Waspadalah 5 Penyakit Bahaya Yang Membuat Batuk Tak Kunjung Sembuh

March 11, 2016

Ketika musim hujan atau musim pancaroba telah tiba, mungkin Anda akan mendengar suara batuk dari orang-orang yang berada di sekitar Anda, dan seolah mereka saling sahut-menyahut dalam kondisi batuk.

Meskipun hal tersebut adalah hal yang sangat umum tejadi, tentu saja kondisi batuk sangat mengganggu penderitanya, sehingga menjadi tidak nyaman dalam melakukan aktivitasnya, karena rasa menggelitik pada tenggorokan.

Pada umumnya, batuk dapat sembuh dengan cepat dala waktu yang singkat. Lalu, bagaimana dengan kondisi batuk yang tidak kunjung sembuh dalam waktu yang lama, bahkan Anda telah mengkonsumsi obat antibiotik yang diberikan oleh dokter?

Ternyata batuk tidak hanya disebabkan atau berkaitan dengan penyakit flu. Batuk juga dapat menjadi salah satu gejala dari adanya penyakit lain yang menyerang tubuh kita. Hal ini biasanya terjadi berkaitan dengan kondisi batuk yang kronis, atau batuk yang telah berlangsung lama dan tidak kunjung sembuh, seperti berlangsung selama beberapa minggu, tapi batuk tidak juga reda.

 5 Penyakit Yang Menyebabkan Batuk

batuk

1.    Penyakit Bronkitis

Keadaan yang disebabkan oleh flu, kadang membuat tenggorokan menjadi terasa kering juga batuk yang terus menggelitik tenggorokan, dan diiringi oleh gejala lainnya seperti menjadi pilek juga sakit pada tenggorokan. Tetapi, jika batuk adalah penyebab utama juga berangsung dalam waktu yang lama, kemungkinan yang tejadi Anda mengalami bronkitis akut.

Bronkitis akut dapat menyebabkan tejadinya batuk yang produktif basah, dan biasanya keadaan batuk tersebut disertai dengan kaluarnya dahak atau cairan lendir yang berwarna. Untuk menentukan jenis bakteri atau virus menyerang seseorang, warna dahak bukanlah cara yang tepat dan efektif, dalam menentukan virus dan bakteri tersebut.

Baca Juga  Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Penyakit Diabetes

Meskipun dahak tersebut berwarna cokelat ataupun gelap, yang bisa saja hal tersebut terjadi karena disebabkan oleh adanya infeksi, dan tidak menutup kemungkinan hal tersebut terjadi karena disebabkan oleh adanya virus juga. Biasanya batuk akut yang disebabkan oleh terjadinya bronkitis, berlangsung hingga 18 hari.

2.    Penyakit Asma

Asma merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan seseorang mengalami batuk kronis. Bagi orang yang mengalami penyakit asma, tabung yang berfungsi membawa udara ke dalam paru-paru menjadi berkerut. Hal inilah yang menyebabkan seseorang mengalami mengi, sesa napas, hingga memicu terjadinya batuk kering. Bahkan terdapat jenis asma yang disebut sebagai asma dominan batuk.

Asma dominan batuk merupakan suatu kondisi yang terjadi di mana batuk adalah satu-satunya gejala yang ditunjukkan saat terjadinya penyakit asma. Melalui pemeriksaan pernapasan atau fungsi paru-paru, biasanya penyakit asma didiagnosis.

Jika hasil tes pemeriksaan menunujukkan keadaan yang normal, maka dokter akan memberikan saran untuk melakukan pengujian hiperaktivitas pada saluran pernapasan Anda, agar dapat melihat dan mengetahui penyebab batuk yang Anda alami.

3.    Penyakit Pneumonia

Penyakit pneumonia terjadi biasanya disebabkan dengan gejala batuk yang akut dan produktif, serta diiringi dengan terjadinya perubahan pada warna dahak atau bahkan dahak keluar dengan cairan darah. Pneumonia memiliki potensi menjadi penyakit yang serius, dan diobati dengan menggunakan antibiotik yang diberikan sesuai dosis dari dokter. Gejala lainnya selain batuk adalah menjadi demam, mudah lelah, sesak napas dan tubuh menggigil.

Baca Juga  8 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Yang Hitam

4.    Kanker Paru-Paru

Kanker Paru Paru

Jika Anda mengalami kondisi batuk yang tidak kunjung sembuh dalam beberapa minggu, kemungkinan yang Anda alami adalah gejala dari adanya sel kanker pada paru-paru atau kanker paru-paru. Kemungkinan bertahan hidup bagi penderita kanker paru-paru masih sangat rendah, sehingga membuat Anda mungkin menjadi khawatir.  Hanya 17% orang yang didiagnosis terkena penyakit kanker paru-paru dapat bertahan hidup selama 5 tahun ke depan.

5.    Gastroesophageal Reflux Disease atau GERD

GERD merupakan salah satu penyebab yang paling umum terjadi batuk dalam waktu yang cukup lama, atau penyebab dari batuk kronis. Tetapi, kemungkinan hanya sedikit orang yang mengetahui, bahwa GERD adalah salah satu penyakit yang terjadi, yang biasanya muncul disebabkan oleh kondisi kesehatan umum seperti batuk, mulas atau asam lambung.

Tags: , , , ,

Related to: Waspadalah 5 Penyakit Bahaya Yang Membuat Batuk Tak Kunjung Sembuh