Berikut Gejala Kanker Kulit Stadium Awal yang Harus Diwaspadai

November 22, 2017

Gejala kanker kulit pada awalnya mirip seperti gatal-gatal biasa yang disebabkan oleh alergi. Namun ternyata masih ada lagi gejala lain yang bisa menandakan kanker kulit.

Gejala kanker kulit sulit teridentifikasi karena gejala yang timbul sama dengan penyakit kulit ringan seperti biang keringat, jerawat batu, dan sebagainya. sehingga sebagian orang tidak akan menyadari bahwa dirinya mengidap kanker kulit sampai pada akhirnya kanker sudah berada di stadium lanjut.

Kanker kulit dapat disebabkan karena terlalu lama dibawah sinar matahari, kulit sering terpapar oleh zat berbahaya seperti asap kendaraan, serta akibat pemakaian kosmetik yang mengandung bahan berbahaya seperti merkuri. Berikut adalah ciri-ciri kanker kulit yang masih dalam stadium awal.

Gejala Kanker Kulit Stadium Awal

Ilustrasi Kanker Kulit

  • Bercak Merah Pada Kulit

Ciri-ciri melanoma atau kanker kulit diawali dengan banyaknya bercak merah yang timbul pada permukaan kulit. Bercak tersebut biasanya berwarna merah dan bentuknya melingkar. Pada tahap ini, orang tidak akan menyadari bahwa itu adalah gejala kanker kulit. Gejala kanker kulit baru disadari ketika bercak kecil tadi semakin hari semakin melebar.

Bercak yang ada pada kulit biasanya tidak hanya berwarna merah, tapi juga bisa berwarna pink, coklat dan hitam yang membentuk gradasi yang tidak beraturan. Penderita kanker kulit lebih banyak diderita oleh orang yang sering beraktifitas di luar ruangan tanpa menggunakan sunblock.

  • Gatal dan Nyeri Pada Kulit

Kanker kulit stadium awal dapat ditandai dengan timbulnya rasa gatalyang dsertai nyeri dalam jangka waktu yang lama. Gejala kanker dapat langsung teridentifikasi ketika kulit terpapar sinar matahari yang langsung menimbulkan reaksi. Jika anda mengalami hal seperti ini, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan kepada dokter agar penyakit bisa ditangani dengan tepat.

Cara pencegahan agar tidak mengalami kanker kulit, dapat dilakukan dengan banyak mengkonsumsi sayuran yang mengandung vitamin E, menggunakan sunblock dengan SPF yang tinggi ketika berada diluar ruangan, serta kenakan pakaian panjang agar kulit tidak terkena debu yang berbahaya.

  • Benjolan Pada Kulit

Kanker kulit biasanya menyerang pada area wajah karena daerah itulah yang paling sering terpapar sinar dan debu. Ketika gejala kanker kulit menyerang wajah, akan timbul beberapa benjolan di wajah tapi bukan jerawat. Benjolan ini merupakan sel kanker yang mengeras dan menggumpal. Teksturnya seperti daging tapi sedikit keras.

Kanker Kulit

Jika benjolan sudah timbul pada permukaan kulit, maka biasanya dokter akan menyarankan untuk dilakukan operasi pengangkatan sel kanker atau pengobatan kanker kulit yang mungkin untuk dilakukan. Tentunya, biaya operasi kanker kulit tidak murah dan harus dilakukan oleh dokter spesialis kulit.

  • Tahi Lalat Bisa Jadi Kanker Kulit

Tahi lalat bisa menjadi tolok ukur untuk menentukan seseorang menderita kanker kulit atau tidak. Jika tahi lalat merupakan sel kanker yang berbahaya, maka ciri-ciri kanker kulit sulit untuk di identifikasi karena tahi lalat dimiliki oleh semua orang, dan biasanya tidak berbahaya.  Gejala kanker kulit yang menjelma menjadi tahi lalat biasanya dapat dilihat dari ukuran tahi lalat yang semakin membesar seiring berjalannya waktu.

Kemudian, daerah sekitar tumbuhnya tahi lalat sering terasa gatal dan nyeri. Maka langkah yang tepat untuk menangani kanker tersebut yaitu dengan dilakukan operasi pengangkatan kanker atau dapat mengkonsumsi obat kanker kulit herbal sarang semut yang dipercaya ampuh membunuh sel kanker.

Gejala kanker kulit sebenarnya dapat di identifikasi sejak awal jika kita benar-benar teliti dalam mengenali segala reaksi yang timbul pada kulit. Selain itu, kanker kulit dapat dicegah dengan cara selalu membiasakan hidup sehat dan selektif dalam memilih produk kosmetik.

Artikel Terkait:

Tags: , , ,

Related to: Berikut Gejala Kanker Kulit Stadium Awal yang Harus Diwaspadai