5 Tips Diet Sehat dan Aman untuk Kesehatan, No 3 Perlu di Waspadai

5 April 2018 13:09
April 6, 2018

Diet seringkali dilakukan demi menunjang berat badan yang proporsional, sayangnya banyak yang tidak mengetahui tips diet sehat dalam melakukan diet. Alhasil program diet yang dilakukan justru membahayakan kesehatan diri. Jika Anda benar-benar ingin melakukan diet yang aman maka Anda harus mencari bagaimana caranya melakukan program diet yang sehat.

Diet yang sehat berbeda dengan diet cepat, dengan kata lain Anda harus memahami dahulu bahwa program diet cepat belum tentu sehat. Program diet sehat dapat dilakukan dengan berbagai macam cara mulai dari mengatur pola makan dan pola hidup.

Anda yang menjalani diet sehat tidak akan merasa lemas karena asupan gizi tetap masuk dalam tubuh dan kalorinya terbakar menjadi energi. Apabila Anda menjalani diet namun tubuh menjadi lemas dan kurang tenaga, bisa jadi program yang sedang dilakukan adalah pola diet yang salah.

Tips Diet Sehat yang Dapat Dilakukan

diet sehat

Melakukan diet sehat sangatlah mudah, asalkan Anda memiliki kemauan yang bulat dan pantang menyerah. Apa saja tips dan bagaimana cara melakukan program diet sehat? Berikut adalah tips-tips yang harus Anda perhatikan.

  • Kurangi Makanan Junk Food

Makanan cepat saji memang sangat lezat dan nikmat, namun tahukah Anda bahwa makanan cepat saji mengandung banyak sekali lemak jahat. Lemak jahat tersebut yang membuat berat badan Anda terus bertambah. Tips diet sehat yang pertama, mulailah dengan menjauhi makanan cepat saji Anda boleh mengkonsumsinya namun dibatasi.

  • Berolahraga Minimal 3 Jam Per Minggu

Malas berolahraga? Lebih baik mulai sekarang hilangkan rasa malas tersebut dan mulailah berolahraga minimal seminggu sekali. Mulailah sedikit demi sedikit melakukan olahraga, tubuh manusia harus selalu aktif bergerak guna membakar kalori yang ada di dalam tubuh. Anda yang malas berolahraga dapat dipastikan akan lebih mudah memiliki berat badan berlebih dan kondisi tubuh juga menjadi tidak sehat.

  • Stop Makan Di Atas Jam 8 Malam

Makan di malam hari sangat tidak efektif, kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak akan diproses dengan sempurna. Kebanyakan orang setelah makan malam di atas jam 8 pasti akan langsung tidur, kebiasaan inilah yang dapat membuat lemak tertimbun dalam jumlah yang sangat banyak.

  • Hindari Gorengan

Tips diet sehat yang paling umum dan sudah banyak diketahui adalah berhenti mengonsumsi makanan yang digoreng. Sebagai gantinya Anda dapat memilih makanan yang diolah dengan cara dikukus ataupun direbus. Makanan yang digoreng memiliki kandungan lemak jahat dan kolesterol yang dapat merusak kesehatan dan berat badan.

  • Mengonsumsi Beras Merah

Sebagai pengganti nasi putih, Anda yang sedang menjalani tips diet sehat baiknya mulai mengonsumsi beras merah/nasi merah. Beras merah ini memiliki serat yang cukup banyak sehingga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Kandungan gula dalam beras merah pun sangat rendah tidak seperti beras atau nasi biasa.

Itu dia cara diet yang baik untuk menjaga berat badan. Diet sehat yang sudah dipaparkan di atas akan membawa manfaat yang sangat banyak, selain tubuh menjadi ideal kesehatannya pun akan semakin terjaga. Anda tidak perlu lagi khawatir dengan efek samping dari program diet yang dilakukan. Setelah mendapatkan berat badan yang diinginkan, teruslah menjalani pola hidup sehat dan menjaga asupan makanan. Tips diet sehat tersebut guna menjaga berat badan tubuh agar tidak mengalami over weight, semoga berhasil.

Artikel Terkait:

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Tags: , , ,

Related to: 5 Tips Diet Sehat dan Aman untuk Kesehatan, No 3 Perlu di Waspadai