal juga akan terasa mencekik bagi masyarakat yang berasal dari kaum menengah ke bawah. Hal ini juga akan memberikan dampak trauma bagi mereka sehingga mereka takut untuk berobat ke rumah sakit lagi.

Baca Juga  Di Jawa Timur Tidak Ada Laporan BPJS Palsu Warga Harus Waspada

Seperti yang terjadi di Jawa Barat sebelumnya. Puluhan hingga ratusan warga terjebak dan menjadi korban dari kasus pemalsuan BPJS. Mereka tidak menyadari jika kartu BPJS kesehatan yang mereka miliki adalah kartu palsu sehingga mereka terpaksa harus membayar sendiri biaya pengobatan mereka sebagai pasien umum. Tentu jika begini masyarakatlah yang akan dirugikan. Hal ini yang tidak diinginkan oleh berbagai kepala daerah lainnya. Mereka tak mau jika warganya menjadi kesulitan dan menderita akibat dari BPJS palsu ini. Jika anda merasa ragu dengan kartu BPJS yang anda miliki maka ada baiknya untuk segera melakukan cek validitas kartu BPJS anda. Cek validitas ini bisa dilakukan di kantor BPJS atau di rumah sakit yang menerima kartu BPJS kesehatan.

Tags:

Related to: Warga Diminta Untuk Waspada, BPJS Palsu Semakin Banyak Beredar