Biaya MRI Rumah Sakit di Indonesia dan Kegunaannya

August 29, 2017

Biaya MRI Rumah sakit di Indonesia – MRI atau yang dikenal dengan istilah Magnetic Resonance Imaging atau Scan MRI ini merupakan teknik pemancaran medan magnet dan gelombang radio untuk membuat gambaran rinci tentang organ yang ada di dalam tubuh manusia. Kebanyakan dari alat ini pernah Anda lihat di film atau animasi, benda berukuran besar, memiliki alas untuk berbaring, dan nantinya akan memasukkan seseorang ke dalamnya.

Cara kerja dari Scan MRI adalah ketika seseorang sudah masuk ke dalam tabung tersebut maka medan magnet akan menyelaraskan atom hidrogen yang ada di dalam tubuh.

Nantinya gelombang radio yang akan menghasilkan sinyal samar dan yang akan menjadi gambaran untuk MRI seperti irisan roti. Pada mesin MRI yang sudah lebih modern bisa menggambarkan penampang 3D yang akan dilihat dari berbagai arah.

Gambaran dari MRI inilah yang akan menjadi penunjuk diagnosa dokter terhadap pasiennya. Ada banyak orang yang bertanya, berapa kira-kira biaya MRI rumah sakit? Untuk biaya sendiri sebetulnya beragam dan bergantung dari masing-masing rumah sakit tersebut. Sebelum tahu berapa harganya lebih baik cek dahulu penyakit apa yang bisa didiagnosa oleh alat MRI tersebut.

Kegunaan dan Biaya MRI Rumah Sakit

biaya MRI rumah sakit

Mesin MRI

MRI Untuk Organ Kepala

Pada organ kepala banyak yang bisa didiagnosa untuk penyakit mematikan atau penyakit biasa. Penyakit tersebut di antaranya adalah Aneurisma, gangguan mata dan telinga bagian dalam, cidera tulang belakang, sklerosis multiple, tumor, bahkan stroke. Anda wajib tahu bagian ini jika ingin cek Scan MRI di rumah sakit.

MRI untuk Jantung dan Pembuluh Darah

Untuk bagian dalam bagian bawah seperti ukuran dan ruang jantung, ketebalan dan gerakan dinding jantung, peradangan dan penyumbatan pembuluh darah, kerusakan akibat serangan jantung, sampai masalah struktural di aorta. Cukup mengerikan bukan? Hal ini memang sering dilakukan untuk membantu diagnosa pasien tanpa harus membedahnya. Nantinya akan diketahui bagian mana yang masih bermasalah dan mengalami gangguan.

Bagian Lain

Pada bagian tubuh lain selain yang di atas tersebut biasanya pada bagian tulang, payudara, dan beberapa organ penting lain seperti ginjal, prostat, dan masih banyak lagi tergantung dari alat MRI tersebut.

—————————————————————————————————————————————–

Biaya MRI Rumah Sakit

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa biaya MRI ini bergantung dari bagian mana yang akan discan ditambah di mana rumah sakit yang Anda ingin datangi. Berbeda rumah sakit juga berbeda biayanya. Ada beberapa rekan yang sudah melakukan Scan MRI ini di Rumah Sakit Siloam dengan biaya Rp 2.400.000,- untuk bagian kepala dan syaraf saja, ada yang di Rumah Sakit Mayapada dengan biaya Rp 2.300.000,- untuk bagian kepala dan sumsum tulang belakang, dan di Rumah Sakit di Jakarta lain dengan kisaran 2 juta sampai 4 juta rupiah. Ingat harga tersebut bergantung juga dengan bagian mana yang akan discan MRI.

Pahami manfaatnya terlebih dahulu sebelum menengok kembali biaya yang Anda keliarkan. Semakin modern alat MRI ini juga sangat mahal biaya untuk Scan MRInya. Beberapa rumah sakit memang mengadakan kerja sama dengan kantor asuransi, jika Anda memilikinya bisa tanyakan terlebih dahulu agar biaya yang dikeluarkan bisa lebih murah.

Itulah beberapa kisaran biaya MRI rumah sakit yang bisa Anda ketahui. Untuk biaya rumah sakit lainnya memang berkisar pada angka yang sama karena tidak terlampau jauh harganya. Ada baiknya untuk menanyakan dahulu biaya yang akan dikeluarkan daripada harus melakukannya dahulu baru kecewa berikutnya.

 

Tag : biaya mri, biaya mri yang murah, biaya cek mri, biaya mri kepala, harga mri di rs siloam, biaya mri di rumah sakit cipto, biayamri, biaya mri di siloam balikpapan, biaya cek mri 2017, rumah sakit yang menggunakan MRI dengan biaya murah, 

Artikel Terkait:

Tags: , ,

Related to: Biaya MRI Rumah Sakit di Indonesia dan Kegunaannya