Waspadai Inilah Gejala Kanker Otak Priksa Sedini Mungkin Sebelum Terlambat

November 12, 2016

Gejala Kanker OtakKanker Otak adalah suatu penyakit yang menyerang otak, di mana sel-sel kanker muncul dalam jaringan otak.

Kanker Otak merupakan salah satu jenis penyakit yang mematikan. Hingga saat ini, tim medis belum menemukan obat untuk menyembuhkan penyakit kanker otak, selain dengan jalan operasi.

Biaya yang dikeluarkan untuk dapat sembuh dari penyakit kanker otak pun sangat mahal. Dan, tidak sedikit penderita kanker otak yang sudah menjalani berbagai pengobatan dan operasi berakhir dengan kematian dan juga kelumpuhan atau cacat pada penderitanya.

(Baca Juga : Ciri-Ciri Dan Penanganan Penderita Kanker Otak Stadium 4)

Gejala kanker otak yang terjadi disebabkan karena keberadaan tumor yang menekan otak atau tumor yang menghalangi bagian otak, yang menyebabkan otak tidak dapat berfungsi normal seperti pada umumnya.

Gejala Kanker Otak

Gejala kanker otak sangat beragam. Mulai dari gejala yang biasa ditemukan pada gejala pada penyakit yang umum, hingga gejala yang tidak biasa, yang menyebabkan penderita kanker otak menjadi berprilaku seperti orang yang abnormal.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah gejala kanker otak yang biasa terjadi, yang harus diketahui :

  • Sakit Kepala

Sakit kepala adalah salah satu penyakit yang sering terjadi. Namun, yang membedakan sakit kepala yang biasa dengan sakit kepala yang merupakan gejala kanker,yaitu rasa sakit pada kepala yang tidak biasa dan tidak tertahan juga terus-menerus sakitnya berkelanjutan.

  • Muntah-Muntah
Baca Juga  Waspadai dan Hindari Penyebab Kanker Getah Bening

Setiap orang pasti pernah mengalami muntah-muntah. Biasanya, muntah-muntah yang terjadi disebabkan rasa mual pada perut.

Namun, muntah-muntah yang terjadi pada gejala kanker adalah muntah-muntah yang terjadi tanpa sebab dan tanpa alasan yang jelas. Biasanya, muntah-muntah ini terjadi sangat mendadak.

  • Epilepsi

Epilepsi atau kejang-kejang adalah suatu gangguan pada sistem syaraf otak manusia. Epilepsi atau kejang-kejang adalah penyakit yang bisa terjadi dan menyerang siapa saja, tanpa batasan umur.

Biasanya epilepsi dapat terjadi pada seluruh tubuh, atau terjadi kedutan pada satu area tubuh tertentu saja.

  • Menjadi mudah lupa, mudah marah, mengantuk, atau menjadi seorang yang acuh.
  • Menjadi kehilangan sebagian penglihatan, atau menjadi kehilangan sebagian pendengaran.
  • Terjadinya perubahan kepribadian atau perubahan status mental. Seperti prilaku abnormal, menjadi kehilangam karakter yang tidak seperti biasanya.

Dampak Tumor Ganas Pada Fungsi Otak

Dan, penyakit kanker otak atau tumor ganas memiliki dampak pada fungsi otak. Sebagaimana yang telah kita ketahui, bahwa otak memiliki banyak fungsi dalam mengendalikan tubuh kita.

Otak pun terbagi menjadi dua bagian, yaitu otak bagian kanan dan otak bagian kiri. Di mana bagian tersebut memiliki fungsi yang berbeda.

Oleh sebab itu, keberadaan tumor di dalam otak akan dapat menentukan fungsi yang mana yang akan terpengaruh.

Baca Juga  Tips Cara Mencegah Penyakit Jantung Tetap Sehat Alami

Tumor pada bagian otak samping dapat menyebabkan kejang-kejang atau pingsan, mengalami sebuah sensasi penciuman yang sangat aneh, dan dapat menyebabkan masalah kesulitan dalam berbicara maupun mengingat sesuatu.

sel kanker

Tumor pada bagian otak depan dapat menyebabkan perubahan kepribadian, kelemahan pada salah satu tubuh, hingga dapat kehilangan indera penciuman. Sedangkan, tumor pada bagian otak belakang dapat menyebabkan kehilangan pada penglihatan sebelah.

Apabila terjadi tumor pada bagian otak tengah, maka akan mengalami kesulitan dalam berbicara juga memahami kata-kata, kesulitan dalam menulis,

membaca, hingga mengatur sebuah gerakan tertentu. Bahkan, dapat menyebabkan tubuh menjadi mati rasa pada bagian atau sisi tubuh tertentu.

(Baca Juga : Pentingnya Mengetahui Ciri-Ciri Kanker Paru-Paru Sejak Dini)

Bila terjadi tumor pada bagian otak, maka akan menyebabkan kesulitan dalam berjalan, menjadi mudah goyah atau kehilangan keseimbangan dalam tubuh, penglihatan menjadi buram, hingga kesulitan berbicara dan menelan.

Jika tumor yang terletak dan menyerang otak kecil, maka gejalanya adalah dapat menyebabkan kehilangan koordinasi pada tubuh,

menjadi kesulitan berbicara juga berjalan, mata menjadi berkedut, menjadi muntah-muntah, dan leher akan menjadi terasa lebih kaku.

Terimakasih semoga artikel ini dapat membantu sobat lainya untuk selalu menjaga kesehatan.

Tags: , ,

Related to: Waspadai Inilah Gejala Kanker Otak Priksa Sedini Mungkin Sebelum Terlambat