Bahaya Menahan Buang Air Besar, Dapat Berakibat Fatal

September 28, 2017

Bahaya Menahan Buang Air Besar – Menahan buang air besar memang bukan perkara yang sepele karena ketika seseorang menahan karena alasan tertentu justru bisa membahayakan kesehatannya.

Tubuh memetabo lisme segala nutrisi dan bahan makanan menjadi sebuah kotoran yang harus segera dibuang ketika sudah mulai merasakannya.

Hal ini perlu dilakukan segera karena usus bukan sebagai penahan kontraksi yang kuat. Pada kasus tertentu saja bisa membuat usus terkena peradangan kuat apalagi otot perut juga akan menahannya pula.

Ketika seseorang ingin membuang air besar maka kontraksi yang dikeluarkan di anus akan memberikan sinyal kepada otak yang nantinya akan membuat Anda ingin pergi ke toilet.

Jika masih ditunda maka otot perut dan usus akan bekerja penuh untuk menahannya sehingga bahaya serius bisa saja menghampiri Anda.

Memang bukan perkara mudah karena dalam beberapa waktu ketika sedang serius mengikuti kegiatan yang tidak memungkinkan untuk ditinggal maka mau tak mau harus menahannya dahulu.

Sebelum menahan buang air besar tersebut kebanyakan orang mengalami kontraksi awal dengan menahan kentut. Di bawah ini ada beberapa penjelasan yang bisa membantu Anda mengapa perlu untuk langsung membuang air besar tersebut tanpa harus menahannya.

Bahaya Menahan Buang Air Besar
menahan buang air besar

Bisa Berpotensi Kanker Usus

Bahaya yang pertama adalah potensi terkena kanker usus. Jika Anda sering menahan buang air besar ini sudah dipastikan dalam jangka panjang akan terkena masalah kesehatan serius ini. Ketika menahan tentu saja otot usus akan mengembang kemudian membuat ruangan di dalam usus besar akan penuh.

Hal ini akan memicu sel kanker akan tumbuh. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama akan menjadi masalah yang sangat besar. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa buang air besar merupakan salah satu cara tubuh untuk memperlancar metabolisme sehari-hari. Jika sampai terganggu maka sistem metabolisme tubuh lain juga akan terganggu.

Menimbun Sampah dan Bakteri

Tentunya yang namanya kotoran harus langsung dibuang karena mengandung banyak bakteri dan sampah di dalamnya. Sama halnya dengan buang air besar pada tubuh Anda, jika dibiarkan untuk ditahan sampai berjam-jam maka hasilnya adalah penumpukan kotoran dalam usus besar.

Proses pengeluarannya pun juga akan susah dibandingkan dengan keadaan yang normal. Selain itu tubuh mengolah berbagai kebutuhan dan membuang sisa yang tidak dibutuhkan, dalam kotoran sering sekali ada beberapa bakteri yang bisa mengancam tubuh dan bagaimana pun caranya harus tetap dibuang dengan segar.

Jika hal ini tidak dilakukan bisa sangat berbahaya bagi tubuh. Inilah yang menjadi alasan mengapa Anda perlu membuang segera kotoran yang ada di dalam tubuh.

Kematian

Dampak yang paling mengerikan dari bahaya menahan buang air besar ini adalah kematian. Ada beberapa kasus di belahan dunia lain yang sudah ada korban jiwa yang terjadi. Pada tahun 2013 lalu di Amerika Serikat ada seorang pemuda yang tidak bisa buang air besar selama 8 minggu karena masalah pencernaan yang dialaminya.

Namun naas pada hari-hari terakhirnya langsung meninggal. Kejadian ini membuat banyak orang menjadi sadar bahwa buang air besar merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan walau sedang dalam keadaan yang penting sekalipun.

Hal ini karena menyangkut kesehatan pada penggunanya, memang benar ketika hanya menahan beberapa jam saja belum begitu terasa namun dalam jangka panjangnya akan timbul masalah yang sangat serius.Itulah beberapa informasi tentang bahaya menahan buang air besar yang bisa Anda ketahui.

Pahami resikonya sehingga Anda tidak lagi menahan hanya karena sedang bersama orang terkasih, lebih baik untuk mampir sebentar ke toilet dan menghabiskan beberapa menit saja daripada harus menanggung efek resiko jangka panjangnya.

Artikel Terkait:

Tags: , ,

Related to: Bahaya Menahan Buang Air Besar, Dapat Berakibat Fatal