7 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Menurut Islam

9 December 2017 02:34
December 9, 2017

Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh berikut ini dapat membuat Anda menjadi semangat dalam melakukan salah satu rukun islam tersebut. Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh sangatlah banyak. Namun, tidak semua orang mengetahuinya. Puasa merupakan salah satu rukun Islam yang harus dilaksanakan oleh penganutnya.

Biasanya dilakukan pada bulan Ramadhan. Selain itu, terdapat pula puasa sunah seperti puasa senin kamis dan puasa daud yang dilakukukan secara terus menerus dan berpola. Orang yang berpuasa cenderung memiliki kesehatan yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang tidak puasa.

Kesehatan merupakan salah satu unsur yang paling penting bagi manusia. Bagaimana tidak? dengan kondisi tubuh yang sehat, maka segala aktifitas sehari-hari dapat dilakukan dengan mudah dan berjalan secara lancar. Ingin tahu apa saja manfaat puasa menurut Islam? Informasi berikut ini dapat memberikan jawabannya secara lengkap dan mengacu pada sumber yang terpercaya.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan tubuh

manfaat puasa

1. Mengistirahatkan Organ Tubuh

Manfaat puasa bagi kesehatan organ tubuh adalah dapat mengistirahatkan kerja dari beberapa organ tubuh seperti hati, lambung dan ginjal. Hal tersebut dikarenakan, jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh sedikit, sehingga dapat memberikan kesempatan organ-organ pencernaan untuk beristirahat selama beberapa jam. Selain itu, manfaat puasa untuk jantung adalah dapat memperbaiki kekuatan dan vitalitasnya.

2. Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh manusia adalah dapat terhindar dari penyakit kanker. Hal tersebut dikarenakan jumlah pasokan nutrien yang diserap oleh tubuh dan dialirkan melalui darah semakin berkurang, sehingga sel-sel kanker akan melemah sebagai akibat kekurangan nutrien dan kemudian akan hilang dengan cara membelah diri secara cepat.

3. Membakar Lemak

Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah efektif untuk membakar lemak. Pasalnya, kadar glukosa dalam tubuh semakin menurun akibat kurangnya pasokan karbohidrat, sehingga tubuh akan merombak lemak dan menadikannya sebagai sumber energi ketika kita merasa lapar. Lebih dari itu, puasa dapat mengurangi resiko penyakit diabetes karena produksi hormon insulin semakin menignkat.

4. Mencerdaskan Otak

Mencerdaskan otak

Manfaat puasa yang paling penting adalah dapat meningkatkan kecerdasan otak manusia. Saat lambung kosong dan beristirahat dari aktifitasnya, maka otak akan menjadi lebih fokus untuk berpikir dan dapat meningkatkan IQ. Racun pada limfatik akan dibersihkan, sehingga dapat meningkatkan konsentrasi dan energi bagi otak untuk berpikir secara jernih.

5. Memperlambat Penuaan

Puasa dapat memperlambat penuaan karena teradinya pengurangan jumlah kalori yang diserap oleh tubuh. Pasalnya, dengan berkurangnya jumlah kalori, maka dapat mengurangi komposisi lemak tubuh menurunkan kolesterol, dan menstabilkan peredaran darah sehingga nutrisi pada tubuh akan dialirkan secara lancar melalui darah. Selain itu, menurunnya hormon pencernaan dan isulin merupakan salah satu rahasia untuk menghambat penuaan.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat puasa untuk tubuh adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Osaka epang, orang yang berpuasa selama 7 hari mengalami peningkatan sel darah putih. Sel darah putih ini dapat berguna untuk melawan berbagai penyebab penyakit dengan cara memakan atau memusnahkannya.

7. Menurunkan Adrenalin

Saat berpuasa, kadar adrenalin pada tubuh Anda semakin menurun. Hal tersebut akan membuat Anda merasa lebih tenang dan tidak mudah marah. Adrenalin yang tinggi dapat memberikan efek yang buruk bagi kesehatan Anda seperti meningkatkan tekanan darah, memperkecil kontraksi kantong empedu, serta menambah pembentukan kolesterol pada tubuh.

Sekian informasi mengenai manfaat puasa bagi kesehatan tubuh yang telah Saya rangkumkan untuk Anda. Semoga Anda menjadi lebih bersemangat dalam manjalankan ibadah puasa sehingga dapat meningkatkan kesehatan tubuh Anda.

Tag : khasiat puasa kecerdasan, khasiat puasa untuk jantung menurut islam, manfaat puasa bagi kecerdasan, manfaat puasa menurut islam, 

Artikel Terkait:

Tags: ,

Related to: 7 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Menurut Islam