Bahaya Fluoride Bagi Tubuh Manusia, Wajib anda Ketahui nih

12 February 2018 13:06
February 12, 2018

Bahaya fluoride bagi tubuh manusia memang tidak bisa dianggap remeh karena fluoride adalah salah satu senyawa yang terkandung dalam pasta gigi. Senyawa fluoride dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh manusia karena pada saat menyikat gigi sering sekali pasta gigi tertelan ke dalam tubuh manusia oleh karena itulah hendaknya sangat berhati hati saat melakukan kegiatan menyikat gigi dalam kehidupan sehari hari agar senyawa fluoride tidak masuk ke dalam tubuh manusia, namun meskipun senyawa fluoride ini tidak baik untuk kesehatan tetapi hanya pada bagian dalam organ tubuh manusia saja karena senyawa ini dapat memberikan manfaat begitu besar untuk kesehatan gigi manusia agar tidak keropos atau terjangkit penyakit penyakit mulut lain.

Bahaya Fluoride jika Masuk ke Dalam Tubuh Manusia

bahaya fluoride

Tentu sangat berbahaya sekali jika senyawa fluoride yang terkandung pada pasta gigi masuk ke dalam system organ dalam manusia karena pada dasarnya senyawa ini hanya bermanfaat untuk organ luar manusia saja seperti pada gigi dan mulut.

Meskipun senyawa ini tidak baik untuk kesehatan organ dalam tubuh manusia tetapi senyawa ini sangat bermanfaat sekali bagi organ luar manusia seperti pada gigi yang akan melindungi serta memperkuat gigi agar tidak keropos. Berikut adalah beberapa bahaya senyawa fluoride untuk tubuh manusia :

  1. Akumulasi pada tubuh

Bahaya fluoride untuk tubuh manusia salah satunya adalah akumulasi dalam tubuh karena jika senyawa fluoride ini tertelan oleh manusia maka senyawa ini bisa terakumulasi di dalam tubuh terutama pada organ tulang serta organ kelenjar kelenjar pada tubuh manusia karena kadar fluoride yang tinggi ketika masuk ke dalam tubuh manusia tentu akan mengacaukan fungsi fungsi organ penting dalam tubuh manusia.

  1. Bahaya fluoride untuk bayi

Bahaya fluoride selanjutnya adalah bahaya sekali untuk bayi karena sekarang senyawa fluoride terkadang terdapat pada salah satu sumber makanan bayi seperti susu formula. Dikarenakan bayi masih membutuhkan banyak sekali asupan asupan nutrisi untuk kebutuhan kesehatan tubuh nya maka secara tidak sengaja dapat memakan makanan yang mengandung senyawa fluoride untuk itu dianjurkan pada orang tua agar selektif untuk memilih susu formula yang tidak terkandung senyawa tersebut di dalamnya karena kandungan senyawa fluoride yang masuk ke dalam tubuh bayi akan mengganggu perkembangan tubuh bayi tersebut.

  1. Fluoride dan kesehatan reproduksi

Pada sebagian besar penelitian tentang bahaya fluoride bagi kesehatan tubuh manusia menyatakan senyawa ini dapat mengakibatkan gangguan organ organ tubuh seperti dalam system reproduksi karena kandungan senyawa fluoride yang tinggi akan menyebabkan sel sperma mengalami penurunan kualitas dan kuantitas sehingga akan mempengaruhi system reproduksi pada manusia maka dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan makanan yang mengandung banyak senyawa fluoride.

  1. Penyebab kerusakan otak

Bahaya fluoride yang paling besar bagi kesehatan tubuh manusia bahwa senyawa fluoride dapat merusak system kerja otak pada organ tubuh manusia padahal otak adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia karena jika tidak ada otak maka semua anggota tubuh tidak bisa bergerak dengan teratur sesuai kebutuhan tubuh manusia. kandungan senyawa fluoride yang besar masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan gangguan otak seperti dapat terjangkit penyakit Alzheimer yang sangat berbahaya sekali untuk otak serta jika terus menerus mengkonsumsi makanan makanan yang mengandung senyawa fluoride maka akan mengakibatkan IQ rendah pada manusia.

Artikel Terkait:

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Tags: ,

Related to: Bahaya Fluoride Bagi Tubuh Manusia, Wajib anda Ketahui nih