Beginilah Cara Menurunkan Panas Pada Anak Dengan Mudah

October 14, 2017

Cara Menurunkan Panas Pada Anak – Demam pada anak memang sangat merepotkan apalagi membuat para orang tua menjadi sangat khawatir. Demam pada anak ini biasanya terjadi karena pembiasaan kondisi diri dengan lingkungan atau memang sebagai perlawanan terhadap penyakit tertentu.

tubuh manusia akan secara otomatis mengeluarkan pertahanannya jika memang ada penyakit yang masuk dan sebagai indikasinya adalah demam ini.

Biasa beberapa orang tua bisa menyadari jika anaknya panas disebabkan karena apa sehingga penanganannya akan berbeda juga, tidak harus selalu dengan obat.

Jika memang sudah mengkhawatirkan sebaiknya segera melakukan tindakan penanganan, coba beberapa cara di bawah ini untuk menurunkan panas pada anak tersebut.

Cara Menurunkan Panas Pada Anak

panas anak

Dengan Obat Penurun Panas

Obat penurun panas pastinya menjadi pilihan utama kebanyakan orang tua karena cepat bekerja dan cepat memberikan hasil. Obat penurun pada anak sekarang ini juga sudah beragam, beberapa obat ditambah dengan perasa sehingga anak tidak akan takut untuk mengunyah obat tersebut.

Pahami dan taati dosis obat tersebut agar efektif dalam menurunkan panas pada anak tersebut. Biasanya dalam 3 sampai 4 kali minum obat sudah terasa hasilnya.

Obat Herbal Turun Panas

Jika Anda lebih tertarik menggunakan obat herbal juga tidak masalah karena tidak menimbulkan efek samping yang begitu serius. Anda bisa menggunakan air kelapa, bawang merah, atau kunyit.

Masing-masing dari bahan tersebut terdapat cara pengolahannya sendiri, untuk air kelapa bisa menambahkannya dengan satu sendok makan madu. Dalam beberapa jam biasanya panas pada anak akan segera hilang.

Mengonsumsi Buah Segar

Buah segar juga bisa menjadi salah satu alternatif cara menyenangkan untuk menyingkirkan demam pada anak. Buah-buahan segar ini bisa diambil dari buah melon, semangka, blewah, jeruk, dan masih banyak lagi.

Anda hanya perlu menambahkan madu atau susu secukupnya untuk menambah rasa atau bisa menyajikannya dengan memotong-motong terlebih dahulu. Tidak perlu terlalu banyak memberikan buah ini, hanya beberapa potong saja dan jika anak sudah terlalu kenyang tidak perlu menambahkannya lagi.

Kompres

Biasanya orang tua akan secara refleks mengambil baskom dan kain. Cara ini memang sebagai penanganan utama dalam mengatasi penyakit demam tidak hanya pada anak saja. Panas akan berangsur-angsur membaik jika dikompres secara teratur. Gunakan air hangat untuk menyesuaikan suhu panas pada anak tersebut.

Sekarang ini ada banyak produk yang menawarkan kompres tanpa menggunakan air, jika Anda berada di luar lingkungan rumah tentu akan sangat merepotkan mencari baskom. Maka dari itu Kompres instan ini bisa menjadi solusinya.

Banyak Minum Air Putih

Sebetulnya jika anak mengalami panas yang terlalu tinggi maka yang perlu dilakukan adalah dengan mengompresnya kemudian diimbangi dengan meminumkan banyak air putih. Tubuh ketika panas akan membuang banyak cairan yang keluar sehingga perlu cairan pengganti agar kondisi tubuh tetap dingin dan stabil.

Itulah mengapa orang yang memiliki masalah dengan demam ini bisa diatasi dengan meminum air putih yang banyak. Kondisi tubuh nantinya akan bermetabolisme dengan baik sehingga saat terjadi perawan terhadap penyakit bisa cepat selesai.

Itulah beberapa informasi tentang bagaimana cara menurunkan panas pada anak dan dewasa. Sekali lagi, jangan terlalu bergantung pada obat-obatan, kenali dulu gejala dan penyebabnya karena penggunaan obat juga tidak disarankan jika untuk menurunkan panas saja. Obat memiliki banyak efek samping yang berbahaya bagi tubuh juga.

Artikel Terkait:

Tags: ,

Related to: Beginilah Cara Menurunkan Panas Pada Anak Dengan Mudah