5 Perbedaan Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2, Ayo Ketahui Sebelum Terlambat

15 February 2018 14:25
February 15, 2018

5 perbedaan diabetes tipe 1 dan tipe 2 dapat dibedakan dengan cara berkonsultasi dengan dokter spesialis karena dengan berkonsultasi dengan dokter manusia akan dapat membedakan antara diabetes 1 atau diabetes 2 serta dengan berkonsultasi pada dokter juga dapat untuk pencegahan serta pengobatan penyakit diabetes.

Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang tergolong dalam penyakit berbahaya karena sudah banyak kasus kasus diabetes yang menghasilkan korban jiwa terlalu banyak di dunia maka dari itulah sebagai manusia harus menghindari penyakit ini dengan cara budayakan hidup sehat agar kadar gula dalam tubuh akan diubah menjadi sumber energy tubuh.

Penyakit diabetes sangat berbahaya bagi tubuh manusia karena diabetes disebabkan oleh kadar gula darah atau kadar glukosa dalam tubuh terlalu tinggi sebab tidak dapat diubah menjadi sumber energi oleh organ tubuh manusia yang berakibat penyakit diabetes. Selain itu penyakit ini memang sangat berbahaya karena dapat menyebabkan badan menjadi lemas, daya tahan menurun, system kerja organ tubuh berkurang, serta pemulihan luka pada tubuh akan terhambat.

5 perbedaan diabetes tipe 1 dan tipe 2 memang sangat penting agar setiap manusia bisa mengerti tentang penyakit diabetes yang memiliki bahaya luar biasa bagi kesehatan tubuh. Manusia harus tetap mengenali gejala gejala awal dari diabetes agar dapat mendapatkan penanganan secepat mungkin sebelum terlambat karena jika terlambat akan berdampak fatal seperti kematian.

5 perbedaan Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2 Bagi Kesehatan

5 perbedaan diabetes tipe 1 dan tipe 2 sangat penting untuk dikenali karena masing masing tipe penyakit diabetes memiliki dampak negative bagi tubuh manusia. bahkan dampak kedua tipe penyakit diabetes ini sama sama sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. berikut adalah beberapa perbedaan dari penyakit diabetes 1 dan diabetes 2 :

  1. Tipe 1 merupakan penyakit autonium, serta tipe 2 bukan

Penyakit diabetes akan tumbuh jika seorang manusia bermasalah dengan produksi insulin karena insulin adalah salah satu hormon yang mampu mengubah kadar gula darah menjadi sumber energy tubuh namun jika produksi insulin dalam tubuh mengalami penurunan maka akan berakibat penyakit diabetes timbul sebab penyakit ini adalah suatu bentuk dari kelebihan gula darah atau kelebihan kadar glukosa. Penyebab itu adalah satu satunya penyebab dari penyakit diabetes tipe 1 maupun tipe 2 tetapi kedua tipe ini mempunyai perbedaan spesifikasi yakni jika pasien mengidap penyakit diabetes tipe 1 maka tubuh pasien tidak dapat memproduksi insulin sama sekali. Diabetes tipe 1 ini menyebabkan system kekebalan tubuh manusia menyerang serta menghancurkan sel sel pembuat insulin dalam tubuh yang terdapat pada pancreas. Sedangkan untuk diabetes tipe 2 masih memproduksi sel insulin tetapi tidak dapat untuk mencukupi kebutuhan tubuh manusia.

  1. Mengkonsumsi insulin suatu hal wajib bagi diabetes tipe 1 dan pengobatan diabetes untuk tipe 2

Dikarenakan pada penyakit diabetes tipe 1 sudah tidak dapat memproduksi sama sekali sel insulin maka wajib bagi penderita diabetes untuk mengkonsumsi secara rutin zat insulin yang berfungsi untuk mengubah makanan makanan sehari hari menjadi energy tubuh manusia karena jika tidak mengkonsumsi insulin maka makanan yang dimakan tidak akan menjadi energy serta menyebabkan tubuh menjadi lemas tidak berdaya. Berbeda dengan diabetes tipe 2 yang dapat diobati karena sel insulin masih dapat memproduksi insulin untuk tubuh.

Artikel Terkait:

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Tags: , ,

Related to: 5 Perbedaan Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2, Ayo Ketahui Sebelum Terlambat