Waspada Jangan Mengabaikan Sakit Kepala Sebelah Kiri

November 11, 2016

Jika anda sering mengalami sakit kepala di sebelah kiri. Anda harus waspada sekalipun kadang tidak berbahaya, akan tetapi ada juga yang serius dan butuh perhatian kusus dalam menanganinya.

Ketika anda mengalami sakit kepala di sebelah kiri, aktifitas anda pasti akan terganggu. Untuk dapat mengatasinya anda perlu mengetahui penyebabnya.

sakit kepala di sebelah kiri

Penyebab sakit kepala sebelah kiri:

 

Sinusitis. Banyak yang menyalahartikan ini sebagai migraine. Anda mengalaminya ketika lapisan sinus di kepala mengalami peradangan, alergi atau terinfeksi infeksi.

Migrain. Migrain sering sekali terjadi pada sisi kepala seeseorang. Meskipun belum dapat diketahui penyebabnya secara pasti namun ketika terjadi anda akan merasakan sisi kepala yang berdenyut-denyut dan rasa sakit yang menusuk. Terkadang merasakan mual dan pengelihatan terganggu.

Penyebab terjadinya migraine yang belum dapat dipastikan namun ini dapat dipicu melalui makanan, hormone, cahaya, alcohol, stress, bebauan atau suara.

Sakit kepala tegang, ketika anda mengalami stress, kurang tidur, telat makan, atau ketegangan otot maka anda dapat mengalami sakit kepala tegang. Anda akan mengalami gejala nyeri tumpul dan tekanan pada satu sisi dan diikuti sakit pada bahu dan leher.

Tumor otak. Penyebab sakit kepala sebelah kiri bisa jadi disebabkan karena tumor. Rasa sakit akan terasa ketika tumor dalam tengkorak telah berukuran tertentu.

Karena struktur tengkorak dan ruang berkembangnya yang sempit, maka ketika tumor membesar maka akan memaksa mengisi area yang sempit tersebut, sehingga adanya tekanan pada kepala yang menyebabkan rasa sakit kepala sebelah.

Baca Juga  Beberapa Cara Untuk Mencegah Uban Tumbuh Di Usia Muda

 

Sakit kepala klaster. Silau cahaya, merokok, cuaca panas, berada di tempat tinggi atau narkoba dapat menjadi pemicu sakit kepala ini.

Sakit kepala klaster.

Selain kepala yang terasa sakit anda juga akan merasakan hidung tersumbat atau berair, mata terasa sakit dan pembengkakan pada bagian wajah.

Pria cenderung lebih sering terkena sakit kepala ini karena faktor keturunan. Sakit ini dapat menyerang seriap hari pada periode waktu tertentu hingga menghilang pada periode tertentu juga.

Stroke. Jika anda mengalami stroke, bisa jadi sakit kepala sebelah kiri anda disebabkan oleh penyakit ini akibat kurangnya aliran darah ke otak akibat tertutupnya saluran karena adanya gumpalan darah.

 

Cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri.

Ada baiknya dalam menangani sakit ini anda terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter. Nanti dokter akan bertanya mengenai ciri-ciri sakit kepala anda,

seperti apa rasa sakitnya dan berapa lama anda mengalaminya. Bila perlu dokter akan menyarankan untuk anda tes CT scan atau MRI.

Setelah anda mengetahu penyebabnya, maka anda akan dapat melakukan hal-hal di bawah ini.

Jika penyebabnya migraine. Sebenarnya tidak ada obat yang dapat mengatasinya akan tetapi ada obat-obatan seperti baproxen, ibuprofen, Tylenol yang dapat mengurangi rasa sakitnya.

Jika pemicunya hubungan intim. Anda dapat mengkonsumsi ibuprofen setengah jam sebelum melakukan hubungan intim agar mencegah sakit kepala. Namun, jika sakit kepala tambah parah sebaiknya anda datang ke dokter.

Baca Juga  Cuaca Buruk Penyakit Demam Berdarah Mulai Menyerang Masyarakat

Jika penyebabnya sinusitis. Dapat diatasi dengan antibiotic yang hanya didapat melalui resep dokter.

Jika penyebabnya sakit kepala tegang. Dengan mengompres bagian kepala yang sakit dengan menggunakan air hangat atau dingin dappat membantu menfurangi rasa sakitnya. Selain itu, anda harus terbebas dari stress, jika anda ingin mengatasinya dengan obat, maka anda dapat mengobatinya dengan pereda sakit kepala yang dijual bebas di passaran.

Jika penyebabnya tumor otak. Penanganan tumor otak tergantung dari ukuran tumornya, dapat diatasi melalui pembedahan, terapi radiasi, kemoterapi atau radiosugery. Ini harus ditangani oleh tim medis.

JIka penyebabnya stroke. Untuk ini harus cepat ditangani di rumah sakit. Ini dapat dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Banyak upaya yang dilakukan untuk dapat mengatasi sakit kepala sebelah kiri. Semoga informasi ini menambah wawasan dan pengetahuan baru bagi anda.

 

Tags: , , , ,

Related to: Waspada Jangan Mengabaikan Sakit Kepala Sebelah Kiri