9 Bahaya dan Efek Kelebihan Afolat Untuk Kesehatan

November 22, 2017

Efek Kelebihan Afolat Untuk Kesehatan – Afolat atau yang dikenal dengan nama umum asam folat ini sebenarnya salah satu jenis vitamin dengan sebutan B9. Asam folat ini memiliki peran penting dalam tubuh manusia untuk perkembangan janin dan otak.

Tidak hanya itu saja karena produksi sel darah merah bisa meningkat dan menghindarkan dari penyakit jantung jika Anda mengonsumsinya secara tepat.Untuk kebutuhan afolat ini sudah ada rinciannya yang dibedakan dari usia manusia.

Pada usia di bawah 3 tahun mengonsumsi di bawah 300 mcg , usia 4 sampai 8 tahun sekitar di bawah 400 mcg , untuk usia 9 sampai 13 tahun di bawah 600 mcg , dan untuk dewasa sekitar 1000 mcg atau lebih kurang. Asam folat ini memang dibutuhkan selalu oleh tubuh oleh karena itu perlu disediakan setiap hari.

Namun ada baiknya untuk tidak berlebihan mengonsumsi bahan makanan dengan kandungan asam folat yang lebih karena bisa menyebabkan beberapa gangguan. Berikut ini gangguan yang timbul jika Anda mengonsumsinya secara berlebih.

Bahaya dan Efek Kelebihan Afolat

afolat

Ilustrasi Obat Afolat

Mengganggu Asupan Vitamin B12

Jika kebutuhan asupan vitamin B9 atau asam folat ini berlebih maka akan berpengaruh untuk penyerapan vitamin B12. Tubuh juga sangat membutuhkan vitamin B12 ini untuk berbagai keperluan. Jika tidak seimbang dalam penyerapannya akan menimbulkan gejala buruk akibat kekurangan vitamin B12. Ada baiknya untuk mengatur konsumsi kedua vitamin ini dengan seimbang.

Efek Kelebihan Afolat Sulit Tidur

Kesulitan untuk tidur atau seringnya insomnia kadang disebabkan oleh masalah kelebihan asam folat . Indikasi ini sering sekali terjadi pada banyak orang namun tidak sadar jika penyebabnya hanya karena kelebihan vitamin B9 ini.

Kulit Menjadi Ruam

Biasanya ruam pada kulit berwarna kemerahan. Jika diindikasikan dalam dunia kesehatan, hal ini merupakan gejala akibat kelebihan vitamin B9. Kadang memang tidak selalu karena kelebihan afolat karena indikasi penyakit lain juga menyebabkan kulit menjadi ruam kemerahan.

Sering Merasa Kesemutan

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, ketika tubuh tidak seimbang dalam penyerapan vitamin B12 dan vitamin B9 akan menyebabkan gangguan tubuh seperti kesemutan. Efek kelebihan afolat dan kekurangan vitamin B12 ini memang ditandai dengan gejala kesemutan apalagi di bagian kaki.

Efek Jangka Panjang Mati Rasa

Untuk efek jangka panjang yang akan datang bisa terjadi mati rasa pada beberapa bagian. Tubuh sangat membutuhkan vitamin B12 juga yang berguna untuk menyeimbangkan sistem dalam tubuh. Jika terus menerus kekurangan akan menimbulkan gejala mati rasa.

Gejala Kejang

Beberapa indikasi kesehatan tentang kelebihan afolat ini bisa menyebabkan kejang pada tubuh pengidapnya. Baik dosis yang berlebihan atau dalam kesehariannya mengonsumsi makanan yang mengandung afolat tinggi ini memang berakibat kejang namun bukan hanya karena kelebihan afolat saja karena beberapa penyakit juga mengakibatkan hal yang sama seperti tetanus, meningitis, dan lainnya.

Hipertensi

Gejala penyakit ini juga bisa disebabkan karena tingginya penyerapan vitamin B9 atau asam folat . Bagi pengidap penyakit ini memang tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat secara berlebihan.

Tekanan darah tinggi ini juga lebih berbahaya lagi jika berlangsung terus menerus dalam jangka panjang.Itulah beberapa efek kelebihan afolat dalam tubuh.

Perlu diperhatikan lagi jika anda harus mengatur konsumsi makanan sehat dengan kandungan tertentu. Jika tidak seimbang memang akan mengganggu kesehatan. Imbangi dengan ol ahraga dan istirahat yang cukup agar keseimbangan sistem tubuh tetap terjaga.

Tag : afolat, afolat bahaya atau tidak, afolat com, bahaya afolat, bahaya dan khasiat afolat bagi tubuh, baik buruknya afolat, https://www sehatcenter com/9-bahaya-dan-efek-kelebihan-afolat-untuk-kesehatan/, Seperti apa afolat, 

Artikel Terkait:

Tags: , ,

Related to: 9 Bahaya dan Efek Kelebihan Afolat Untuk Kesehatan