Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu Secara Ilmiah

June 11, 2017

Siapa yang tidak mengenal madu? Ya, semua orang mengenal madu karena cairan satu ini sering dipakai sebagai campuran makanan, minuman, produk kecantikan maupun obat-obatan. Madu menjadi salah satu bahan favorit karena disamping memiliki nilai guna tinggi, madu juga memiliki banyak manfaat yang sudah terbukti secara klinis.

Oleh karenanya, kini dipasaran muncul beragam madu palsu atau madu campuran yang dijual berdampingan dengan madu asli. Sebagai konsumen yang cerdas, tentunya kita tidak ingin tertipu dengan membeli madu palsu. Lalu bagaimana cara membedakannya? Cara membedakan madu asli dan palsu akan kita bahas dibawah ini.

Cara mengetahui madu asli dapat dilakukan dengan metode ilmiah. Metode ilmiah yang digunakan ini sangat mudah dilakukan dan tidak membutuhkan banyak peralatan.

Berikut 7 cara mengetahui madu asli

  1. Tes dengan air

    madu asli atau palsu

    Ilustrasi Percobaan madu dengan air

Menguji keaslian madu dengan air sangat mudah. Siapkan satu gelas air dan satu sendok makan madu. Tuangkan madu tersebut dalam gelas berisi air lalu aduklah selama beberapa saat. Biasanya, madu asli tidak akan mudah bercampur dengan air sehingga madu akan tenggelam di dasar gelas. Sedangkan madu palsu akan lebih mudah larut dalam air.

  1. Tes dengan kertas

    membedakan madu asli dan palsu

    Ilustrasi membedakan madu asli dan palsu Dengan Kertas

Madu asli tidak memiliki kandungan air (H2O). Sehingga, madu asli apabila diteteskan disembark kertas tidak akan meresap atau membuat kertas berlubang. Sedangkan madu palsu, akan membuat kertas berlubang atau meresap pada kertas

  1. Tes dengan api

    membedakan madu asli dan palsu

    Ilustrasi membedakan madu asli dan palsu dengan API

Nyalakan batang korek Anda dan masukkan kedalam cairan madu. Apabila batang korek api tetap menyala selama beberapa saat setelah tenggelam dalam cairan madu, berarti madu yang dipergunakan adalah madu asli. Tapi jika madu yang Anda miliki palsu, batang korek api yang menyala seketika akan mati.

  1. Tes kelengketan

Tes kelengketan madu adalah salah satu metode alami yang paling mudah dilakukan. Caranya sangat mudah. Cukup dengan menggunakan jari, Anda dapat mengukur kepekatan dan kelengketan suatu madu. Apabila madu sangat lengket dan pekat, berarti madu itu adalah asli. Namun apabila madu yang dipergunakan palsu, biasanya akan  mudah lepas dari jari Anda karena terlalu cair.

  1. Tes dengan semut.

    membedakan madu asli dan palsu

    Ilustrasi membedakan madu asli dan palsu degan semut

Cara melakukan pengujian madu dengan cara ini sangat mudah. Letakkan madu ke dalam piring dan diamkan diatas lantai selama beberapa saat. Pada madu asli, semut tidak akan masuk ke bagian tengah  madu. Hal ini disebabkan madu asli mengandung enzim murni dengan aroma kuat yang tidak disenangi oleh semut.

Pada madu palsu, semut akan masuk ke dalam madu dan kemudian mati. Hal ini terjadi karena madu mengandung pemanis dan racun yang terbentuk dari campuran madu dan gula.

  1. Tes menggunakan pasir

Cara mengetahuinya adalah dengan memberikan pasir pada madu asli dan madu palsu. Pada madu asli, biasanya pasir akan menggumpal atau tidak berserakan. Sedangkan pada madu palsu, pasir akan berserakan.

  1. Tes kejernihan

Madu asli memiliki warna yang lebih pekat dan mengandung sedikit kotoran seperti sisa bekas rumah lebah yang hancur dalam proses penyaringan atau sisa serbuk sari. Sedangkan madu palsu memiliki warna yang jernih dan bebas dari kotoran.

Memastikan madu yang Anda konsumsi adalah madu asli adalah langkah bijak yang dapat Anda lakukan. Karena, mengkonsumsi madu palsu ternyata juga berbahaya bagi tubuh seperti dapat meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes, ginjal dan kanker serta obesitas. Oleh sebab  itu, gunakanlah madu asli.

Tag : cara membedakan madu palsu, cara membuktikan madu asli, cara metode ilmiah perbedaan madu asli dan palsu, cara tes madu asli, ciri-ciri madu asli secara ilmiah, contoh teks percobaan ilmiah tentang cara membedakan madu yang asli dan madu yang palsu, mengetest madu asli dan penjelasan ilmiahnya, metode ilmiah tentang madu palsu, teks ilmiah cara membedakan madu asli dan palsu, 

Artikel Terkait:

Tags: ,

Related to: Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu Secara Ilmiah