6 Kebiasaan ini Penyebab Bayi Lahir Prematur

November 26, 2017

Penyebab bayi lahir prematur berikut ini dapat memberikan informasi yang lengkap dan akurat bagi Anda yang sedang hamil agar tidak melahirkan secara prematur.

Tahukah Anda apa saja penyebab bayi lahir prematur? Bagi Anda yang sedang mengandung buah hati tercinta tentu saja ingin mengetahui berbagai penyebabnya.

Hal tersebut dikarenakan, sebagai seorang ibu pastinya ingin melahirkan bayi secara normal melalui jalan yang seharusnya dan tidak menginginkan kelahiran bayi secara prematur dengan jalan operasi. Selain itu, melahirkan bayi secara prematur memiliki banyak kekurangannya. Simaklah ulasan berikut ini.

Bayi prematur merupakan bayi yang lahir pada umur 20 sampai 37 minggu. Normalnya, kelahiran bayi terjadi pada umur 40 minggu.

Bayi yang lahir secara prematur memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mengalami berbagai penyakit akibat organ-organ penting seperti jantung belum terbentuk secara sempurna, sehingga membutuhkan perawatan yang khusus. Simaklah informasi berikut ini agar Anda tidak melahirkan bayi secara prematur.

Berikut Penyebab Bayi Lahir Prematur
Penyebab bayi prematur

  • Usia Ibu Saat Hamil

Penyebab utama bayi lahir prematur adalah usia ibu saat hamil. Apabila Anda hamil pada usia kurang dari 20 tahun, maka kemungkinan untuk melahirkan secara prematur lebih tinggi. Pasalnya, organ reproduksi Anda belum matang secara sempurna. Jika usia saat hamil lebih dari 35 tahun, fungsi organ reproduksi Anda telah mengalami penurunan, sehingga bisa saja Anda melahirkan secara prematur.

  • Gizi yang Kurang Lengkap

Gizi merupakan unsur yang penting bagi pertumbuhan janin dalam rahim seorang ibu. Salah satu makanan yang dapat melengkapi gizi ibu yang sedang hamil adalah ikan. Ikan mencegah bayi lahir prematur  karena mengandung protein yang baik untuk pertumbuhan sel-sel dan jaringan, serta DHA yang baik untuk pembentukan sel otak. Selain itu, sayuran hijau, buah, telur dan susu juga mengandung berbagai vitamin dan kalsium yang baik untuk perkembangan tulang.

  • Kesehatan Ibu Saat Hamil

    ibu hamil

Penyebab bayi lahir prematur yang selanjutnya adalah kondisi kesehatan ibu yang sedang hamil. Apabila ibu yang sedang hamil memiliki riayat penyakit yang berbahaya seperti eklamsi atau hipertensi yang disertai kejang dapat melahirkan secara prematur. Selain itu, ibu yang mempunyai penyakit seperti diabetes dan hepatitis tidak memiliki tenaga yang cukup untuk melahirkan secara normal.

  • Jarak Antar Kelahiran

Penyebab melahirkan prematur yang selanjutnya adalah jarak antar kelahiran yang terlalu dekat. Mengapa demikian? Karena organ reproduksi seperti ovarium dan rahim perlu mengalami pemulihan dan perkembangan setelah kelahiran yang pertama.

Apabila terjadi pembuahan dalam waktu kurang dari 3 bulan setelah melahirkan, kemungkinan besar untuk melahirkan selanjutnya adalah dengan prematur akibat organ reproduksi belum pulih secara sempurna.

  • Kebiasaan Merokok

Bagi ibu hamil yang memiliki kebiasaan merokok baik sebelum hamil ataupun sedang hamil lebih beresiko untuk melahirkan bayi secara prematur. Hal tersebut dikarenakan, kandungan senyawa kimia yang terdapat pada rokok dapat menghambat pertumbuhan janin dan dapat merusak fungsi dari rahim Anda. Salah satu cara mencegah bayi lahir prematur adalah dengan tidak merokok dan menghindari asap rokok.

  • Berat Badan Ibu Saat Hamil

Bayi lahir prematur dapat disebabkan karena berat badan ibu saat hamil terlalu kecil atau terlalu besar. Apabila berat badan terlalu kecil, pastinya ukuran pinggul pun kecil. Hal tersebut membuat bayi menjadi susah keluar apabila harus melahirkan secara normal. Namun apabila berat badan terlalu besar, maka akan kesulitan dalam melahirkan secara normal.

Usai sudah rangkuman informasi mengenai penyebab bayi lahir prematur yang dapat Saya berikan. Semoga Anda selalu sehat dan dapat mencegah kelahiran bayi secara prematur.

Tag : ikan mencegah bayi lahir prematur, 

Artikel Terkait:

Tags: ,

Related to: 6 Kebiasaan ini Penyebab Bayi Lahir Prematur