5 Tips Berhenti Merokok yang Mudah Dilakukan, Cocok Untuk yang Mau Berhenti aja

11 April 2018 15:50
April 11, 2018

Jika Anda adalah seorang perokok dan bertekad untuk tidak merokok lagi, maka tips berhenti merokok ini bisa menjadi solusinya. Meski sudah banyak larangan dan iklan mengenai bahaya rokok, namun rokok masih saja banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Walaupun begitu beberapa orang juga mencoba untuk berhenti merokok demi memelihara kesehatan mereka. Bagi yang belum atau tidak pernah mencobanya pasti akan susah.

Tips Berhenti Merokok yang Mudah Dilakukan Oleh Perokok

Berhenti rokok

Bagi Anda yang sudah mempunyai keinginan untuk berhenti merokok, tentu harus diniati dengan sungguh-sungguh. Jika Anda belum niat maka Anda hanya coba-coba. Anda juga harus yakin bahwa Anda bisa berhenti merokok karena jika tidak yakin, berhenti merokok hanyalah suatu wacana. Berikut tips berhenti merokok yang bisa Anda coba:

Niat

Hal yang paling penting dan utama adalah niat. Niat baik untuk berhenti merokok merupakan dasar dari proses Anda untuk bisa berhenti ketergantungan dengan rokok. Tanpa niat maka proses itu tidak akan berhasil. Pikirkan alasan mengapa Anda termotivasi untuk berhenti mengkonsumsinya. Yakinkan diri Anda bahwa dengan berhenti merokok akan membuat hidup lebih baik dan lebih sehat dan berdampak positif bagi lingkungan dan keluarga Anda.

Jangan dicicil

Apabila Anda sudah niat untuk berhenti merokok, jangan dicicil seperti yang biasanya habis dua bungkus rokok per hari menjadi satu bungkus rokok per hari. Biasanya orang yang menerapkan cara tersebut hanya akan bertahan selama beberapa minggu saja selebihnya orang itu akan kembali tergoda untuk merokok. Maka dari itu tips berhenti merokok disini yang paling ampuh adalah dengan mencoba satu hari penuh tanpa merokok. Meskipun ini sedikit menyiksa beberapa perokok namun cara ini cukup efektif. Mencicil berhenti merokok sedikit demi sedikit justru akan membuat Anda berat untuk meninggalkan kebiasaan merokok.

Menyeruput air dingin

Menyeruput air dingin dengan menggunakan sedotan merupakan cara yang unik untuk berhenti merokok. Hal ini akan membuat Anda melepaskan dopamin yaitu suatu bahan kimia yang terdapat di otak yang dapat melegakan suasana hati yang tidak baik. Oleh karena itu ketika Anda ingin merokok, segera menyeruput air putih dingin dengan sedotan. Hal itu dapat membuat Anda berhenti merokok perlahan-lahan.

Memasukkan sesuatu ke dalam mulut

Saat Anda ingin berhenti merokok pasti akan timbul perasaan ingin menghisap sebatang rokok ke dalam mulut. Hal ini dikarenakan Anda yang sudah terbiasa merokok dan rasanya akan aneh bila tidak dilakukan. Tips berhenti merokok yaitu cobalah makan makanan ringan seperti snack, keripik, atau makan permen karet yang tidak mengandung gula. Selain itu jangan mengonsumsi alkohol karena akan mematahkan niat Anda untuk berhenti merokok.

Bertahan di dua minggu pertama

Masa-masa terberat dalam proses berhenti merokok yaitu pada dua minggu pertama. Kuatkan diri Anda untuk tidak merokok selama dua minggu dan Anda mulai akan terbiasa dengan hidup tanpa rokok. Jangan sampai Anda tergoda lagi untuk merokok. Hindari segala sesuatu yang membuat Anda ingin merokok seperti menjauh sebentar dengan teman-teman yang merokok agar tidak tergoda.

Menghentikan kebiasaan merokok merupakan hal yang sulit bagi perokok aktif. Namun, bila Anda sudah bertekad bulat untuk tidak lagi merokok maka tidak dapat dipungkiri bahwa Anda pun akan lepas dari yang namanya rokok. Menerapkan beberapa tips berhenti merokok di atas dapat Anda coba. Hal yang paling penting adalah niat dan keyakinan diri Anda sendiri.

Artikel Terkait:

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Tags: , ,

Related to: 5 Tips Berhenti Merokok yang Mudah Dilakukan, Cocok Untuk yang Mau Berhenti aja