Apa Itu Virus Rubella dan Bahayanya Bagi Manusia

August 31, 2017

Virus Rubella adalah virus penyebab penyakit campak Jerman. Mungkin dari beberapa artikel yang membahas tentang penyakit ini pasti akan mengetahuinya. Campak ini sebetulnya hampir sama dengan campak lain namun yang berbeda adalah efek yang timbul pada kulit.

Jika campak kebanyakan membentuk benjolan kecil maka pada campak Jerman ini lebih pada bercak merah pada kulit. Memang bisa disembuhkan tapi jika tidak waspada bisa menyebabkan kematian.

Pada manusia sendiri memang dikenal memiliki antibodi yang sangat kuat sekali dalam menahan berbagai serangan virus, apabila ada yang masuk akan segera dibunuh.

Namun begitu ada dari golong virus tertentu yang sulit sekali untuk dibunuh seperti virus ini. Memang pada penyebarannya, Anda hanya bisa terkena penyakit ini sekali seumur hidup karena bisa menambah kekuatan dari antibodi tubuh.

Gejala Seorang Terkena Virus Rubella

Gejala Virus Rubella

Gejala Virus Rubella

Jika seseorang terkena virus ini memang tidak langsung merasakan sakit namun setelah dua Minggu mulai merasakan gejala penyakitnya. Ada beberapa gejala yang akan terjadi pada Anda jika terserang penyakit campak Jerman ini yaitu suhu tubuh naik secara drastis, kepala menjadi sangat pusing, pilek yang membuat hidung sampai mampet, mata memerah, mengalami inflamasi kelenjar getah bening, nyeri pada sendi, hingga muncul ruam merah di kulit banyak sekali.

Jika Anda mengalami ciri ini sebaiknya segera memeriksakan dril ke pihak medis setempat agar mendapatkan pengobatan yang layak. Bagi ibu hamil sendiri jangan sampai terkena penyakit ini, karena secara otomatis janin yang sedang dikandungnya juga akan terkena. Kebanyakan kasus ini sudah memakan banyak korban jiwa dari janin yang gugur tersebut. untuk itu harus tetap waspada dalam menjaga kesehatan tubuh.

Cara Penyebaran Virus Rubella

Virus Rubella

Lewat Lendir atau Bersin

Seorang yang sudah terjangkit virus ini bisa menularkan pada individu lainnya melalui lendir atau kontak bersin. Maka dari itu perlu diwaspadai jika seseorang mengidap penyakit ini. Nantinya virus akan masuk melalui hidung dan berkembang dengan cepat di dalam tubuh.

Daging Setengah Matang

Menurut beberapa penelitian bahwa virus Rubella ini juga bisa menular pada hewan. Jika ada sapi yang tertular virus ini maka ketika dimasak setengah matang bisa juga menjadi media penyebarannya. Daging yang tidak dimasak secara matang penuh juga akan menjadi media yang sama, maka dari itu perlu menjaga kebersihan dan kehigienisan dari makanan yang Anda konsumsi.

Hubungan Seks

Berhubungan seks dengan orang yang terkena virus ini memang akan terkena virus yang sama. Memang penyebaran virus kebanyakan dari individu satu ke individu yang lainnya karena berhubungan seks ini. Ingat selalu menggunakan pengaman agar tidak terjangkit masalah kesehatan yang serius.

Ibu pada Janinnya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa virus Rubella juga bisa menular langsung pada janinnya. Nantinya akan terjadi masalah yang serius yang bisa mengakibatkan seorang ibu kehilangan janinnya. Perlu diwaspadai karena virus ini juga akan menyerang kelenjar getah bening yang memiliki banyak peran penting dalam tubuh manusia.

Untuk pengobatannya sendiri sudah banyak dikembangkan dalam dunia medis sehingga And tidak perlu khawatir lagi. Dalam pencegahnya sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara yaitu dengan menjaga kesehatan tubuh atau dengan menjaga pola makan yang sehat. Tentunya badan yang sehat akan dapat menjaga tubuh dari serangan banyak penyakit yang datang. Semoga informasi tentang virus Rubella tersebut dapat membantu Anda untuk lebih waspada menjalani kehidupan.

Tag : bagaimana virus rubella masuk ke tubuh, rubella dan penangannya pada manusia, 

Artikel Terkait:

Tags: , ,

Related to: Apa Itu Virus Rubella dan Bahayanya Bagi Manusia