Bahaya dan Gigitan Serangga Tomcat

October 30, 2017

Bahaya Gigitan Tomcat – Beberapa waktu lalu tomcat sempat menjadi perbincangan yang serius bagi banyak orang karena memiliki racun yang lebih berbahaya dari racun ular kobra. Namun begitu sampai sekarang ini belum ada kasus yang serius tentang kehilangan nyawa karena tomcat.

Hanya saja banyak orang masih takut karena efek terkena racun jika terkena kulit bisa membuat melepuh sampai rasa bakar yang sangat sakit.

Sempat viral juga beberapa kasus jika tomcat menyemprotkan racun tersebut di handuk korbannya kemudian handuk tersebut digunakan untuk membasuh muka, sampai hampir satu muka tersebut melepuh semua. Memang tidak mematikan tetapi efeknya tetap berbahaya juga jika terkena racunnya.

Bahaya Gigitan Tomcat

Serangga Tomcat

Serangga Tomcat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa bahaya tomcat memang sangat mengerikan. Kulit bisa melepuh dan rasa terbakar yang tidak tertahankan. Memang belum ada kasus yang lebih mengerikan lagi namun tidak memungkiri jika serangga ini cenderung berbahaya.

Jika Anda belum tahu apa itu tomcat, serangga ini berwarna belang hitam oranye, memiliki tubuh yang lancip pada bagian ekornya. Hampir sama seperti laron jika Anda tahu serangga tersebut. Tomcat ini banyak bersebaran terutama di dekat lampu. Tomcat sendiri memiliki sifat jika tidak terganggu tidak akan mengeluarkan racun.

Cara Mengobati Luka Akibat Tomcat

Tomcat

Bahaya Tomcat

Tidak Menggaruk Bagian yang Terkena

Jika ada indikasi terkena racun tomcat ini sebaiknya segera membasuhnya dengan sabun, jika menggaruknya akan menyebabkan racun tersebut menyebar. Nantinya seperti kasus kebanyakan yang membuat seluruh kulit menjadi melepuh. Dengan tidak menggaruknya akan mencegah penyebaran ini secara meluas. Segera ambil tindakan cepat seperti menyingkirkan tomcat tersebut, membasuh bagian yang terkena racun, dan mengobati lukanya.

Menyingkirkan Tomcat

Racun pada tomcat masih bisa disebarkan jika serangga tersebut tidak segera disingkirkan. Tomcat dalam keadaan yang terganggu akan menaikkan bagian belakang sama seperti kalajengking lalu menyemprotkan racunnya. Jika ternyata ada banyak serangga ini bisa langsung menyemprotnya dengan obat anti serangga.

Tomcat suka tempat yang terang di dekat tempat tinggal mereka, maka dari itu perlu berhati-hati dan memperhatikan lingkungan sekitar. Sebetulnya tomcat merupakan serangga yang pasif, apabila tidak terkena gangguan maka tidak akan menyerang juga.

Gunakan Sabun

Jika tidak sengaja menyentuh tomcat bahkan sampai tomcat tersebut mati, ada baiknya segera membasuhnya dengan air sabun. Cara ini yang paling mudah dilakukan agar tidak terkena dampak buruk dari racun tomcat tersebut. Untuk sabunnya memang tidak dibatasi untuk sabun apa yang terpenting aman untuk digunakan. Lihat pada bagian kulit apakah ada indikasi bagian yang melepuh karena perlu penanganan selanjutnya agar tidak terjadi gangguan yang lebih serius.

Salep

Pada bagian yang melepuh bisa langsung diberikan salep khusus untuk luka melepuh. Memang agak merepotkan jika sudah terkena racun tomcat ini apalagi pada bagian muka. Lakukan secara rutin agar luka tersebut cepat sembuh. Lebih baik untuk mencari salep yang cocok bagi kulit Anda, beberapa orang mengatakan bahwa sebagian memiliki kulit yang sensitif dan tidak tahan terhadap produk yang sama terutama untuk bagian muka.

Demikian informasi yang bisa disampaikan dari gigitan serangga tomcat dan berbagai bahaya yang bisa terjadi. Perhatikan selalu lingkungan Anda karena tomcat akan datang ke dalam rumah Anda. Tomcat sendiri memiliki sifat tidak menyerang jika tidak terganggu atau terancam nyawanya, jadi tidak perlu sampai dibunuh, cukup dengan mengusirnya saja agar bisa pergi.

Tag : Bahaya tomcat, gigitan tomcat, 

Artikel Terkait:

Tags: , ,

Related to: Bahaya dan Gigitan Serangga Tomcat