Bikin Gemuk? Ternyata ini Manfaat Makan Coklat bagi kesehatan

13 February 2018 15:29
February 13, 2018

Banyak orang yang belum mengetahui tentang makanan makanan yang sehari hari dimakan memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia seperti manfaat makan coklat karena ternyata coklat memiliki manfaat begitu banyak untuk kesehatan tubuh manusia.

Seringkali coklat dikatakan sebagai makanan yang memiliki manfaat negative bagi tubuh karena rasanya yang sangat manis namun ternyata selain itu makanan coklat memiliki banyak manfaat positif bagi tubuh manusia karena kandungan kandungan zat yang banyak pada coklat.

Coklat memiliki rasa manis yang khas sehingga membuat makanan ini menjadi salah satu makanan paling favorit di seluruh dunia. Manfaat makan coklat memang sangat banyak bagi tubuh karena coklat memiliki banyak kandungan gizi seperti karbohidrat, protein, fenilalanin, asam amino tryptophan, tyrosine, lemak, dan zat alkaloid karena itulah khasiat coklat banyak sekali bagi tubuh manusia.

Manfaat Makan Coklat Bagi Tubuh

cokelat

Manfaat makan coklat bagi kesehatan memang sangat tidak diragukan lagi karena pada coklat terkandung senyawa antioksidan yang bernama flavonoid. Coklat berasal dari tanaman bernama kakao yang mengandung banyak sekali senyawa antioksidan serta jika mengkonsumsi buah coklat ini maka dapat memberikan dampak positif bagi tubuh manusia karena senyawa antioksidan ini dapat menambah system kekebalan tubuh dari berbagai macam penyakit yang akan menyerang tubuh manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat makan coklat bagi kesehatan tubuh :

  1. Meningkatkan produksi insulin

Dari beberapa penelitian di Negara itali menjabarkan bahwa coklat dapat meresistensi insulin agar dapat menekan terjangkitnya penyakit diabetes karena jika produksi insulin berjalan secara lancar maka dapat menguraikan sukrosa dalam tubuh sebab jika insulin tidak lancar maka pada tubuh manusia jumlah kadar sukrosa akan meningkat dan ketika meningkat jika sudah memasuki darah maka akan terjadi kelebihan kadar gula atau glukosa pada tubuh yang mengakibatkan penyakit diabetes.

  1. mempengaruhi peningkatan aliran darah

Pada saatu penelitian dunia menjabarkan bahwa jika mengkonsumsi coklat dapat mengurangi tekanan darah sistolik karena senyawa antioksidan pada coklat. Senyawa anti oksidan pada coklat dihasilkan dari zat flavonoid yang bertindak sebagai antioksidan bagi tubuh.

  1. Mengurangi resiko serangan jantung

Manfaat makan coklat selanjutnya adalah mengurangi resiko terjangkit penyakit jantung karena orang orang yang memakan coklat ternyata proses pembekuan trombosit dalam darah tubuh yang menjadi lebih lambat oleh orang yang makan coklat dibandingkan dengan orang orang yang tidak memakan coklat. Hal ini sangat penting karena ketika trombosit dalam tubuh mengalami pembekuan dapat terbentuk sempurna dan blok blok dalam pembuluh dalam membeku maka akan mengakibatkan serangan jantung.

  1. Menurunkan berat badan

Berbeda dengan buah buahan yang pada umumnya sebab mempunyai manfaat untuk menjaga keseimbangan untuk berat badan tubuh. Tetapi sering kali masyarakat mengira bahwa mengkonsumsi coklat dapat menambah berat badan tetapi pada penelitian yang dilakukan oleh University of Copenhagen menghasilkan bahwa coklat hitam memberikan rasa kenyang jika mengkonsumsinya sehingga menghindarkan untuk memkakan makanan lainnya yang akan menyebabkan kegemukan bagi orang orang yang mengkonsumsinya.

  1. Proteksi sinar matahari

Penelitian dari kota London menyatakan bahwa manfaat makan coklat adalah dapat menambah proteksi tubuh kita terhadap sinar matahari karena kandungan flavanol yang sangat rendah tidak mendapatkan perlindungan matahari yang sama oleh karena itulah baik untuk semua orang agar mengkonsumsi coklat ini yang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh manusia.

Artikel Terkait:

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Tags: ,

Related to: Bikin Gemuk? Ternyata ini Manfaat Makan Coklat bagi kesehatan