Beberapa Manfaat jengkol bagi tubuh yang Wajib Diketahui

16 January 2018 15:59
January 16, 2018

Manfaat jengkol belum diketahui oleh masyarakat luas meskipun jengkol adalah salah satu makanan favorit bagi sebagian besar masyarakat sangat sayang sekali jika manfaat jengkol ini tidak diketahui oleh orang orang yang suka maupun tidak suka mengkonsumsi buah satu ini.

Jengkol menjadi salah satu makanan yang mempunyai rasa sangat enak jika mengolahnya dengan cara yang benar karena jengkol memiliki rasa sangat khas tidak seperti masakan masakan lainnya yang menggunakan bahan baku selain jengkol serta jengkol ini juga memiliki aroma yang sangat tajam namun dibalik aromanya yang sangat tajam jengkol mempunyai manfaat yang sangat luar biasa bagi tubuh manusia.

Beberapa manfaat jengkol bagi tubuh manusia

Manfaat Jengkol

Manfaat jengkol memang tidak bisa dipungkiri lagi karena sudah terbukti dari penelitian penelitian medis juga menyatakan bahwa buah jengkol memiliki banyak sekali khasiat khasiat didalamnya oleh karena dianjurkan untuk mengkonsumsi jengkol tersebut tetapi tetap dengan porsi secukupnya saja tidak boleh berlebihan karena jika berlebihan maka dapat menyebabkan efek negatif seperti jengkolan. Berikut adalah manfaat jengkol bagi kesehatan tubuh manusia :

  1. Pembentukan jaringan tubuh

Manfaat dari buah jengkol ini salah satunya adalah untuk pembentukan jaringan tubuh karena buah jengkol mengandung kadar protein sangat tinggi sebab perlu diketahui bahwa fungsi dari zat protein adalah sebagai pembentukan jaringan tubuh dan pembentukan kembali sel sel tubuh yang sebelumnya sudah mengalami kerusakan. Kandungan protein pada buah jengkol ternyata sangat besar sekali bahkan melebihi kandungan protein pada kacang hijau dan kacang kedelai oleh karena itulah dianjurkan untuk mengkonsumsi buah jengkol tersebut.

  1. Mencegah anemia

Salah satu kandungan pada jengkol adalah zat besi dan kandungan zat besi itulah yang membuat manfaat jengkol untuk mencegah anemia karena zat besi berperan penting untuk mengatasi kurangnya produksi dari sel sel darah merah dalam tubuh.

Jika tubuh mengalami kekurangan zat besi maka produksi sel sel darah merah secara otomatis juga akan berkurang akibatnya suplai oksigen dan zat zat makanan yang dibutuhkan oleh seluruh organ tubuh juga akan berkurang. Efek samping dari kurangnya suplai oksigen pada tubuh manusia akan menurunkan fungsi kinerja sel yang akan berakibat merasa lemas, mudah lelah, tidak adanya rasa semangat.

Untuk kaum wanita yang sedang mengalami menstruasi dianjurkan untuk mengkonsumsi jengkol karena kandungan zat besi dalam jengkol akan menggantikan zat besi yang kurang akibat banyaknya darah menstruasi yang keluar dari tubuh.

  1. Mencegah tulang keropos serta memperkuat tulang dan gigi

Manfaat jengkol juga bermanfaat untuk mencegah tulang keropos serta memperkuat tulang dan gigi karena jengkol mengandung zat kalsium serta fosfor sebab kedua zat ini adalah zat yang paling dibutuhkan oleh tulang dalam tubuh manusia. Kalsium dan fosfor dapat mencegah tulang manusia menjadi keropos atau sering disebut dengan penyakit osteoporosis oleh karena itulah dianjurkan untuk mengkonsumsi jengkol.

  1. Membasmi radikal bebas

Manfaat dari jengkol selanjutnya adalah untuk membasmi radikal bebas karena buah jengkol banyak mengandung beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Vitamin A berfungsi untuk memelihara kesehatan mata serta memberikan ketajaman dalam penglihatan sedangkan peran dari vitamin A dan vitamin C adalah sebagai antioksidan dalam tubuh manusia yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas factor utama penyebab penyakit kanker.

Tag : manfaat jengkol bagi pembentukan tubuh, 

Artikel Terkait:

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Tags: ,

Related to: Beberapa Manfaat jengkol bagi tubuh yang Wajib Diketahui