Bahaya Sianida – Efek, dan Fungsi yang Harus diketahui

August 29, 2017

Fungsi sianida tidak banyak dikenal oleh masyarakat luas karena sianida sekarang ini identik sebagai zat pembunuh nomor satu. Banyak alasan mengapa sianida digunakan untuk tindak kejahatan tersebut.

Sebetulnya sianida banyak manfaat yang bisa didapatkan sebagai bahan kimia pembantu di pabrik. Sianida merupakan bahan kimia cair yang dapat berubah menjadi gas layaknya seperti KCN dan HCN.

Lalu bagaimana bahaya sianida bisa membunuh seseorang? Dalam konsumsi yang kecil sekalipun bisa membuat seseorang menjadi tidak sadarkan diri bahkan banyak sistem ditubuhnya yang akan terganggu apalagi jika mengonsumsinya dalam jumlah yang besar.

Tidak hanya itu saja, jika Anda menghirup sianida ini dalam bentuk gas maka efek yang ditimbulkan lebih parah dari yang tertelan. Berikut ini akan membahas banyak hal tentang efek bahaya sianida, fungsinya dalam kehidupan manusia, dan berbagai gejala seseorang terkena kontaminasi sianida tersebut.

Efek Bahaya Sianida

bahaya sianida

Sianida sendiri sangat berbahaya jika sampai masuk ke dalam tubuh manusia. Efek bahwa Sianida ini bisa mengganggu kerja organ penting seperti paru-paru dan jantung.

Sianida dibuat memang tidak mudah terurai dalam tanah sehingga ketika jatuh maka sianida juga akan membuat tanah menjadi terkontaminasi, sebagian dari sianida tersebut akan membentuk gas, apabila dihirup oleh organisme seperti manusia akan sangat cepat bereaksi.

Sering sekali Anda mendengar tentang berita yang menggunakan sianida untuk membunuh orang. Hanya dengan mencampurkannya pada bahan makanan atau minuman akan langsung membunuh si korban dengan cepat. Sianida sendiri memiliki bau yang tajam namun sebagian dari sianida lain hampir tidak memiliki bau, tidak berwarna, dan bentuknya cair. Inilah yang dijadikan alasan mengapa sianida digunakan untuk membunuh orang lain.

Gejala Orang Terkena Sianida

gejala sianida

Gejala terkena sianida dibedakan menjadi beberapa jenis terlangsung dari seberapa banyaknya sianida tersebut masuk ke dalam tubuh. Jika hanya sebagian kecil dari sianida tersebut yang terhirup atau termakan maka efek yang ditimbulkan seperti mual, rasa ingin muntah, kepala pusing, kerja paru-paru menjadi melambat, sampai detak jantung yang juga akan melambat.

Jika dibiarkan tanpa ada pertolongan bisa sangat gawat. Pernah ada kasus tentang seseorang yang bekerja di pabrik tidak sengaja menghirup gas dari sianida ini, reaksinya sangat cepat bahkan langsung tergolek lemas.

Jika yang masuk dalam porsi yang tinggi atau banyak, dalam hitungan menit saja nyawa korban tidak bisa diselamatkan lagi.

Inilah yang menjadikan sianida wajib diwaspadai, namun begitu tentu sisi yang mematikan tetap ada sisi menguntungkannya. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda pahami dari manfaat sebenarnya dari sianida tersebut bagi kehidupan manusia.

Fungsi Sianida

Beberapa industri pabrik sangat membutuhkan sianida sebagai bahan pembuat kertas, ada juga industri yang memanfaatkannya sebagai elektroplating, membersihkan logam, membasmi hama di kapal, dan masih banyak lagi.

Dalam kehidupan manusia sendiri juga sangat membutuhkan bahan ini di berbagai bidang, yang tidak dipungkiri lagi bahwa manfaatnya sangat besar. Namun begitu untuk beberapa orang jahat, sianida justru digunakan sebagai bahan untuk membunuh orang lain demi kepentingannya.

Demikian informasi yang bisa Anda dapatkan dari fungsi sianida dan berbagai efek bahaya pada manusia. Tentunya jika Anda menemukan korban yang disebabkan karena menelan sianida ini bisa memberikan pertolongan pertama atau langsung memanggil pihak medis untuk mendapatkan langkah penyelamatan yang tepat.

Memang terkadang digunakan untuk kejahatan namun sebagian besar dari sianida dapat dimanfaatkan untuk kelangsungan hidup manusia.

 

Tag : efek menghirup sianida, 

Artikel Terkait:

Tags:

Related to: Bahaya Sianida – Efek, dan Fungsi yang Harus diketahui