Bahaya Asam Cuka Bagi Tubuh Manusia

October 11, 2017

Ada banyak resiko dari asam cuka jika Anda mengonsumsinya secara berlebih. Asam cuka atau yang dikenal sebagai asam asetat atau dalam dunia kimia disebut dengan asam organik ini berasal dari fermentasi bahan alami yang bisa memiliki aroma dan efek keasaman yang berbeda.

Dalam dunia industri sendiri asam cuka sering dicampur dengan bahan lain terutama sebagai campuran warna tekstil. Bila Anda mengonsumsinya secara berlebih tentu akan membuat gangguan pada kesehatan tubuh. Ada beberapa gangguan yang disebabkan tersebut, di antaranya adalah

Bahaya Asam Cuka Jika Berlebihan

Bahaya Asam Cuka

Ilustrasi Asam Cuka

Iritasi Lambung

Dalam dinding lambung setiap orang memang berbeda namun secara umum dinding tersebut sudah ada asam alami, jika ada asam lain yang masuk ke dalam tubuh maka akan terjadi kontraksi dalam dinding lambung tersebut yang akan menyebabkan iritasi parah. Nantinya penderita akan mengeluh perutnya sakit dan panas.

Iritasi Usus

Sama seperti dinding lambung, jika asam asetat terlalu banyak masuk ke dalam usus juga dapat menyebabkan iritasi berlebih. Hal ini perlu dikurangi dan dijaga porsi asam cuka yang Anda gunakan jika tidak ingin menyebabkan gangguan yang semakin lebih parah lagi.

Terganggunya Pencernaan

Selain menyebabkan iritasi masih ditambah lagi pada gangguan pencernaan. Enzim yang biasanya dikeluarkan oleh tubuh akan terganggu sehingga penyerapan dan proses pencernaan lain menjadi tidak teratur.

Bisa Menyebabkan Otot Leher Kaku

Asam cuka yang memiliki tingkat keasaman yang tinggi memiliki efek menyumbat aliran darah dan syarat yang nantinya akan membuat otot bagian belakang leher menjadi kaku dan rasanya seperti ditarik.

Merusak Gigi

Asam memang bersifat korosi yang dapat mengikis bagian enamel gigi. Pengikisan enamel ini bisa berakibat timbulnya lubang kecil gigi susulan jika memang tidak sering membersihkannya. Lama kelamaan dalam konsumsi yang banyak bisa menyebabkan gigi rusak.

Sering Pusing

Biasanya pada penderita yang terlalu banyak mengonsumsi asam asetat ini akan merasa pusing terus menerus. Bahkan setelah meminum obat pun juga tidak ada manfaatnya. Uap dari asam cuka ini akan masuk ke bagian tubuh atas yang menyebabkan pusing berlebih dan mengantuk.

Muntah dan Asam Lambung Naik

Berlebihan mengonsumsi asam cuka akan membuat perut terasa mual dan membuat penderitanya sangat ingin muntah. Selain itu tambahan asam yang ada di dalam lambung ini akan membuat asam lambung juga naik. Penderita akan merasakan nyeri, mual, mulas, bahkan perih pada perutnya. Jika dibiarkan terus menerus akan menyebabkan gangguan yang lebih parah lagi.

Kerja Jantung menjadi Terganggu

Jantung memiliki kerja yang sangat penting bagi tubuh, adanya kontraksi zat berlebih Alma tubuh saja juga dapat berakibat buruk pada jantung. Dengan tingkat keasaman yang tinggi akan membuat pembuluh darah mengkerut otomatis kerja jantung akan berdetak tidak normal menyesuaikan pembuluh darah tersebut.

Diare

Gangguan yang berlebih ini akan menyebabkan diare terus menerus. Kadang walau sudah diberi obat anti diare pun juga tidak akan sembuh. Perlu penanganan medis jika sudah berlangsung agak lama. Jika tidak segera ditangani bisa membahayakan nyawa seseorang, untuk itu atur konsumsi asam cuka dalam makanan atau minuman Anda.Itulah beberapa bahaya asam cuka bagi tubuh manusia jika dikonsumsi berlebihan.

Tentunya jika kadar asam cuka terlalu tinggi disarankan untuk tidak mengonsumsinya karena gangguan yang lebih parah bisa langsung terjadi. Biasanya pada makanan baik makanan kering atau basah sering sekali ditambah dengan cuka, alangkah lebih baik untuk tahu porsi tepatnya.

Tag : bahaya cuka, bahaya asam cuka, bahaya asam asetat, bahaya cuka bagi tubuh, efek cuka, bahaya asam cuka bagi kulit, asan cuka menimbulkan asam lambung, penyebab cuka, apa epek samping banyak makan cuka, bahaya asam asetat berlebih pada makanan, 

Artikel Terkait:

Tags: , ,

Related to: Bahaya Asam Cuka Bagi Tubuh Manusia