Bahaya CT Scan Kepala Bagi Kesehatan dan Manfaatnya

August 29, 2017

Bahaya CT Scan Kepala – CT Scan merupakan teknologi yang dikembangkan untuk dunia medis yang memiliki banyak manfaat dalam penggunaannya. CT Scan sendiri menggunakan sinar X yang dapat menembakkan sinar tertentu kemudian membuat gambaran obyek yang ditembakkan.

Sudah banyak dikembangkan menjadi alat yang lebih canggih lagi. Nantinya dari gambar yang dihasilkan bisa membantu para dokter untuk melakukan identifikasi lebih lanjut tentang penyakit yang diderita dan penanganan lanjutannya.

Memang sangat membantu sekali dalam dunia medis karena para dokter tidak perlu susah lagi dalam melihat tubuh pasiennya. Biasanya analisa yang bisa didapatkan dari alat tersebut di antaranya adalah penyakit ganas seperti tumor dan kanker, dan berbagai penyakit lainnya.

Namun tidak selamanya alat yang memiliki segudang manfaat ini tidak memiliki efek samping yang terjadi karena tetap saja akan ada masalah yang bisa ditimbulkannya. Berikut ini akan dibahas semuanya tentang manfaat menggunakan alat tersebut dan bahaya yang CT Scan kepala.

Bahaya CT Scan Kepala
CT Scan

Terlepas dari manfaat yang banyak sekali tentu masih ada banyak masalah yang bisa ditimbulkan. Sebetulnya hanya beberapa masalah ringan dan sisanya adalah dampak dari tindakan sampingan CT Scan tersebut. Berikut ini ada beberapa daftar efek samping yang mungkin akan terjadi

  • Alergi

Pada bagian tubuh pasien memang tidak tahan terhadap beberapa obat yang diberikan sehingga timbul dampak seperti alergi. Sebelum CT Scan dilakukan, biasanya akan ditambahkan obat lanjutan untuk mereaksi organ tertentu agar gambar yang dihasilkan bisa sangat maksimal. Jika memang tidak cocok dengan obat tersebut maka Anda akan merasakan alergi yang berlebih terutama pada bagian yang sedang ditangani. Bisa juga reaksi ini datang setelah melakukan CT Scan pada kepala.

  • Gatal gatal

Beberapa orang mengeluhkan efek samping gatal-gatal pada tubuhnya. Memang bukan karena alergi atau bakteri yang menyerang tubuh karena dampak dari sinar X yang ditembakkan. Ada orang dengan kulit yang sangat sensitif sekali, maka dari itu langsung menimbulkan reaksi berupa rasa gatal pada tubuhnya. Nantinya jika dibiarkan akan menjadi iritasi yang berlebihan yang menimbulkan masalah kesehatan lanjutan.

  • Berbahaya Bagi Ibu yang Sedang Hamil

Sinar X tersebut membuat radiasi yang akan menyinari bagian yang ingin dideteksi, jika pada bagian yang terdapat janin akan sangat berbahaya karena bisa membuat perkembangannya menjadi abnormal, ditakutkan akan terjadi gagal janin atau masalah lainnya yang timbul setelah bayi tersebut lahir. Maka dari itu CT Scan kepala tidak pernah disarankan untuk wanita yang sedang hamil.

Manfaat Menggunakan CT Scan

Beberapa manfaat utama seperti mendeteksi pendarahan pada bagian otak, melihat dan menganalisa bagian otak yang mengalami cidera, melihat adanya kemungkinan penyakit serius yang dialami, mendeteksi adanya pembesaran rongga pada otak, dan masih banyak lagi.

Tentunya dokter tidak perlu melakukan operasi pembedahan untuk mendapatkan informasi tentang pasien tersebut. Hanya perlu dengan metode yang lebih efektif dan tepat.

(Baca Juga : Biaya MRI Rumah Sakit di Indonesia dan Kegunaannya )

Untuk prosedur penggunaan CT Scan kepala ini mewajibkan pasien yang ingin dicek untuk berpuasa, kemudian memakai pakaian khusus agar tidak menjadi halangan ketika ditembakkan sinar X tersebut, lalu meminum beberapa obat untuk mereaksi bagian tubuh yang akan ditembakkan sinar agar gambarannya nanti terlihat jelas.

Itulah beberapa ulasan tentang bahaya CT Scan kepala yang bisa Anda pahami. Tentunya dengan prosedur yang tepat akan mendapatkan hasil yang maksimal dengan efek samping yang bisa diminimalisir.

Tag : efek samping ct scan kepala, efek samping ct scan, https://www sehatcenter com/bahaya-ct-scan-kepala-bagi-kesehatan-dan-manfaatnya/, efek dari ct scan, dampak sehabis st scan, scaning, dampak meminum air CT, dampak ct scan kepala, ct scan kepala, bahaya radiasi ct scan, 

Artikel Terkait:

Tags: ,

Related to: Bahaya CT Scan Kepala Bagi Kesehatan dan Manfaatnya