Berikut 6 Tips Memulihkan Tenaga Setelah Sakit

March 5, 2017

Memulihkan Tenaga Setelah Sakit – kondisi tubuh ketika sedang sakit membuat tubuh kita menjadi lemah baik itu secara fisik maupun mental. Setelah sembuh dari sakit pastilah kondisi tubuh kita tidak serta merta akan menjadi fit kembali seperti sediakala. Maka dari itu dokter pun sering kali menyarankan kepada seseorang yang baru sembuh dari sakit untuk melakukan istirahat terlebih dahulu sebagai tahap memulihkan tenaganya agar fit kembali.

Memulihkan Tenaga Setelah Sakit

Ilustrasi lemas karena sakit

Namun alangkah sayangnya hal ini sering kali dihiraukan, kita lebih cenderung sudah tidak sabar untuk melakukan aktivitas kembali seperti bekerja. Nah, perlu Anda ketahui kondisi tersebut tidak akan membuat tubuh menjadi bugar kembali lho, akan tetapi dapat memperburuk kembali kondisi kesehatan kita. Lalu apa sih yang harus kita lakukan setelah sembuh dari sakit? Oke kali ini kami akan  membahas mengenai tips kembali memulihkan tenaga setelah sakit. Selamat membaca.

Memulihkan Tenaga Setelah Sakit Dengan Makanan yang Mudah Dicerna

Memulihkan Tenaga Setelah Sakit

Bubur & Sereal adalah salah satu makanan yang mudah di cerna

Pertama, setelah Anda sembuh dari sakit yang harus Anda lakukan adalah memperhatikan pola makan Anda. Pilihlah makanan yang mudah untuk dicerna oleh tubuh. Jika ingin tahap pemulihan Anda semakin lebih cepat, konsumsilah makanan yang mudah dicerna seperti nasi merah, buah apel, buah pisang ataupun buah-buahan lainnya yang mengandung serat Selain itu jangan mengonsumsi makanan yang mengandung bahan kimia tambahan atau makanan siap saji (instan).

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh Untuk

Kedua, untuk membantu tubuh Anda fit kembali, perbanyaklah minum air putih karena kandungan pada air putih dapat membantu Anda mengeluarkan cairan dari sistem tubuh sehingga dapat memulihkan kembali energi Anda. Selain itu air putih juga mampu membuat cairan limfa mengalir dengan baik dan mampu melawan sisa-sisa penyakit melalui penyaluran sel darah putih ke seluruh tubuh Anda.

Hindari Makanan yang Menguras Energi

Ketiga, lebih baik jangan dulu deh makan makanan yang banyak mengandung karbohidrat ataupun gula. Perlu Anda ketahui. kedua kandungan tersebut dapat membuat Anda semakin lemas kembali. Selain itu jangan mengkonsumsi makanan yang berminyak atau digoreng, karena makanan tesebut sangat tidak baik untuk dikonsumsi saat Anda baru pulih dari sakit. Cobalah makan makanan dengan olahan rebusan, lebih baik lho untuk kesehatan Anda.

Mulai Berolahraga Untuk Menjaga Kebugaran Tubuh

Yuk ajak tubuh Anda untuk berolahraga setelah sakit. Ini dapat membantu memunculkan energi dalam tubuh. Namun yang harus Anda perhatikan tidak semua jenis olahraga dapat membuat badan kembali fit kembali. Anda cukup melakukan olahraga yang ringan saja semampu diri Anda sendiri seperti berlari atau bersepeda di pagi hari. Namun alangkah baiknya jangan menunggu sakit dulu baru berolahraga, yuk atur jadwal Anda untuk berolahraga di setiap hari paling tidak luangkan waktu 10 menit untuk berolahraga.

Minum Jus Sayuran

Setuju tidak seseorang dapat kehilangan nafsu makannya ketika sedang sakit? hal inilah yang dikhawatirkan, sehingga perlu sekali asupan untuk penambah nafsu makan agar tubuh kembali mendapatkan protein dan nutrisi dari makanan. Anda bisa coba dengan minum jus sayuran untuk kembali meningkatkan nafsu makan dan membantu penyerapan nutrisi makanan dengan lebih sempurna.

Tubuh yang telah mendapatkan asupan protein dan nutrisi, dapat membangun kembali sistem imun yang rusak setelah sakit. Sehingga Anda akan cepat pulih dan sistem imunitas tubuh dapat kembali memberikan perlindungan terhadap serangan virus dan bakteri.

Menambah Asupan Magnesium

Memulihkan Tenaga Setelah Sakit

Ilustrasi Sumber magnesium

Taukah Anda? sekitar lebih dari 300 fungsi metabolisme tubuh memerlukan magnesium agar dapat bekerja dengan baik. Tetapi sayangnya sebagian besar orang kekurangan magnesium, sehingga sistem imun mendapatkan beban yang lebih besar dalam menjaga metabolisme tubuh dari serangan penyakit. Oleh sebab itu, Anda perlu menambah asupan magnesium melalui diet makanan seperti sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, serta biji-bijian. Magnesium ini juga terlibat dalam kemampuan tubuh menyerap vitamin C dan D yang sangat penting. Selamat Mencoba.

Tag : memulihkan tenaga setelah sakit, cara memulihkan te, cara memulihkan tenaga setelah sakit, cara memulihkan tenaga seusaibsakit, cara menyembuhkan sakit kepala & memulihkan tenaga setelah sakit, obat cairan memulihkan setelah sakit, obat untuk memulihkan tenaga, 

Tags:

Related to: Berikut 6 Tips Memulihkan Tenaga Setelah Sakit