4 Bahaya Bilirubin Apabila Menjangkiti Tubuh

December 4, 2017

Bahaya bilirubin atau penyakit kuning bisa mengancam siapa saja, dari mulai bayi hingga orang dewasa. Penyakit ini baru mulai dirasakan oleh manusia ketika bilirubin diproduksi dalam jumlah banyak.

Bahaya bilirubin bisa mengancam kesehatan siapapun tanpa memandang usia. Bilirubin adalah limbah yang dihasilkan oleh sel darah merah yang rusak. Limbah ini kemudian dikeluarkan melalui saluran pencernaan dan ikut terkonsentrasi di dalam feses.

Bilirubin memiliki warna coklat hingga kuning pekat dan bisa mempengaruhi warna feses. Cara menstabilkan bilirubin bisa melalui kebiasaan hidup sehat dan olahraga teratur.

Kadar normal bilirubin direct dan indirect setiap orang berbeda-beda, tergantung pada kadar haemoglobin atau sel darah merah yang ada di dalam tubuh. Namun ada satu tanda seseorang menderita kelebihan bilirubin, yaitu bisa dilihat dari warna mata dan kulit yang berubah warna menjadi kuning juga adanya gangguan pencernaan seperti diare dan muntah. Berikut adalah beberapa bahaya jika tubuh kelebihan bilirubin.

Bahaya Bilirubin Dalam Jumlah Banyak

penyakit kuning pada bayi

1. Kelumpuhan Otak

Kelebihan kadar bilirubin pada tubuh manusia dapat menimbulkan dampak yang berbahaya, salah satunya yaitu kelumpuhan pada otak. Ketika bilirubin menumpuk pada sel darah merah, maka yang akan terjadi yaitu terganggunya sistem kerja saraf otak yang berakhir pada kelumpuhan otak. Penyakit bilirubin bisa disembuhkan dengan obat tradisional untuk menurunkan bilirubin atau ditangani secara medis.

Bentuk kelumpuhan otak bisa berbagai macam, misalnya penyumbatan pembuluh darah pusat yang menjadi penghubung dengan sistem saraf lain, serangan stroke, kejang-kejang atau epilepsi, serta sering kesemutan pada organ tubuh bagian tertentu. Jika hal ini sudah terjadi, maka pengobatan harus dilakukan dengan jalan medis karena dampak yang di timbulkan sudah mencapai tingkat paling bahaya.

2. Penyakit Kuning

Penyakit kuning adalah salah satu dari sekian bahaya bilirubin yang dimiliki tubuh dalam jumlah banyak. Penyakit kuning atau jaundice ini lebih sering menyerang bayi yang baru lahir. Salah satu penyebabnya adalah lemahnya daya tahan tubuh bayi sehingga sangat rentan terserang berbagai macam virus.

penyakit kuning

Mata Menguning Merupakan Ciri-ciri kelebihan Bilirubin

Pertolongan pertama yang bisa diberikan pada bayi yang menderita kelebihan bilirubin yaitu dengan memberikan ASI eksklusif dari ibu. Hal ini bisa menjadi salah satu cara menurunkan bilirubin pada bayi dan hasilnya terbukti ampuh. ASI yang diberikan kepada bayi mengandung berbagai macam nutrisi, anti bodi dan anti oksidan yang sangat dibutuhkan oleh bayi yang baru lahir.

3. Gangguan Fungsi Hati

Hati adalah salah satu organ tubuh manusia yang memiliki peran penting, yaitu sebagai penyaring racun yang ada dalam tubuh. Jika hati terlalu banyak menampung zat beracun yang masuk ke dalam tubuh, maka fungsinya akan terganggu dan akan mengalami kerusakan. Kadar bilirubin berlebih yang terkandung di dalam sel darah merah juga bisa mengganggu fungsi hati.

Penyebab bilirubin tinggi yaitu banyaknya sel darah merah yang rusak dan pecah. Keadaan ini diakibatkan oleh pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Untuk mencegah terjadinya oeningkatan kadar bilirubin, sebaiknya biasakan makanan yang sehat dan segar, serta biasakan untuk menjaga pola hidup seperti rajin olahraga, tidak merokok, dan sebagainya.

4. Gangguan Fungsi Empedu

Fungsi empedu di dalam tubuh adalah sebagai penampung sisa metabolisme pada tubuh. Ketika sel darah merah banyak yang rusak, lalu bagian yang rusak ini ikut masuk ke dalam kantong empedu untuk kemudian dibuang bersamaan dengan feses. Jika empedu terlalu banyak menampung bilirubin, maka kotoran akan menjadi keras dan sulit dikeluarkan. Pada akhirnya akan terjadi penyumbatan empedu dan menimbulkan tumor.

Selain bahaya bilirubin yang telah diulas diatas, masih banyak bahaya lainnya yang diakibatkan oleh kadar bilirubin yang tinggi. Untuk mencegah penyakit menjadi bertambah parah maka sebaiknya konsumsi buah, makanan, dan sayuran yang bisa menurunkan kadar bilirubin.

Artikel Terkait:

Tags: ,

Related to: 4 Bahaya Bilirubin Apabila Menjangkiti Tubuh