Aneka Ragam Manfaat Pete

May 21, 2017

Manfaat pete atau juga petai memang masih menjadi hal yang dipergunjingkan, karena banyak ahli yang pro ataupun kontra akan manfaat yang dimiliki oleh tumbuhan yang satu ini. Buah pete memang tidak bisa dipisahkan dari kuliner nusantara. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya makanan nusantara yang selalu menggunakan pete dalam masakan yang ada di nusantara. Pete difungsikan untuk memberikan keanekaragaman rasa untuk setiap masakan. Dan pete juga berfungsi untuk meredam rasa pedas dari masakan itu sendiri. Walaupun begitu, pete selalu meninggalkan bau yang kurang sedap untuk dicium. Namun demikian, pete merupakan pelengkap makanan yang sangat susah untuk ditolak kehadirannya.

Manfaat Pete Untuk Kesehatan

Manfaat Pete_1

Untuk menilai suatu bahan makanan itu baik atau buruk bagi tubuh harus melihat kandungan dari bahan makanan itu sendiri. Pete ternyata mengandung berbagai jenis senyawa. Manfaat pete untuk kesehatan tidak terlepas dari berbagai macam senyawa yang ada pada pete memiliki kegunaannya masing-masing, misalnya anti oksidan yang merupakan senyawa yang baik untuk membersihkan tubuh dari berbagai macam toksin atau racun yang bersumber dari radikal bebas. Senyawa radikal bebas seperti Hidrogen peroksida, superoksida anion, dan hidroksil tidak dapat diurai oleh tubuh selain dengan anti oksidan.

Manfaat pete untuk kesehatan lainnya ialah sebagai anti depresi. Kemampuan pete untuk dapat mengembalikan syaraf-syaraf otak yang tegang akibat depresi berat dikarenakan ditemukan sejenis senyawa bernama tryptophan. Senyawa tersebut akan berubah menjadi serotonin akibat campur tangan enzim amylase pada tubuh. Dan senyawa serotonin tersebut merupakan senyawa yang berfungsi untuk mengembalikan syaraf-syaraf otak menjadi tenang. Dengan melihat adanya kandungan senyawa serotonin pada pete, seseorang akan terhindar dari namanya depresi.

Manfaat Pete China

Tumbuhan pete yang ada di Indonesia sangat beragam,  dari jenis lokal hingga asing. Dan untuk jenis pete asing yang cukup digemari di Indonesia adalah pete china. Pete jenis ini sering disebut juga dengan nama petey selong oleh sebagian besar masyarakat Sunda. Dan manfaat pete china tidak kalah dari pete lokal. Walaupun memiliki penampakan yang berbeda, kandungan gizinya diperkirakan hampir sama. Namun, ada satu senyawa yang membedakan yaitu senyawa lemak yang dikandung sangat sedikit, sehingga pete jenis ini sering digunakan sebagai media diet oleh perempuan yang ingin tetap menjaga porsi tubuhnya.

Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil yang akan mengkonsumsi pete jenis apapun, yaitu mengenai masalah kebersihan pada saat menyajikan pete menjadi masakan. Walaupun manfaat pete untuk ibu hamil sangat baik, karena pete mengandung semua senyawa yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, tetapi apabila cara pengolahannya salah akan meninggalkan bakteri listeria. Bakteri yang hidup pada air tenang tersebut akan sangat membahayakan ibu atau bahkan membahayakan janin yang sedang dikandung.

Tag : jenis pete, senyawa racun dalam pete, macam macam pete, macam jenis pete, macam - macam pete, daun obat nyeri sendi, berbagai jenis pete, Apakah petey selong mengandung racun, aneka ragam manfaat, aneka pete, 

Artikel Terkait:

Tags: ,

Related to: Aneka Ragam Manfaat Pete