Bahaya Sianida, Cara Kerja, dan Tanda Tanda Orang Terkenanya

October 13, 2017

Sianida merupakan racun kimia yang sekarang ini banyak di salah gunakan oleh banyak orang untuk membunuh. Di Indonesia sendiri, bahaya sianida ini memang sudah dikenal luas namun kebanyakan masih tidak begitu tahu bagaimana bentuk, rasa, dan bagaimana bisa bekerja dalam tubuh.

Sianida ini banyak digunakan pada industri seperti kayu dan kertas. Fungsinya sendiri banyak dan berbeda tergantung dari prosesnya untuk apa. Dalam peredarannya sendiri, penggunaan sianida memerlukan izin untuk diperjualbelikan secara bebas. Di bawah ini ada beberapa ulasan tentang apa sebenarnya sianida itu dan bagaimana cara kerjanya dalam tubuh.

Apa Itu Sianida

Bahaya sianida

Sianida merupakan zat kimia yang dapat bereaksi sangat cepat dibandingkan zat kimia lain. Itulah mengapa alasan para penjahat menggunakan bahan ini. sianida dapat menguap dan menjadi gas tidak berwarna dan bahkan beberapa jenis sianida hampir tidak berbau.

Inilah yang menyebabkan mengapa bahan kimia ini sering dipakai untuk membunuh. Di alam bebas sendiri ada banyak bahan alami yang mengandung sianida namun kadarnya tidak sebanyak yang sudah jadi bahan kimia, beberapa tanaman seperti singkong, kacang lima, dan kacang almond mengandung bahan tersebut namun hanya sedikit saja.

Cara Kerja Sianida

Sianida sendiri ketika masuk ke dalam tubuh akan tercampur dengan darah. Jika sampai pada jantung dan otak maka akan terjadi kegagalan fungsi dengan cepat. Sulit sekali dikeluarkan jika dalam jumlah yang cukup bisa membuat satu nyawa menghilang dalam hitungan menit saja.

Beberapa kasus kejahatan sering sekali mencampurkan bahan kimia ini dengan minuman terutama yang berasa pahit seperti kopi atau menjadikannya sebagai gas yang bisa langsung terhirup. Untuk gas sendiri bekerja lebih cepat dibandingkan dengan masuk ke dalam tubuh.

Sianida sendiri bisa mengontaminasi makhluk hidup lain walau sudah terbuang. Misalkan seseorang membuang cairan sianida ini ke tanah, maka secara otomatis sebagian akan mengontaminasi tanah dan menjadi gas, beberapa menit kemudian ada orang yang melewati jalan tersebut dan menghirup gas dari sianida tersebut. Nantinya korban akan langsung terkena gejala dari sianida. Berikut ini ada beberapa gejala yang akan terjadi jika seseorang sindikasi terkena sianida.

Tanda Seseorang Terkena Sianida

keracunan

Jumlah Kecil

Pada takaran jumlah yang kecil masuk ke dalam tubuh manusia atau hanya terhirup saja akan menyebabkan pusing, sakit kepala yang tidak tertahankan, napas menjadi lebih cepat, mual, gelisah, bahkan tubuh menjadi lemah

Jumlah Besar

Jika seseorang terkena sianida dalam jumlah yang cukup besar maka efek yang akan terjadi adalah kejang, hilang kesadaran, cedera paru-paru, gagal pernapasan, denyut nadi menjadi lebih lambat, selanjutnya akan terjadi kematian. Bahkan pada pertolongan pertama pun hanya ada sedikit kemungkinan untuk menyelamatkan nyawa korban tersebut.

Sianida sendiri juga memicu berbagai kegagalan organ pada tubuh seperti jantung, paru-paru, bahkan sistem syaraf manusia. Usahakan untuk terhindar dari gas ini jika sedang bekerja pada area dengan banyak gas sianida. Bila ada rekan yang terkontaminasi sianida ini, maka beberapa pertolongan pertama yang bisa diusahakan adalah hindarkan dari area tersebut, periksa denyut nadi, dan segera panggil pihak medis.

Demikian informasi yang bisa disampaikan dari bahaya sianida dan cara kerjanya sebagai bahan pembunuh nomor satu. Ingat jangan salah gunakan bahan ini untuk perbuatan jahat. Segera bawa ke pihak medis jika ada salah satu rekan Anda merasakan gejala yang sama.

 

Artikel Terkait:

Tags:

Related to: Bahaya Sianida, Cara Kerja, dan Tanda Tanda Orang Terkenanya