Apa itu Penyakit Fatty Liver dan Penanganannya

May 9, 2017

Penyakit fatty liver adalah salah satu penyakit yang mematikan. Penyakit fatty liver menyerang organ tubuh yang paling penting yaitu liver atau hati. Penyakit fatty liver atau yang lebih dikenal dengan nama pembengkakan hati ini jika tidak segera tertangani bisa membahayakan nyawa pengidapnya.

Penyakit fatty liver oragan hati berbeda dengan penyakit hati, walau pada dasarnya masih sama-sama menyerang hati namun masih berbahaya penyakit liver karena penyakit tersebut merupakan lanjutan dari fatty liver yang sudah parah.

Bagi Anda yang belum begitu tahu tentang apa itu penyakit fatty liver dan apa saja gejala yang ditimbulkannya akan dijelaskan di bawah ini. Mengingat penyakit ini adalah salah satu penyakit mematikan yang harus diwaspadai dan harus ditindak lanjuti secara cepat.

Mengenal Apa Itu Fatty Liver

penyakit fatty liver

Penyakit ini timbul karena pengaruh pola makan yang tidak sehat terutama sering mengonsumsi makanan berlemak dan berkolesterol.

Lama kelamaan zat kolesterol tersebut akan masuk ke dalam peredaran darah dan mulai disaring oleh hati. Pada saat inilah terjadi penumpukan secara terus menerus yang menyebabkan hati menjadi pembengkakan. Jika dibiarkan terus menerus bisa berpotensi merusak hati yang akan menghilangkan fungsinya pada tubuh manusia.

Darah tidak lagi bisa disaring sehingga pengaruh seperti bakteri dan virus semakin merajalela. Jika sudah begini hanya penanganan medis saja yang bisa dilakukan.

Ada beberapa gejala yang ditimbulkan jika sudah teken penyakit ini seperti nyeri perut, warna kulit berubah kuning, berat badan turun drastis, sampai munculnya penyakit baru seperti hepatitis atau yang lainnya. Dunia medis sendiri pernah meneliti penyakit ini lebih jauh namun yang didapatkan ketika sudah parah baru timbul gejala tersebut. Itulah mengapa perlu kewaspadaan yang tinggi agar bisa segera tertangani.

Fatty Liver Berbeda dengan Sirosis

penyakit fatty liver

Fatty liver adalah penyakit yang mematikan, sama halnya dengan sirosis. Namun perbedaannya ada pada tingkat risiko dan serangannya. Sirosis merupakan tingkat lanjutan dari fatty liver yang tidak tertolong lagi. Fungsi hati nantinya sudah tidak normal lagi dan bisa membahayakan nyawa seseorang.

Jika sudah terkena penyakit ini memang sulit untuk disembuhkan dan hanya bisa menggunakan jalan medis saja. Baik dari obat-obatan yang mahal sampai perawatan tubuh tingkat lanjutan perlu dilakukan untuk menyelamatkan nyawa seseorang. Itulah mengapa pola hidup sehat perlu dilakukan untuk menjaga tubuh dari pengaruh bahaya penyakit yang menyerang.

Pengobatan Fatty Liver

Walau masih pada tahap fatty liver ringan masih bisa disembuhkan dengan mengubah pola hidup sehat yang baik bagi tubuh. Misalkan dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa merontokkan kolesterol dalam tubuh seperti sayur dan buah. Konsumsi secara berkala selama beberapa bulan akan membantu Anda membebaskan diri dari penyakit ini.

Pada kenyataannya ada obat medis yang sudah dibuat namun bisa menjadi ketergantungan dan memiliki efek samping yang bisa terjadi. Selain pola makan yang sehat, Anda juga perlu mengimbanginya dengan olahraga yang teratur.

Olahraga ini berfungsi untuk mengeluarkan dan membakar kolesterol dalam tubuh terutama pada organ penting. Pada awal melakukan olahraga ini memang sulit jika sebelumnya tidak terbiasa, namun dengan langkah awal yang tepat akan bisa mengubah pola hidup sehat yang lebih baik lagi.

Demikian informasi dari pengertian Fatty liver dan bagaimana cara mengatasinya. Jika sudah terkena gejalanya segera memeriksakan diri ke dokter agar penyakit tersebut bisa dideteksi lebih awal. Anda hanya perlu mengubah pola hidup sehat agar tidak terserang penyakit mematikan tersebut.

Tag : apakah fatty liver bisa disembuhkan, apakah fatty liver bisa sembuh total, fatty liver adalah, apa itu fatty liver, pengobatan fatty liver, fatty liver ringan, sembuh dari fatty liver, sakit fatty liver, sakit pada perut bagian kiri, pengertian fatty liver, 

Artikel Terkait:

Tags: ,

Related to: Apa itu Penyakit Fatty Liver dan Penanganannya