4 langkah Ini Cara Mengobati Gusi berdarah, Agar Tidak Infeksi

21 March 2018 15:11
March 27, 2018

Gusi berdarah adalah salah satu penyakit yang sering mengganggu manusia oleh sebab itulah gejala ini sering sekali terjadi karena orang oaring tidak dapat menjaga kesehatan gusi atau mulut secara baik dan benar. Gejala gusi berdarah ini biasanya disadari pada saat menggosok gigi karena pada saat menggosok gigi pasti pada pasta gigi akan ada darah yang berasal dari gusi.

Gusi berdarah ini dapat menyerang siapapun dari anak anak maupun orang dewasa pasti pernah mengalami gangguan mulut ini meskipun gusi berdarah tergolong penyakit ringan tetapi jangan dianggap sepele juga karena kemungkinan gusi berdarah adalah salah satu gejala dari gangguan kesehatan lainnya yang sangat berbahaya.

Factor yang paling sering menghasilkan gusi yang berdarah adalah tidak dapatnya seseorang menjaga kebersihan mulut secara baik dan benar atau kurang diperhatikan untuk itu semua masyarakat harus mengetahui penyebab serta cara merawat gusi ini agar tidak terjadi gangguan gangguan gusi seperti gusi berdarah.

Penyebab utama dari gusi berdarah yaitu terjadinya infeksi yang disebabkan oleh bakteri pada gusi karena orang itu tidak bisa menjaga kebersihan gusi atau mulutnya sendiri dan gusi kotor tersebut disebabkan oleh sisa sisa makanan yang menempel sehingga bakteri akan bersarang pada tempat tersebut karena pada dasarnya bakteri menyukai sisa sisa makanan seperti itu.

Gusi memerah bisa disebabkan karena banyaknya pembuluh darah serta apabila terluka maka akan menyebabkan pembuluh darah tersebut rusak yang akan menyebabkan gusi berdarah.

Beberapa cara Mengobati Gusi Berdarah

gusi berdarah

Gusi berdarah memang tergolong penyakit ringan tetapi tidak harus diremehkan karena bisa saja gangguan gusi tersebut adalah salah satu gejala gangguan kesehatan lain yang memiliki tingkat bahaya sangat tinggi. Berikut adalah beberapa cara mengobati gusi berdarah :

  1. mengganti sikat gigi dengan sikat gigi yang memiliki bagian ujung sangat lembut serta menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride karena seringkali gusi berdarah disebabkan oleh benturan dari ujung sikat gigi memiliki bentuk keras. Oleh karena itulah harus mengganti sikat gigi dengan yang memiliki tekstur agak lembut dan menyikat gigi harus secara perlahan lahan.
  2. cara untuk menyembuhkan gusi berdarah selanjutnya bisa juga dengan cara berkumur karena membersihkan gigi tidak hanya dengan cara menyikat gigi saja dapat juga dengan cara berkumur sehingga dapat membersihkan gigi secara maksimal agar terhindar dari gangguan gangguan mulut lainnya.
  3. untuk mengatasi penyakit gusi tersebut juga bisa dilakukan dengan memberikan asupan makanan yang bergizi terutama makanan yang mengandung banyak sekali vitamin C karena kekurangan vitamin C akan menyebabkan gangguan mulut sebab kesehatan mulut menurun drastis akibat kekurangan vitamin C. Selain vitamin C penuhi juga nutrisi untuk mulut dengan banyak mengkonsumsi sayuran, buah buahan, dan makanan makanan sehat lainnya.
  4. selain memberikan asupan gizi cukup untuk mulut agar tidak terjangkit penyakit gusi berdarah cara lainnya dengan cara banyak mengkonsumsi air mineral jangan sampai mulut sering kering karena pada saat kering itulah bakteri banyak ke tempat tersebut karena mulut kering akan lebih banyak mengandung bakteri dari pada saat mulut basah oleh karena itulah dianjurkan untuk sering sering meminum air mineral sebanyak mungkin minimal 8 gelas dalam satu hari agar dapat mendapatkan manfaat untuk gusi secara maksimal serta kurangi makanan makanan yang kurang sehat.

Artikel Terkait:

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Tags: , ,

Related to: 4 langkah Ini Cara Mengobati Gusi berdarah, Agar Tidak Infeksi