4 Bahaya asam cuka untuk ibu hamil, Hati Hati Jangan disepelekan

22 January 2018 12:41
January 22, 2018

Bahaya asam cuka untuk ibu hamil adalah salah satu zat berbahaya untuk pertumbuhan janin dalam rahim ibu hamil karena asam cuka mengandung senyawa asam asetat yang merupakan senyawa kimia organic dapat memberikan asam sangat tinggi sehingga tidak baik untuk kandungan ibu hamil.

Asam cuka adalah salah satu senyawa kimia organic yang dikenal untuk memberikan rasa asam pada makanan dan digunakan sebagai penyedap rasa pada makanan. Disamping banyaknya manfaat untuk makanan tetapi ternyata asam cuka ini memiliki dampak negatif untuk ibu hamil karena tingkat keasamannya yang sangat tinggi sekali.

Dikarenakan pada ibu hamil sangat menyukai makanan makanan yang memiliki tingkat keasaman tinggi oleh karena itulah sering kali mengkonsumsi makanan makanan yang menggunakan asam cuka di dalamnya pada saat inilah sangat berbahaya karena ibu tidak mengetahui bahwa di dalam makanan tersebut mengandung asam cuka yang membahayakan janin nya sebab mengkonsumsi makanan yang mengandung asam cuka terlalu banyak akan memberikan akibat negatif bagi janin.

Beberapa Bahaya Asam Cuka untuk Ibu Hamil

bahaya asam cuka

Di Lingkungan ibu hamil ada terdapat banyak makanan makanan yang memiliki kandungan asam asetat atau asam cuka di dalamnya sehingga menambah nafsu makan ibu hamil semakin banyak karena pada dasarnya ibu hamil menyukai makanan makanan yang bersifat asam. Namun dibalik rasanya yang disukai oleh ibu hamil terkandung dampak negatif bagi ibu hamil serta untuk janinnya berikut adalah beberapa bahaya asam cuka untuk ibu hamil :

  1. Menyebabkan mual

Bahaya asam cuka untuk ibu hamil salah satunya adalah menyebabkan gejala mual baginya karena terjadi kontraksi pada lambung yang dapat menyebabkan mual. Pada sebagian besar masyarakat menganggap asam cuka sebagai obat untuk menghilangkan gejala mual tetapi malah sebaliknya dari anggapan anggapan itu bahwa asam cuka bisa meningkatkan gejala mual pada ibu hamil.

  1. Menyebabkan diare

Bahaya asam cuka untuk ibu hamil selanjutnya adalah menyebabkan diare karena jika mengkonsumsi asam asetat atau asam cuka dalam jumlah banyak akan berdampak negative bagi tubuh ibu hamil seperti menyebabkan penyakit diare yang disebabkan oleh kontraksi lambung.

  1. Menyebabkan infeksi pada usus

Hal yang paling besar dari dampak negative asam asetat atau asam cuka yaitu dapat menyebabkan infeksi pada organ usus pada manusia maupun terutama pada ibu hamil karena mengkonsumsi asam cuka dengan berlebihan dapat mengakibatkan peradangan pada usus. Jika pada ibu hamil mengalami penyakit infeksi pada usus maka sangat berbahaya karena penyakit ini dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan ibu.

  1. Menyebabkan iritasi lambung

Mengkonsumsi asam cuka yang berlebihan tidak hanya bisa menyebabkan peradangan pada usus saja namun juga bisa menyebabkan iritasi pada lambung ibu hamil yang tentu akan sangat mengganggu tumbuh kembang janin dalam kandungan ibu hamil. Hal ini terjadi karena tingkat keasaman asam cuka terlalu tinggi sehingga merusak dinding lambung yang bertekstur lunak sensitif terhadap cuka.

Hal ini dapat diketahui dengan adanya beberapa gejala seperti lambung mulai terasa panas yang menjadi salah satu gejala lambung mengalami iritasi oleh karena itulah dianjurkan untuk ibu hamil agar tidak mengkonsumsi asam asetat atau asam cuka dengan berlebihan cukup mengkonsumsinya dengan porsi secukupnya saja karena jika berlebihan akan berakibat buruk bagi ibu hamil serta bagi janin yang dikandungnya.

Tag : amankah mengkonsumsi cuka saat hamil, cuka bagi ibu hamil, bolehkah ibu hamil makan cuka, cuka untuk ibu hamil, bahaya kah konsumsi cuka untuk ibu hamil, pengaruh cuka pada ibu hamil, Bahaya cuka pempek buat ibu hamil, bahaya cuka bagi ibu hamil, asam cuka saat hamil, apakah boleh ibu hamil makan cuka, 

Artikel Terkait:

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Tags: , ,

Related to: 4 Bahaya asam cuka untuk ibu hamil, Hati Hati Jangan disepelekan