Cara Mencegah Demam Berdarah Dengue

January 5, 2017

Cara yang baik untuk Mencegah Demam Berdarah ialah dengan menghindari diri dari serangan gigitan nyamuk, karena dengan perantara nyamuklah virus demam berdarah menghantarkan ke tubuh kita hingga saat ini belum di temukan vaksin yang dapat mencegah demam or berdarah.

11 Cara Mencegah Demam Berdarah

mencegah demam berdarah

  1. Memperhatikan kondisi sekitar lingkungan serta kebersihan rumah agar menjadi tempat bersarangnya nyamuk aedes aegypti yang suatu saat dapat menggigit dan menginfeksi virus dangue.
  2. Menuruti anjuran untuk menerapkan gerakan 3M, yaitu Menutup rapat-rapat bak mandi supaya tidak menjadi tempat penampungan hasil tetas nyamuk, Menguras bak mandi 1 minggu sekali agar kebersihan bak mandi dapat terjamin, dan Menimbun barang-barang yang sudah tidak terpakai seperti kaleng atau wadah kosong lainnya yang memungkinkan menjadi tempat tergenangnya air agar nyamuk tidak dapat bertelur atah berkembangbiak di dalamnya.
  3. Nyamuk sangat terkenal dengan aktifitas “menggigit” di siang hari, oleh karena itu Anda harus mengoleskan repelent atau lotion anti nyamuk, terutama pada anak-anak harus lebih diperhatikan lagi jika Anda tinggal di lingkungan yang memiliki riwayat banyaknya penderita demam berdarah.
  4. Saat menjelang tidur di malam hari, mencegah demam berdarah oleskan juga lotion anti nyamuk bermerek atau obat nyamuk bakar, karena bisa saja nyamuk ini menginfeksi Anda dan keluarga pada malam hari.
  5. Mengecek jendela dan pintu, jangan biarkan ada lubang kecil yang menyebabkan rumab Anda menjadi tempat bersarangnya nyamyk.
  6. Pastikan ventilasi udara rumah Anda dipasang penyaring untuk menjaga agar nyamuk atau serangga yang lain tidak masuk ke dalam rumah.
  7. Jika Anda memiliki anak yang masih di bawah umur, untuk mencegah demam berdarah dapat menggunakan kelambu sebagai anti nyamuk di tempat tidurya agar nyamuk tidak menggigitnya.
  8. Jika ada tempat sampah yang sudah tidak terpakai ditutup, kalau perlu dibuang saja.
  9. Jika ada tempat atau wadah kosong yang masih digunakan tetapi sedang tidak dipakai, sebaiknya dibalikkan saja agar tidak menjadi tempat genangan air.
  10. Jika perlu, Anda dapat menanam tanaman tulasi dekat jendela rumah, karena tanaman ini dapat menjauhkan nyamuk serta mencegah perkembangbiakan nyamuk.
  11. Jika di dalam rumah Anda terlihat ada banyak nyamuk yang berterbangan, maka gunakan cara yang ampuh untuk mengusirnya, yaitu dengan cara membakar kapur barus di dalam ruangan yang Anda yakini bahwa ruangan tersebut merupakan sumber bersarangnya nyamuk, lulu jendela dan pintu ditutup (Anda berada di luar rumah) selama 15 menit. Dan setelah itu menyemprotnya dengan menggunakan pengharum ruangan, maka rumah Anda pun akan terbebas dari nyamuk.

Penyakit demam berdarah merupakan jenis penyakit yang dapat mengancam banyak nyawa sesuai dengan seberapa parahnnya atau tingkat keparahannya. Maka dari itu, selalu jaga kebersihan rumah dan lingkungan agar terbebas dari nyamuk aedes aegypti, karena kita sudah mengetahuinya, penyebab Demam berdarah karena gigitan nyamuk tersebut yang menularkan virus.

Tag : 19 cara mengatasi demam berdarah, gerakan anti demam berdarah, cara mencegsh demam berdarah, cara mencegah demam berdarah, cara mencegah DBD, bagaimana cara mncegah demam berdarah, Bagaimana cara mencegah mewabahnya DBD BPD cover, Bagaimana cara mencegah demam berdarah?, bagaimama cara mencegah DBD, anjuran penggunaan kelambu untuk mencegah dbd, 

Artikel Terkait:

Tags: , , ,

Related to: Cara Mencegah Demam Berdarah Dengue