WASPADA OBESITAS! Kebiasaan Yang Membuat Gemuk Badan

August 12, 2016

Setiap orang pasti memiliki kebiasaan buruk yang sulit untuk dihilangkan. Beberapa orang biasanya malas berolahraga, malas sikat gigi sebelum tidur dan berbagai kebiasaan buruk lainnya. Beberapa orang juga memiliki kebiasaan buruk dalam hal makan yang bisa membuat mereka menjadi bermasalah dengan urusan kesehatan. Kebiasaan makan yang buruk akan membuat seseorang memiliki masalah kesehatan mulai dari masalah berat badan hingga masalah penyakit kronis lainnya.

Kebiasaan buruk dalam hal makan antara lain terlalu sering ngemil, makan di malam hari, kekurangan sayur dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan buruk yang bisa membuat anda menjadi gemuk!

Kebiasaan obesitas

Ilustrasi Obesitas

Terlalu sering mengkonsumsi snack bar

Beberapa orang di daerah perkotaan banyak yang memilih untuk mengkonsumsi snack bar sebagai pengganjal perut. Hal ini mereka lakukan karena kesibukan mereka yang amat padat sehingga mereka memilih snack bar sebagai penunda lapar. Dalam sehari mereka bisa mengkonsumsi snack bar sebanyak atlet pelari. Padahal perlu diketahui bahwa di dalam snack bar sendiri terdapat beberapa zat kimia tambahan dan juga bahan pengawet yang kurang baik bagi tubuh.

Baca Juga  Cara Mencegah Obesitas Dengan Makan Secara Teratur

Untuk mengatasinya, biasakan untuk mengkonsumsi snack bar pada saat dibutuhkan saja. Misalnya seperti saat selesai berolahraga. Konsumsilah snack bar pada saat anda benar-benar tidak bisa keluar untuk makan seperti biasa. Pilihlah snack bar yang memiliki kandungan gula kurang dari 10 gram per 150 kalori.

Makan banyak di malam hari

Kebiasaan buruk anda seperti tidak sarapan atau tidak makan siang hanya akan membuat anda kalap saat makan malam. Kebiasaan buruk ini jelas akan membuat anda menjadi gemuk karena kelebihan kalori yang anda konsumsi pada saat malam hari. Salah satu solusi sederhana yang bisa anda lakukan adalah dengan membawa makanan sehat kemanapun anda pergi. Sebelum pergi ke kantor bawalah bekal untuk makan siang anda. Jika anda tidak sempat, anda bisa membeli roti yang banyak dijual di minimarket. Hal ini akan membantu anda dalam mengatasi kelaparan di siang hari.

Mengkonsumsi karbohidrat berlebihan

Kebiasaan buruk berikutnya yang akan membawa anda ke dalam masalah kegemukan adalah mengkonsumsi karbohidrat yang terlalu berlebihan. Mengkonsumsi karbohidrat memang sangat diperlukan, namun jika mengkonsumsinya secara berlebihan justru akan membuatmu menjadi lebih gemuk. Dan jika kebiasaan ini dilakukan terus menerus bukan tidak mungkin anda akan terserang berbagai penyakit berbahaya. Untuk mengatasi masalah ini maka anda harus mengimbangi konsumsi karbohidrat anda dengan sayuran hijau, buah-buahan dan juga kacang-kacangan yang mengandung serat tinggi. Dan juga anda harus membiasakan untuk menakar konsumsi karbohidrat anda dalam sehari. Jangan sampai mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang besar tanpa diimbangi konsumsi protein dan juga serat.

Baca Juga  Ternyata Menggigit Kuku Juga Bermanfaat untuk Kesehatan
Tags:

Related to: WASPADA OBESITAS! Kebiasaan Yang Membuat Gemuk Badan