Waspadai dan Hindari Penyebab Kanker Getah Bening

November 12, 2016

Penyebab kanker getah bening perlu kita kenali agar penyakit tersebut tidak bercokol di tubuh kita. Bengkaknya kelenjar getah bening yang asalnya tidak disertai rasa sakit jika tidak kita waspadai dan tidak kita lakukan pemeriksaan secara medis, mungkin saja tau-tau menjadi kanker yang jika sudah mencapai stadium lanjut akan sangat sulit disembuhkan. Maka dari itu waspadai selalu setiap pembengkakan yang terjadi pada tubuh kita terutama pembengkakan kelenjar getah bening.

Penyebab Kanker Getah Bening

penyebab kanker getah bening

Tidak ada penyebab kanker getah bening yang bisa ditentukan secara pasti. Hanya saja ada beberapa hal yang terkait dengan kemungkinan resiko kanker getah bening diantaranya:

  1. 1.       Faktor keturunan

Materi genetik pada inti sel dapat membelah secara tidak sempurna yang bisa menyebabkan pertumbuhan abnormal sel. Materi genetik ini diturunkan dari orang tua kepada keturunannya sehingga anak mempunyai sel-sel yang abnormal ini. Jika ketidaknormalan itu terjadi pada sel-sel kelenjar getah bening, maka hal inilah yang dapat menjadi penyebab kanker getah bening.

 

  1. 2.       Kurangnya berolahraga

Olahraga yang kurang menyebabkan sel-sel tubuh berada dalam kondisi tidak sehat dan imunitas tubuh pun menurun. Resiko kanker meningkat seiring masuknya partikel-partikel asing saat kondisi daya tahan tubuh menurun.

 

  1. 3.       Kurangnya istirahat

Istirahat adalah faktor penting untuk menjaga vitalitas tubuh. Begadang semalam suntuk dapat mengganggu proses pembentukan sel-sel darah yang seharusnya memiliki proses optimal saat tubuh sedang istirahat. Asupan oksigen dan nutrisi yang kurang pada sel tubuh dapat menjadi akibat dari tidak optimalnya pembentukan sel-sel darah. Dan lagi-lagi daya tahan tubuh menurun dengan kondisi ini.

Baca Juga  Gejala dan Pengobatan Penyakit Gondongan Pada Anak

 

  1. 4.       Kurang minum air putih

Kebiasaan sederhana yang tidak perlu memakan banyak uang, waktu dan tenaga ini memang sering terlupakan dengan banyaknya aktivitas. Selalu sediakan tempat air minum di sisi Anda dan segera isi kembali jika telah kosong. Apalagi jika pekerjaan menuntut banyak duduk. Air yang berfungsi sebagai pelarut akan membawa zat-zat yang berbahaya bagi tubuh untuk dikeluarkan melalui urine dan keringat. Asupan air yang kurang dapat menyebabkan zat-zat berbahaya tersebut mengendap dalam tubuh sehingga resiko kanker pun meningkat.

 

  1. 5.       Masuknya racun ke dalam tubuh

Racun yang masuk ke dalam tubuh baik sengaja maupun tidak, dapat mempengaruhi pertumbuhan sel dalam tubuh. Terutama sel-sel pada kelenjar getah bening yang berfungsi menangkal keberadaan racun dalam tubuh. Dengan fungsinya ini jika ada racun dalam tubuh maka sel-selnya akan segera bereaksi dengan memproduksi cairan getah bening. Jika racun berada di atas ambang batas yang tidak bisa ditoleransi, maka dapat menjadi penyebab kanker getah bening.

Racun yang masuk secara tidak sengaja dapat berupa zat kimia yang menempel atau bercampur pada makanan seperti keberadaan insektisida pada buah dan sayur. Maka dari itu kebiasaan mencuci bahan makanan pada air yang mengalir sampai benar-benar bersih sangat penting untuk dilakukan. Ditambah banyaknya mengkonsumsi makanan olahan yang tidak sehat karena menggunakan zat aditif berbahaya seperti boraks dan formalin dapat meningkatkan resiko terjangkit kanker.

Baca Juga  Cara Mencegah Kanker Otak

Sedangkan zat asing yang dimasukkan secara sengaja diantaranya diperoleh dari rokok, minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang. Mungkin bagi kebanyakan orang 2 hal yang disebutkan terakhir tidak menjadi kebiasaan, karena mereka sadar akan bahaya dan keharamannya. Namun untuk hal pertama yakni rokok sangat sulit untuk lepas darinya walaupun berbagai gambar peringatan mengerikan telah terpampang jelas pada bungkusnya.

Adanya nikotin pada rokok yang menyebabkan seseorang kecanduan, menjadi penyebab utama sulit lepasnya kebiasaan ini. padahal begitu banyak zat yang merugikan kesehatan terdapat pada sebatang rokok diantaranya adalah Tar yang menjadi pemicu kanker.

 

  1. 6.       Adanya infeksi virus dan bakteri

Virus yang menjadi penyebab utama kanker kelenjar limfa adalah HIV,EBV dan HTLV. Sedangkan bakteri penyebab utama kanker ini adalah Helicobacter. Adanya infeksi virus dan bakteri tersebut mengganggu kekebalan tubuh sehingga rentan akan kanker.

Demikian diantaranya beberapa penyebab kanker getah bening. Semoga kita dapat meminimalisir terjadinya kanker limfa dengan menghindari faktor-faktor penyebab tersebut.

Tags: ,

Related to: Waspadai dan Hindari Penyebab Kanker Getah Bening